Ratusan HRD sering online dan aktif mencari pegawai!

pertanyaan tentang penilaian kinerja

Pertanyaan Tentang Penilaian Kinerja yang Dapat Ditanyakan Manajer

Pertanyaan tentang penilaian kinerja adalah salah satu faktor terpenting dalam mencapai tujuan organisasi. Jadi Perusahaan menggunakan penilaian kinerja karyawan untuk tujuan manajemen, remunerasi, dan pengembangan karyawan selain untuk mengukur kinerja masing-masing karyawan.

Karyawan yang telah bekerja untuk perusahaan selama jangka waktu tertentu akan menerima evaluasi kinerja. Biasanya, SDM atau manajer yang bertindak sebagai atasan langsung karyawan melakukan penilaian ini.

Pertanyaan penilaian kinerja biasanya digunakan untuk mengevaluasi kinerja karyawan. Ada banyak kemungkinan pertanyaan. Semua pertanyaan ini dibuat dalam upaya untuk mempelajari lebih lanjut tentang tindakan, emosi, dan kesuksesan karyawan saat mereka dipekerjakan oleh bisnis tersebut.

Contoh Pertanyaan Tentang Penilaian Kinerja yang Mungkin Ditanyakan Supervisor Selama Evaluasi Kinerja

Anda harus terbiasa dengan contoh pertanyaan seputar penilaian kinerja karyawan sehingga Anda tidak bingung dengan apa yang harus ditanyakan. Pertanyaan-pertanyaan yang menyusun tinjauan kinerja karyawan dimodelkan setelah pertanyaan-pertanyaan berikut, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

1. Apa yang Telah Dicapai Karyawan Baru-Baru Ini?

Pencapaian terbesar yang dibuat seorang pekerja saat dipekerjakan oleh perusahaan adalah subjek dari pertanyaan pertama. Misalnya, dalam waktu tiga bulan atau satu tahun.

Pertanyaan tentang penilaian kinerja ini digunakan untuk mengukur seberapa keras dan seberapa mendesak karyawan bekerja.

2. Apa Kesulitan Terbesar yang Dihadapi Karyawan?

Manajer dapat menindaklanjuti dengan menanyakan pencapaian terbesar karyawan dengan pertanyaan tentang hambatan profesional terbesar mereka.

Tujuan dari pertanyaan tentang penilaian kinerja ini adalah untuk mempelajari bagaimana orang menghadapi tantangan di tempat kerja.

3. Apa Tujuan Anda untuk Masa Depan?

Pertanyaan evaluasi kinerja berikut adalah tentang tujuan masa depan karyawan. Setelah evaluasi kinerja selesai, pertanyaan ini diajukan untuk memastikan tujuan, target, atau sasaran karyawan di dalam organisasi.

4. Apa yang Ingin Ditingkatkan Oleh Karyawan?

Karyawan secara alami sering merasa tidak puas dengan pekerjaan mereka saat mereka sedang bekerja. Karyawan termotivasi untuk meningkatkan pekerjaan mereka sebagai hasilnya.

Untuk mengukur keterusterangan dan kapasitas karyawan untuk mengkritik diri sendiri, manajer dapat menanyakan tentang apa yang akan mereka ubah tentang posisi sebelumnya.

5. Apakah Ada Tujuan untuk Karyawan yang Tidak Terpenuhi?

Sasaran karyawan apa yang tidak terpenuhi adalah pertanyaan tentang penilaian kinerja yang terakhir. Manajer dapat menentukan apakah karyawan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkannya atau tidak dengan mengajukan pertanyaan ini. 

Pertanyaan ini juga ditanyakan untuk mengukur seberapa terbuka karyawan mau mendiskusikan kekurangan mereka, dengan begitu tingkat keberhasilan dalam sebuah perusahaan dapat meningkat.

Baca juga: Apa Tujuan Karir Anda? 7 Jawaban Yang Bisa Anda Berikan Saat Interview

Manfaat Tentang Penilaian Kinerja untuk Evaluasi Kinerja Karyawan

Beberapa keunggulan mengenai penilaian karyawan yang sangat membantu bisnis tercakup dalam salah satu pertanyaan wawancara untuk penilaian kinerja karyawan, dan itu adalah sebagai berikut:

1. Manajemen Waktu yang Lebih Baik

Produktivitas karyawan akan semakin meningkat berkat manajemen waktu yang efisien dari pertanyaan tentang penilaian kinerja. Kinerja jam kerja setiap karyawan dapat dilihat secara real time.

Hal ini memudahkan departemen SDM untuk memantau kepatuhan setiap karyawan terhadap jadwal yang telah ditetapkan. Departemen SDM kemudian akan dapat mengevaluasi apakah waktu yang diberikan untuk menyelesaikan penugasan efektif.

2. Mengenali Kinerja Pekerja

Program tentang penilaian kinerja akan menampilkan data kinerja karyawan, sehingga divisi HRD dapat menentukan karyawan mana yang aktif bekerja dan mana yang tidak. Padahal, HRD akan mengetahui seberapa baik karyawan tersebut dapat memenuhi pekerjaannya, baik tepat waktu maupun tidak.

Baca juga: Indikator Penilaian Kinerja untuk Capai Visi dan Misi Perusahaan

Tujuan dari Pertanyaan Tentang Penilaian Kinerja

Beberapa bisnis melakukan percakapan tahunan tentang karir secara teratur. Tinjauan kinerja dapat dilakukan lebih sering dari sekali setahun di beberapa organisasi, dengan titik kontak di antaranya. Bisnis lain, bagaimanapun mungkin masih menggunakan siklus tinjauan kinerja tahunan konvensional.

Adapun metode yang digunakan bisnis Anda untuk ulasan kinerja, ada satu hal yang dibutuhkan semua bisnis. Performa luar biasa pertanyaan tentang penilaian kinerja.

Apa yang harus dilakukan manajer perekrutan terlebih dahulu? Pertanyaan apa yang Anda buat tentang bawahan langsung atau kontributor individu Anda?

Mari kita pertimbangkan tujuan evaluasi kinerja terlebih dahulu. Terkadang bisa menyerupai rapor orang dewasa. Namun ketika saya benar-benar mempertimbangkannya, evaluasi kinerja dirancang untuk membantu memanfaatkan area peluang dan potensi.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan yang Menurun, Ini Tipsnya 

Ini dimaksudkan untuk mendukung perkembangan dan keberhasilan anggota staf Anda dalam pekerjaan mereka. Jadi tidak heran jika setiap perusahaan pasti akan melakukan pertanyaan tentang penilaian kinerja, hal ini dimaksudkan untuk mendorong untuk semakin berkembang. 

Bagikan Artikel:

About The Author