Tips sukses mengerjakan psikotes

Tips Sukses Mengerjakan Psikotes Supaya Lolos Tes

Tips sukses mengerjakan psikotes nampak seperti sesuatu yang penting. Itu karena, ada banyak orang di luar sana yang mencoba mengerjakan psikotes namun hasilnya tidak sesuai dengan keinginan.

Perlu diketahui, psikotes sendiri adalah sesuatu yang butuh persiapan. Beberapa orang memang dianugerahi kemampuan untuk bisa mengerjakannya tanpa persiapan. Tetapi jika merasa tidak mendapatkan anugerah tersebut, pastikan untuk bekerja lebih.

Walaupun sulit untuk mempersiapkan diri secara keseluruhan, minimal Anda harus memahami tipsnya. Lagipula tips dalam menjalankan psikotes bukan sesuatu yang sulit. Selama Anda maksimal mempelajarinya, mengerjakan psikotes pati terasa lebih mudah.

Baca juga: 5 Cara Mengerjakan Psikotes Gambar Orang Dan Bagaimana Penilaiannya?

Tips Sukses Mengerjakan Psikotes yang Sudah Terbukti

Jika belum mengetahui tips dalam mengerjakan psikotes, Anda sudah ada di tempat yang tepat. Kali ini akan dijelakan beberapa poin paling penting dalam mengerjakannya. Berikut beberapa poin tersebut.

  1. Cek Soal

Tips sukses mengerjakan psikotes pertama berkaitan dengan pengecekan soal. Ada beberapa orang yang mendapatkan soal psikotes lalu langsung mulai mengerjakan mulai dari nomor pertama. Sebenarnya itu merupakan kesalahan.

Ketika lembar soal sudah didapat, coba cek lembar soal tersebut secara keseluruhan. Dengan mengecek lembar soalnya, Anda akan mengetahui berapa banyak soal yang ada pada lembar tersebut.

Ini bisa digunakan untuk mengukur waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan setiap soal. Pengecekan ini juga penting untuk mengetahui tipe soal yang ada pada lembar tes tersebut. Tingkat kesulitan soal PG dan essai biasanya berbeda.

Dari sini Anda bisa melihat mana soal yang bisa dipercepat pengerjaannya dan mana soal yang memang membutuhkan waktu lebih lama.

  1. Pahami Aturan

Tips sukses mengerjakan psikotes berikutnya berkaitan dengan aturan. Perlu diingat kalau setiap psikotes memiliki aturannya masing-masing. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami aturan tersebut dengan baik. 

Salah satu aspek di mana banyak orang sering melakukan kesalahan berkaitan dengan cara menjawab soal. Ada beberapa soal di mana Anda harus menjawab dengan membulati jawaban yang dirasa benar.

Tetapi ada juga soal lain di mana Anda perlu menjawab dengan memberi tanda X. Hal semacam ini hanya akan diketahui jika peraturan yang ada pada lembar soal dipahami dengan baik.

Jangan lupa juga untuk mendengarkan dengan baik intruksi yang diberikan oleh pihak pengetes. Pahami setiap instruksi dan jangan ragu untuk bertanya jika ada yang kurang dipahami.

  1. Urutan

Tips sukses mengerjakan psikotes berikutnya berkaitan dengan susunan pengerjaan. Pastikan Anda mengerjakan soal secara berurutan mulai dari nomor pertama. Jangan melakukan kesalahan dengan mulai mengerjakan secara acak.

Ketika mengerjakan secara acak, kemungkinan ada soal yang terlewat akan semakin besar. Lagipula mengerjakan secara acak sebenarnya lebih sulit. Itu karena, Anda tidak bisa mengukur berapa banyak lagi soal yang harus dikerjakan.

Dengan membaca dari awal, Anda pasti lebih mudah untuk mengingat soal mana saja yang sebelumnya belum dibaca.

  1. Baca Soal

Tips sukses mengerjakan psikotes berikutnya adalah dengan membaca soal secara teliti. Ada beberapa orang yang melihat suatu soal dan sudah merasa kesulitan walaupun kondisinya belum dibaca.

Hal tersebut jelas menjadi kesalahan karena bisa saja soal tersebut sebenarnya mudah jika sudah dibaca dengan baik. Ini juga meminimalisir kemungkinan Anda salah memahami instruksi dari suatu soal.

Jika salah memahami instruksi, jawaban yang diberikan pasti kurang tepat. Hal tersebut tentu menjadi kerugian karena Anda harusnya mendapat poin tambahan jika bisa mengerjakan soal tersebut dengan baik. 

  1. Lewati yang Sulit

Tips sukses mengerjakan psikotes terakhir berkaitan dengan soal yang sulit. Soal yang sulit memang tidak bisa dihindari ketika mengerjakan psikotes. Jika menghadapi soal semacam ini, langsung saja lewati dan maju ke soal selanjutnya.

Beberapa orang memang sering melakukan kesalahan dengan terlalu fokus pada satu soal. Hal ini tentu menjadi kesalahan karena terlalu fokus pada satu soal bisa menyebabkan waktu habis.

Baca juga: Contoh Soal Assessment Karyawan, Tes Psikotes Sebelum Bekerja

Padahal jika waktu tersebut digunakan untuk mengerjakan soal lain, poin tambahan pasti akan didapat. Nantinya soal sulit bisa dikerjakan ketika Anda memiliki waktu sisa setelah soal yang mudah sudah diselesaikan seluruhnya.

Inti dari mengerjakan psikotes adalah teliti. Jangan sampai terburu-buru karena hal tersebut biasanya menjadi awal dari kegagalan. Jangan lupa juga untuk memahami tips sukses mengerjakan psikotes di atas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!