10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

kapan waktu yang tepat meminta kenaikan gaji

Kapan Waktu yang Tepat Meminta Kenaikan Gaji? Ini Jawabannya

Wajar jika karyawan menanyakan tentang kapan waktu yang tepat meminta kenaikan gaji kepada atasan. Hal ini muncul ketika seseorang merasa upahnya lebih rendah daripada beban pekerjaan yang diterima. 

Pertimbangan lain juga melatarbelakangi tujuan tersebut. Misalnya Anda merasa skill dan prestasinya bagus. Dengan begitu kita layak mendapatkan apresiasi perusahaan berupa kenaikan upah. Sayangnya tidak semua kantor mau memberikannya. 

Alasan penolakan bukan berarti pelit dan tidak mengayomi karyawan. Berbagai hal dipertimbangkan seperti kondisi keuangan perusahaan serta kelayakan orang tersebut. Jangan harap Anda mendapat gaji besar padahal kemampuannya masih rendah. 

Melihat dari sisi karyawan, naiknya pendapatan merupakan hak mereka. Bahkan tiap perusahaan wajib melakukan proses tersebut secara berkala. Pihak HRD akan menganalisa berbagai macam tujuan mereka saat mengajukannya.

Baca juga: Cara Negosiasi Gaji Saat Interview yang Perlu Dilakukan Pelamar

Tujuan Karyawan Mengajukan Kenaikan Gaji

Sebelum mengetahui waktu kapan waktu yang tepat meminta kenaikan gaji, pahami dulu tujuan pentingnya. Meminta tambahan upah bukanlah perkara mudah. Biasanya seorang karyawan akan memikirkannya secara matang. 

Kebanyakan orang mengira meminta kenaikan gaji merupakan hal besar. Butuh keberanian serta alasan kuat supaya diterima oleh atasan. Sedangkan kita kurang memahami apa saja tujuan dari maksud tersebut. 

Karena itulah sebagian besar karyawan tidak mendapatkan hak serupa meskipun tergolong layak. Misalnya, mereka yang sudah bekerja selama belasan tahun. Bisa juga karyawan berprestasi namun masih menduduki posisi rendah. 

Membuat proposal atau surat permintaan naik gaji dapat memberikan manfaat. Anda mengingatkan perusahaan tentang kewajiban tersebut. Jangan sampai hak-hak karyawan terenggut namun beban kerjanya terus ditambah. 

Inilah upaya mengapresiasi diri sendiri setelah bekerja secara maksimal. Terlebih lagi Anda sudah setia pada perusahaan selama bertahun-tahun. Tidak ada masalah dan tindakan buruk selama menjadi karyawan.

Selain itu jumlah gaji akan menjadi portofolio menjadi faktor penting kapan waktu yang tepat meminta kenaikan gaji. Jika Anda resign dan melamar pekerjaan di kantor baru maka informasi tersebut diperlukan. HRD baru akan menanyakan tentang latar belakang pekerjaan terakhir. 

Dengan begitulah mereka memperkirakan pendapatan Anda sesuai kinerja sebelumnya. Kejadian mengecewakan bisa diminimalisir seperti mendapatkan tawaran income berjumlah kecil. Seseorang merasa tidak dihargai dan menyesal sudah meninggalkan kantor lamanya. 

Adapun tujuan lain menitikberatkan pada kebutuhan ekonomi. Tekanan hidup semakin hari bertambah apalagi jika Anda sudah berkeluarga. Keadaan tersebut memicu seseorang terus memikirkan waktu yang tepat meminta kenaikan gaji. 

Jika gaji naik maka kebutuhan bisa tercukupi dengan baik. Kualitas hidup juga meningkat daripada sebelumnya. Jadi pastikan pengajuan tersebut berhasil supaya tiap karyawan selalu bersemangat dalam mengemban pekerjaan. 

Kapan Waktu yang Tepat Meminta Kenaikan Gaji?

Anda perhatikan kapan waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji agar mudah diterima oleh atasan. Mereka perlu mempertimbangkannya secara matang sesuai kondisi perusahaan. Perhatikan waktu penting berikut untuk menghindari penolakan HRD.

  1. Jangan mengajukan kenaikan gaji saat kondisi finansial perusahaan buruk. Beban kantor meningkat sehingga pengeluaran semakin besar. Pengajuan Anda ditolak karena dianggap tidak tau diri. 
  2. Kapan waktu yang tepat meminta kenaikan gaji dengan menentukan jam terbaik sebelum menghadap HRD. Pilihlah pagi hari karena seseorang merasa lebih fresh serta bersemangat. Riset menunjukkan kalau jam-jam pagi membuat otak manusia bekerja secara maksimal. 

Keputusan yang dibuat atasan lebih rasional karena belum mendapatkan banyak tekanan. Namun tetaplah memerhatikan situasi sekitar. Misalnya, jangan menemui mereka ketika terlihat terburu-buru dan sibuk melakukan pekerjaan penting. 

  1. Momen paling pas adalah sewaktu Anda mendapatkan prestasi. Bentuknya bisa berupa keberhasilan proyek atau menjalankan suatu tugas. Di saat itulah karyawan mampu menunjukkan peningkatan skill. 

Mereka dianggap layak untuk mendapat penghargaan berupa kenaikan gaji. Perusahaan menganggap Anda sudah berperan besar terhadap kemajuan kantor. Terutama dalam melaksanakan proyek-proyek penting demi mencapai target. 

  1. Kapan waktu yang tepat meminta kenaikan gaji ketika ada tawaran pekerjaan lain. Perhatikan dan bandingkan keduanya secara berhati-hati. Pastikan ada jenjang karier, perkiraan gaji tinggi sekaligus bonus tambahannya. 

Akan tetapi jangan langsung mengajukan resign kemudian memilih pekerjaan baru. Datangi HRD terlebih dahulu dan lakukan tahapan tawar menawar. Ajukan permintaan naik upah dengan membandingkan kedua perusahaan tersebut. 

  1. Waktu paling tepat yaitu setelah karyawan melakukan survey. Kita harus mencari tau mengenai rata-rata gaji karyawan. Anda boleh mengajukan tambahan upah jika jumlahnya lebih rendah daripada teman-teman lain. 

Meningkatnya beban ekonomi membuat seseorang ingin mendapat uang tambahan. Salah satu caranya yaitu mengajukan permintaan upah tambahan. Namun Anda harus tau diri mengenai kapan waktu yang tepat meminta kenaikan gaji.

Bagikan Artikel: