urutan pangkat golongan PNS

Inilah Urutan Pangkat Golongan PNS Terbaru

Sebelum mendaftar, maka Anda wajib tahu terkait urutan pangkat golongan PNS. Ya, sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), tentu ada beberapa golongan atau eselon yang telah diatur oleh pemerintah. Setiap golongan memiliki tugas, fungsi, dan gaji yang berbeda-beda.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk menjadi seorang PNS ini memang tidak mudah. Ada klasifikasi tertentu bagi seseorang untuk menjadi anggota PNS. Dan masing-masing anggota PNS ini tergantung pada tingkat pendidikan, prestasi, serta kompetensi dari calon anggota PNS.

Jadi, sangat penting bagi calon anggota PNS ini mengetahui struktul urutan pangkat golongan PNS. Sehingga, mereka dapat mengetahui betul apa tugas pokok dan fungsi dari golongan PNS yang menjadi bagiannya.

Sebelum membahas tentang urutan pangkat serta golongan PNS, maka ketahui dahulu apa saja peran dan fungsi dari anggota PNS. Sebab, tugas pokok dari anggota PNS ini telah diatur oleh Negara.

Peran dan Fungsi dari Anggota PNS Sesuai dengan Golongannya

Sebelum membahas terkait urutan pangkat golongan PNS terbaru, maka Anda perlu memahami apa saja peran serta fungsi dari anggota PNS. Perlu Anda ingat bahwa tugas dari seorang pegawai PNS ini telah diatur oleh Negara.

Sebelum mendaftar sebagai anggota PNS, maka ketahui apa saja tugas pokok serta fungsinya sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia. Salah satunya tugas dari seorang anggota PNS adalah melaksanakan kebijakan dari aturan dari Pemerintah.

Tugas yang kedua, melaksanakan tugas kedinasan. Ya, tugas dan fungsinya ini tergantung pada urutan pangkat golongan PNS yang telah terdaftar. Artinya, masing-masing PNS memiliki tugas kedinasan sesuai golongan serta kemampuan yang dimiliki.

Tugas yang ketiga, seorang anggota PNS harus dan wajib menjaga integritas tugas yang telah diemban. Artinya, tugas yang diberikan oleh Negara harus diselesaikan sesuai tepat waktu. Dan seorang PNS juga wajib mematuhi sumpah jabatan sesuai uturan pangkatnya.

Tugas yang keempat, seorang PNS juga harus bersedia ditempatkan di seluruh pelosok Indonesia. Artinya, PNS harus siap apabila ditempatkan diluar kota. Sehingga, tugas PNS juga harus mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Baca juga: Contoh surat pengangkatan karyawan

Daftar Urutan Pangkat Golongan PNS Terbaru

Dan jika Anda telah mengetahui tugas dan fungsi utama dari anggota PNS, maka ketahui urutan pangkat serta golongannya. Sebab, setiap tugas dari anggota PNS ini tentu dibedakan sesuai dengan urutan pangkat dan golongannya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi calon anggota untuk mengetahui urutan pangkat dan golongan PNS terbaru sesuai arahan serta aturan dari pemerintah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Golongan I (Juru)
  • Golongan Ia: Juru Muda
  • Golongan Ib: Juru Muda Tingkat I
  • Golongan Ic: Juru
  • Golongan Id: Juru Tingkat I
  1. Golongan II (Pengatur)
  • Golongan IIa: Pengatur Muda
  • Golongan IIb: Pengatur Muda Tingkat I
  • Golongan IIc: Pengatur
  • Golongan Iid: Pengatur Tingkat I
  1. Golongan III (Penata)
  • Golongan IIIa: Penata Muda
  • Golongan IIIb: Penata Muda Tingkat I
  • Golongan IIIc: Penata
  • Golongan IIId: Penata Tingkat I
  1. Golongan IV (Pembina)
  • Golongan IVa: Pembina
  • Golongan IVb: Pembina Tingkat I
  • Golongan IVc: Pembina Muda
  • Golongan IVd: Pembina Madya
  • Golongan IVe: Pembina Utama

Syarat untuk Menjadi Anggota PNS Terbaru 

Setelah mengetahui urutan pangkat golongan PNS, maka pelajari juga apa saja syarat untuk menjadi anggota PNS. Syarat pertama, persiapkan syarat-syarat administratif, seperti ijazah , foto KTP, KK, daftar riwayat hidup, hingga salinan akta kelahiran.

Langkah yang kedua, silahkan buka situs pendaftaran CPNS yang telah disediakan. Dan kemudian, segera registrasi akun untuk mendaftarkan diri untuk mengikuti tes CPNS terbaru sesuai dengan urutan pangkat golongan PNS.

Langkah yang ketiga, pilih jenis seleksi yang akan Anda ikuti. Setelah itu, unggah dokumen penunjang untuk mengikuti seleksi CPNS. Setelah proses registrasi selesai, silahkan mencetak kartu untuk dapat mengikuti tes CPNS secara langsung.

Langkah yang keempat, segera ikuti tes CPNS sesuai dengan arahan yang ada pada website. Ikuti tes sesuai dengan keyakinan pribadi. Jika dinyatakan lolos, maka Anda akan menjadi anggota PNS sesuai dengan golongan yang dipilih.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap PNS memiliki tugas sesuai dengan pangkat dan golongannya. Maka dari itu, ketahui urutan pangkat golongan PNS sesuai dengan tugas pokok yang diemban.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.