yang harus dibawa saat interview kerja

10 Barang yang Harus Dibawa Saat Interview Kerja

Saat interview secara langsung atau tatap muka, Anda biasanya akan diminta untuk membawa beberapa dokumen tambahan untuk proses rekrutmen. Setiap perusahaan juga akan meminta jenis dokumen yang berbeda. 

Lalu, apa saja barang yang harus dibawa saat interview kerja? Berikut penjelasannya. 

Baca juga: 10 Tips Interview Kerja Lewat Telepon Agar Berjalan Lancar 

Barang yang Harus Dibawa Saat Interview kerja

1. Fotokopi resume atau CV

      Walaupun ketika melamar secara online atau langsung, Anda sudah melampirkan CV atau resume, akan tetapi bisa saja ketika interview langsung rekruter akan memintanya lagi. 

      Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga Anda bisa membawa CV atau resume ketika datang interview. Resume yang diminta bisa saja diteruskan pada atasan yang akan mewawancarai Anda nantinya. 

      2. Surat rekomendasi 

        Jika memang ada, Anda juga bisa membawa surat rekomendasi. Biasanya surat rekomendasi ini diberikan oleh perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. 

        Anda cukup memberikan fotokopi dari surat rekomendasi tersebut pada rekruter. 

        3. Semua dokumen yang penting

          Selain CV dan surat rekomendasi, ada juga beberapa dokumen penting yang harus dibawa saat interview kerja, contohnya ijazah. 

          Ada beberapa perusahaan yang mewajibkan kandidat untuk melampirkan ijazah hingga sertifikasi penunjang lainnya. 

          Walaupun Anda sudah melampirkannya saat melamar kerja, namun tidak ada salahnya jika membawa fotokopinya kembali saat interview nanti. 



          4. Portolio

            Pada saat interview, dokumen selanjutnya yang bisa dibawa saat interview kerja adalah portofolio. Terutama jika posisi Anda termasuk yang mengerjakan beberapa project, contohnya desain grafis, UX writer, content writer dan lainnya. 

            Bentuk portofolio seperti apa yang dibutuhkan biasanya kan bergantung pada jenis pekerjaannya. Anda bisa membawa portofolio dalam bentuk fisik atau file dari gadget. 

            5. Gadget

              Dilansir dari The Balance Careers, Anda diperkenankan untuk memperlihatkan hasil kerja dari gadget atau laptop pada rekruter jika memang dibutuhkan. 

              Namun yang perlu diperhatikan adalah pastikan jika gadget sudah dalam keadaan getar atau diam, sehingga tidak mengganggu proses interview. 

              6. Buku catatan

                Buku catatan bisa menjadi barang yang bisa Anda bawa ketika akan pergi wawancara kerja. Akan tetapi, pastikan jika jenis buku catatan yang dibawa adalah yang masih kosong atau bukan buku catatan penting. 

                Jika Anda tidak memilikinya, maka bisa menggunakan secarik kertas kosong. Buku catatan atau kertas kosong tersebut bisa Anda gunakan untuk mencatat informasi penting sehingga bisa diingat dengan baik. 

                7. Alat tulis

                  Jika Anda membawa buku catatan kecil atau kertas, tentunya membutuhkan alat tulis untuk menulis catatan informasi penting yang diberikan. 

                  Anda bisa membawa pensil atau pulpen sesuai kebutuhan Anda. 

                  8. Tas

                    Dikarenakan Anda membawa beberapa barang maka untuk mempermudah membawanya gunakan tas agar tidak berantakan. Gunakan juga jenis tas yang cocok untuk membawa dokumen Anda agar tidak terlipat. 



                    9. KTP atau tanda pengenal

                      Jika lokasi interview kerja Anda ada di dalam gedung, biasanya resepsionis akan meminta Anda untuk menyerahkan KTP sebagai akses masuk. 

                      Biasanya hal ini juga dilakukan untuk memastikan bahwa Anda adalah kandidat yang pada hari itu akan melakukan interview kerja di perusahaan tersebut. 

                      10. Barang untuk keadaan darurat

                        Selain beberapa dokumen, gadget, alat tulis dan buku catatan, ada barang penting lain yang harus dibawa saat interview kerja. Melansir dari The Muse, barang seperti plester, deodoran, permen, payung dan lainnya bisa Anda bawa ketika interview kerja secara langsung. 

                        Beberapa benda tersebut dibutuhkan jika ada keadaan darurat, misalnya pada hari tersebut tiba-tiba hujan, jadi Anda sudah membawa payung agar tidak mengacaukan baju yang Anda kenakan. 

                        Selain itu, beberapa benda tersebut juga Anda butuhkan ketika dalam keadaan darurat. 

                        Itulah beberapa benda yang harus dibawa saat interview kerja secara tatap muka atau offline. Beberapa barang diatas memang ada yang sudah Anda berikan ketika melamar kerja, akan tetapi tidak ada salahnya jika tetap membawanya untuk berjaga-jaga.


                        Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

                        Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

                        Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.