jenis jenis pekerjaan part time

Jenis Jenis Pekerjaan Part Time yang Populer dan Manfaatnya

Terdapat jenis jenis pekerjaan part time yang populer belakangan ini. Selain dapat dilakukan oleh mahasiswa atau anak-anak muda, tak jarang kerja part time dilakukan oleh para pegawai kantoran atau juga seseorang yang sudah memiliki pekerjaan.

Biasanya kerja part time dilakukan untuk mencari penghasilan tambahan, menambah uang tabungan, memanfaatkan waktu luang, atau juga mengasah skill yang dimiliki.

Bagi yang sedang mencari kerja part time untuk menambah penghasilan, berikut ini beberapa jenis kerja part time yang dapat lakukan berserta dengan manfaatnya.

Baca juga: Besaran gaji kerja part time

Jenis Jenis Pekerjaan Part Time Populer

Terdapat beberapa jenis pekerjaan part time yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan atau juga bakat dan kemampuan yang dimiliki. 

  1. Fotografer

Jenis kerja part time yang pertama adalah menjadi fotografer. Bagi Anda yang hobi fotografi, kerja part time sebagai fotografer dapat memberikan pemasukan yang lumayan. 

Baik itu fotografer panggilan pernikahan atau fotografer studio, prewedding, dan acara lainnya. Selain itu, waktu pekerjaannya juga dapat disesuaikan.

  1. Guru Les atau private

Jenis jenis pekerjaan part time berikutnya adalah menjadi guru les atau private. Tidak sedikit para pelajar atau mahasiswa yang mengambil kerja part time sebagai guru privat. 

Ada banyak jenisnya guru private yang dapat dilakukan seperti, mengajar pelajaran sekolah, guru ngaji, privat baca tulis, atau mengajar musik. Penghasilan dari kerja part time sebagai guru les juga cukup lumayan.

  1. Penulis

Dengan banyaknya bermunculan blog menjadikan kebutuhan akan konten semakin meningkat, sehingga menjadi kesempatan bagi para penulis artikel atau content writer untuk dapat memperoleh pekerjaan part time.

Kerja part time sebagai penulis freelance merupakan salah satu kerja part time menjanjikan yang dapat dilakukan di rumah. Hanya saja, harus memiliki keterampilan menulis secara baik. 

Jenis jenis pekerjaan part time ini cocok dilakukan oleh para mahasiswa atau yang telah memiliki pekerjaan sebagai content writer.

Namun, tidak menutup kemungkinan bagi yang ingin mulai masuk dunia penulisan artikel mencoba kerja part time sebagai penulis lepas.

  1. Desain Grafis

Jika Anda mempunyai skill di bidang desain grafis, dengan membuka jasa pembuatan desain grafis dapat dijadikan sebagai kerja part time yang tepat. 

Anda dapat memulainya dari beberapa platform yang tersedia dan menempatkan portofolio sebagai contoh pekerjaan sekaligus keunggulan untuk menarik minat klien.

Baca juga: Cara mendapatkan pekerjaan part time

  1. Tour Guide

Jika senang berjalan-jalan dan mampu berbahasa asing, kerja part time ini cocok untuk dipilih. Terlebih jika berasal dari kawasan wisata dan memahami rute perjalanan menarik yang dapat ditawarkan kepada konsumen. 

Namun karena waktunya yang cukup lama, kerja part time jenis ini dapat dilakukan diakhir pekan atau waktu libur.

  1. Berjualan Online

Jenis jenis pekerjaan part time lainnya adalah berjualan online. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih banyak para mahasiswa yang selain kuliah mereka juga suka berjualan online sebagai penambah penghasilannya.

  1. Blogger atau Influencer

Salah satu kerja part time yang populer saat ini adalah menjadi professional blogger atau social media influencer, dimana pekerjaan ini dapat dilakukan di mana saja.

Pada pekerjaan part time ini dapat memanfaatkan media sosial yang didukung dengan internet yang memadai.

Manfaat dari Bekerja Part Time

Selain terdapat bermacam jenis jenis pekerjaan part time yang dapat dipilih, pekerjaan tersebut juga banyak memberikan manfaat, seperti.

  1. Penambah Penghasilan

Keuntungan pertama dari kerja part time adalah dapat menambah penghasilan. Biasanya para pekerja part time akan dibayar berdasarkan lama waktu bekerjanya seperti per jam, per hari atau per shift.

  1. Waktunya Fleksibel

Bekerja part time dapat dilakukan dengan waktu kerja yang fleksibel, Sehingga dapat menentukan sendiri jam kerja sesuai dengan waktu senggang.

  1. Belajar Memasuki Dunia Kerja 

Dengan memilih jenis jenis pekerjaan part time, dapat menjadi jembatan bagi para mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia kerja, selain itu akan belajar mengatur waktu dan keuangan.

  1. Menambah Pengalaman

Keuntungan lainnya dari kerja part time terutama untuk mahasiswa yang paling banyak memberikan manfaat adalah dapat memberikan pengalaman.

Dengan adanya pengalaman selama kuliah, ketika lulus kuliah dan akan melamar pekerjaan sudah memiliki poin khusus berupa pengalaman kerja part time sebagai nilai tambah yang dapat dicantumkan dalam CV nantinya.

Dengan melakukan kerja part time, memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Terdapat jenis jenis pekerjaan part time yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!