Bahasa Tubuh Saat Interview Kerja

10 Bahasa Tubuh Saat Interview Kerja yang Wajib Diperhatikan

Selain mempersiapkan jawaban yang memuaskan hati HRD, saat interview kerja Anda juga perlu memperlihatkan bahasa tubuh yang baik dan mengesankan.

Sebab, bahasa tubuh termasuk dalam kategori pesan non-verbal yang menunjukkan berbagai hal tentang diri Anda.

Namun sayangnya bahasa tubuh ini sering tidak disadari oleh para kandidat saat sedang menjalani interview kerja.

Nah, bagi Anda yang akan segera menghadiri interview kerja, beberapa bahasa tubuh saat interview ini wajib Anda pahami sebelum berhadapan dengan rekruter nanti.

Yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

10 Bahasa Tubuh Saat Interview Kerja

Tahukah Anda, bahasa tubuh yang diperlihatkan saat interview dapat menunjukan beberapa hal tentang Anda seperti tujuan, kepribadian, emosi, dan bahkan pola pikir Anda.

Adapun elemen yang termasuk dalam bahasa tubuh antara lain pandangan mata, ekspresi wajah, pola dan intonasi suara, postur tubuh, dan berbagai macam gerakan anggota tubuh.

Maka, ini perlu Anda pelajari dan latih hingga Anda dapat terlihat antusias dan sungguh-sungguh untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut.

Berikut beberapa bahasa tubuh saat interview yang penting untuk Anda ketahui, di antaranya.

1. Jabatan Tangan

Menjabat tangan rekruter merupakan bahasa tubuh yang sangat penting saat interview kerja, lho.

Meski terkadang hal ini dianggap sepele, sebetulnya dari ketegasan genggaman tangan Anda, interviewer dapat langsung tahu seberapa antusias Anda untuk lolos dalam tes wawancara kerja tersebut.

Perlu dicatat, ini bukan berarti Anda harus menjabat tangan rekruter dengan sekuat dan sekencang mungkin, ya. Kerena nantinya Anda bisa dinilai agresif.

Namun jangan juga menjabat tangan terlalu lemah, nanti Anda akan dinilai kurang percaya diri atau tidak sungguh-sungguh menginginkan posisi tersebut.

Berdasarkan Indeed, idealnya Anda disarankan untuk menjabat tangan interviewer selama satu hingga dua detik saja dengan genggaman tangan yang cukup erat saat bersalaman.

2. Menjaga Kontak Mata

Sebagaimana dengan menjabat tangan, menjaga kontak mata pun menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan.

Saat terjadi kontak mata, jangan sampai Anda menghindari tatapan interviewer. Namun, jangan pula terus-terusan menatapnya dengan intens.

Tetap jagalah kontak mata dengan cara biasa, tapi dengan rasa penuh percaya diri bahwa Anda akan berhasil dalam tes wawancara kerja tersebut.

Selama interview berlangsung, Anda bisa juga lho sesekali menatap ke arah lain untuk menghindari suasana yang canggung.

3. Merespon dengan Anggunkan

Melakukan gerakan-gerakan kecil yang tidak berlebihan cukup baik untuk dilakukan saat interview, misalnya seperti mengagguk saat menyimak interviewer.

Mengutip dari laman Mashable, mengangguk saat interview kerja dapat menunjukkan bahwa Anda sedang mendengarkan dengan baik.

Namun, jangan sampai mengangguk terlalu sering, ya! Sebab pastinya interviewer akan menyadarinya dan ini bisa berpengaruh pada hasil wawancara Anda nanti.



4. Lakukan Gerakan Tangan

Menggunakan gerakan tangan saat interview kerja dapat membuat Anda terlihat lebih ekspresif dan rileks, sehingga membantu Anda untuk berbicara dengan lebih baik.

Tapi ingat, jangan menggunakan gerakan tangan yang berlebihan atau bahkan berulang secara terus menerus. Karena ini dapat membuat interviewer terganggu.

Ingat juga jangan sampai Anda menyilang lengan di depan dada. Ini akan memperlihatkan Anda sebagai sosok yang defensif dan arogan.

Baca juga: 10 Tanda Gagal Interview Kerja yang Wajib Diketahui Pelamar

5. Duduk yang Tegak

Sesederhana postur dan cara Anda duduk bisa menjadi salah satu bahasa tubuh yang sangat diperhatikan oleh interviewer, lho.

Dilansir dari The Balance Careers, sangat tidak disarankan untuk duduk dengan terlalu rileks atau membungkuk.

Jadi, punggung Anda harus lurus dan sedikit condong ke depan. Posisi ini menunjukkan kalau Anda siap dan tertarik dengan proses interview yang berlangsung.

Dan sebaiknya jangan pula letakkan barang apa pun di pangkuan Anda, ya. Ini akan membuat Anda terlihat defensif.

6. Posisi Kaki Lurus

Posisi kaki yang baik saat interview kerja ialah lulus dengan keduanya dirapatkan, dan sebisa mungkin jangan disilang.

Menyilangkan kaki ini memberikan kesan yang tidak sopan. Lama kelamaan pun posisi menyilangkan kaki bisa membuat Anda tidak nyaman.

7. Jangan Telihat Cemas

Menghadiri interview kerja memang selalu menjadi hal yang menegangkan, apalagi kalau baru pertama kali.

Bahkan tak jarang hal ini membuat rasa cemas seseorang semakin kuat dan intens. Hingga emosi negatif tersebut membuat Anda sulit duduk tenang.

Kalau sudah begitu, biasanya secara refleks otak akan mencoba menenangkan diri dengan banyak melakukan gerakan pada tangan ataupun kaki.

Nah, hal tersebut cenderung dinilai negatif dimata rekruter. Maka, selama wawancara berlangsung, usahakanlah untuk membuat diri Anda tenang dnegan cara yang tidak terlalu kelihatan.

Misalnya, Anda bisa coba untuk mengatur napas secara perlahan dan teratur, sehingga Anda menjadi lebih rileks dan kembali tenang.

8. Tersenyum

Menurut laman One Education, bahasa tubuh sederhana yang wajib dilakukan saat menghadiri interview adalah tersenyum.

Dengan senyuman, Anda menggambarkan kesan yang ramah dan dapat dipercaya.

Tak hanya itu, tersenyum juga memberikan reaksi yang bagus pada otak, sehingga menolong Anda untuk menjadi rileks dan percaya diri.



9. Menyapa Interviewer

Ketika interview kerja, Anda tidak hanya berhadapan dengan satu interviewer saja. lho. Tetapi bisa dengan 2 hingga 3 orang sekaligus.

Maka, ketika dihadapkan oleh mereka, bahasa tubuh atau body language saat interview yang baik dilakukan ialah menyapa semua interviewer.

Ini juga perlu dilakukan saat hendak menjawab ataupun mengajukan pertanyaan kepada mereka, pastikan Anda mengikutsertakan semuanya.

Caranya Anda bisa tetap melakukan kontak mata dengan semua interviewer agar tidak ada yang terabaikan dari pandangan Anda.

Baca juga: Contoh Ucapan Terima kasih Setelah Interview Plus Tipsnya!

10. Kesan Penutup yang Kuat

Jangan lupa mengucapkan salam dan terima kasih saat meninggalkan ruangan, karena ini bisa menjadi bahasa tubuh yang baik dalam menutup proses interview Anda.

Sebagai langkahnya, Anda bisa tunjukkan senyum kepada interviewer, lalu ulurkan jabatan tangan sekali lagi, dan mengucapkan terima kasih.

Ini akan memberikan kesan penutupan yang kuat serta menunjukkan profesionalitas dalam diri Anda.

Demikianlah beberapa bahasa tubuh saat interview yang wajib Anda perhatikan. Mungkin hal di atas terbilang minor, namun sekecil apa pun gerakan yang Anda tunjukkan, bisa berpotensi menarik perhatian rekruter, lho.

Jadi, jangan lupa untuk berlatih agar Anda bisa membawa diri dengan sebaik mungkin saat berhadapan dengan rekruter ketika interview nanti.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.