gaya kepemimpinan transformasional

Mengenal Gaya Kepemimpinan Transformasional untuk Kemajuan Perusahaan

Pernah dengar tentang gaya kepemimpinan transformasional? Jadi kepemimpinan transformasional ini biasanya digunakan di sebuah perusahaan. Biasanya seorang pemimpin pasti memiliki cara memimpinnya masing-masing dan kepemimpinan transformasional menjadi salah satunya.

Menarik yang lagi seseorang dengan tipe kepemimpinan transformasional paling banyak dicari. Hal ini dikarenakan pemimpin tersebut bisa memberikan motivasi dan mendorong Setiap karyawan untuk memiliki pandangan yang maju.

Memahami Tentang Gaya Kepemimpinan Transformasional

Transformational leadership merupakan tipe kepemimpinan yang biasanya dimiliki oleh beberapa orang. Kepemimpinan transformasional merupakan gaya kepemimpinan yang akan dilakukan oleh seseorang dengan memotivasi serta memberdayakan orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya untuk bekerja sama demi mewujudkan visi perusahaan.

Jadi secara kepemimpinan transformasional ini bisa dilihat dari bentuk nilai, kebutuhan dalam perusahaan untuk terobosan terbaru, dan keyakinan. Seorang pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan transformasional dapat mempengaruhi kinerja karyawan secara keseluruhan.

Sebagai seorang pemimpin tentu dapat menerapkan kepemimpinan transformasional untuk memiliki pandangan visioner dan mampu memfasilitasi karyawan maupun bawahannya demi mengasah skill yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Baca juga: Mengenal Gaya Kepemimpinan Laissez Faire yang Jarang di Ketahui

Mengenal Karakteristik Gaya Kepemimpinan Transformasional

Seorang pemimpin yang memiliki tipe kepemimpinan transformasional akan memiliki beberapa karakteristik, seperti berikut:

  • Pemimpin tersebut akan menerima dan selalu terbuka dengan beberapa ide-ide baru.
  • Pemimpin akan fokus untuk mengubah mindset setiap tim agar mereka mau keluar dari zona nyaman.
  • Lebih aktif untuk mendengarkan daripada berbicara.
  • Pemimpin dengan gaya kepemimpinan transformasional lebih toleran terhadap berbagai macam resiko.
  • Pemimpin yang transformasional juga mau bertanggung jawab terhadap berbagai macam langkah yang diambil oleh, tim sekalipun konsekuensinya tidak selalu baik.
  • Mereka memiliki tingkat kepercayaan tinggi terhadap tim
  • Mampu untuk mengajak lebih banyak anggota tim tergabung dalam partisipasi, terutama ketika memberikan inovasi.
  • Pemimpin yang memiliki tipe transformasional pasti bisa menginspirasi timnya.
  • Mereka memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik
  • Selalu memiliki pikiran terbuka dan progresif dalam hal-hal yang bersangkutan dengan perusahaan.

Dengan beberapa karakteristik tersebut yang dimiliki oleh seseorang, dapat dikatakan bahwa tipe kepemimpinan transformasional ada di dalam diri orang tersebut dan biasanya lebih banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Baca juga: Seputar Gaya Kepemimpinan Partisipatif

Mengetahui Kelebihan Gaya Kepemimpinan Transformasional

Menjadi Seorang pebisnis pada perusahaan tertentu, tentu anda akan menyadari ada bermacam-macam hal yang harus diubah. Namun, terkadang ada beberapa pemimpin tidak memahami dan mengetahui perubahan-perubahan yang harus dilakukan.

Padahal tanpa dicari hari hal tersebut bisa memperburuk berbagai macam aspek perusahaan. Seorang pemimpin tentu harus memiliki peran sebagai inovator dan pembentuk sistem untuk bisa memajukan perusahaan.

Hal tersebut telah dimiliki oleh gaya kepemimpinan transformasional. Berikut ini beberapa kelebihan dari kepemimpinan transformasional yang harus anda tahu;

1. Memiliki Pengaruh yang Ideal

Seseorang yang memiliki tipe kepemimpinan transformasional bisa memiliki pengaruh yang ideal bagi karyawan maupun perusahaan. Pemimpin tersebut bisa bertindak sesuai dengan peraturan yang telah dibuat dan biasanya memberikan pengaruh positif.

Dengan peraturan yang telah dibuat dan memberikan pengaruh positif bagi banyak karyawan, hal tersebut tentu membuat karyawan menjadi kagum dan lebih hormat kepada pemimpin tersebut.



2. Dapat mempertimbangkan Individu

Seseorang dengan gaya kepemimpinan transformasional biasanya bisa mempertimbangkan individu. Jadi pemimpin tersebut selalu mendukung karyawan untuk bisa melanda dan mengeluarkan seluruh potensi yang ada di dalam diri mereka.

Pemimpin dengan gaya transformasional akan sadar bahwa karyawan juga harus turut terlibat untuk bisa mencapai visi perusahaan. Biasanya seseorang dengan tipe kepemimpinan merupakan orang yang bisa mempertimbangkan individu dan tidak ragu mengadakan pertemuan one on one dengan karyawan sehingga bisa membangun reaksi atau sekedar menawarkan orang lain.

3. Dapat Memberikan Motivasi Inspirasional

Seseorang yang memiliki gaya kepemimpinan transformasional bisa memberikan motivasi kepada karyawan. Jadi artinya pemberian tersebut bisa mendorong karyawan untuk bersama-sama mencapai visi perusahaan. 

Pemimpin tersebut mampu memberikan energi kepada karyawan, sehingga setiap kalimat yang diucapkan merupakan kalimat inspirasional yang bisa memotivasi karyawan.

Baca juga: Memahami Gaya Kepemimpinan Karismatik dengan Aura Kuat

Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh kepemimpinan transformasional bagi sebuah perusahaan maupun bagi karyawan. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang saat ini lebih memilih untuk mendapatkan pemimpin dengan gaya kepemimpinan transformasional demi kemajuan perusahaan. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!