contoh tanda terima dokumen

8 Contoh Tanda Terima Dokumen yang Wajib Dipahami

Contoh tanda terima dokumen sangat dibutuhkan oleh setiap orang yang melakukan kegiatan bisnis maupun yang lain. Untuk bentuknya sendiri akan sangat beragam, mulai dari selembaran kertas hingga lembaran yang akan mencantumkan informasi secara rinci untuk setiap barang.

Surat ini sangat penting sebagai lambang serah terima barang dari Anda maupun pihak lain, hal ini tidak boleh disepelekan karena akan berdampak pada hukum yang harus ditaati. Tanda terima sendiri merupakan dokumen yang tertulis untuk sebuah transaksi. 

Contohnya, terdapat utusan dari sebuah perusahaan untuk menyerahkan berbagai dokumen yang berisi informasi atau penjualan dari suatu instansi. Maka, tanda terima akan sangat dibutuhkan agar menjadi surat resmi, serta arsipan penting sebagai bukti penyerahan. 

Tanda terima juga dapat diartikan sebagai surat bukti yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada pihak lain yang telah menyerahkan barang. Contoh tanda terima dokumen sangat wajib untuk dipahami oleh semua orang, karena akan sangat berguna bagi perusahaan.

OJK sendiri menyebutkan bahwa tanda terima adalah bukti tertulis yang diterima oleh para nasabah untuk sebuah transaksi maupun penyerahan jumlah uang baik secara tunai maupun non tunai. Di dalam arsipan tersebut terdapat jenis, nama penerima serta jumlahnya. 

Pengertian Surat Tanda Terima

Surat Tanda Terima adalah dokumen tertulis yang digunakan untuk mengkonfirmasi atau mencatat penerimaan suatu barang, jasa, atau dokumen dari satu pihak oleh pihak lain. Biasanya, surat ini digunakan untuk memberikan bukti bahwa suatu transaksi telah terjadi dan bahwa barang atau jasa yang diterima telah sesuai dengan yang diharapkan.

Surat Tanda Terima seringkali mencakup informasi seperti tanggal transaksi, nama penerima, deskripsi barang atau jasa yang diterima, jumlah atau jumlah yang terkait, dan tanda tangan penerima. Dokumen ini dapat dihasilkan dalam berbagai situasi, termasuk dalam transaksi bisnis, penerimaan dokumen penting seperti surat-surat resmi, dan sebagainya.

Menurut Datamyte, surat tanda terima merupakan surat yang menegaskan penerimaan suatu dokumen atau barang. Ini adalah dokumen penting yang harus disimpan untuk referensi di masa mendatang.

Baca Juga : Contoh Berita Acara Serah Terima Pekerjaan yang Mudah

Format dalam Contoh Tanda Terima Dokumen 

Untuk membuat sebuah surat tanda terima, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Salah satu hal yang sangat penting adalah format penulisan. Anda tidak bisa membuat surat tersebut dengan struktur penulisan yang asal dan tidak sesuai dengan format penulisan yang benar. 

1. Judul 

Judul adalah hal yang sangat penting untuk menandakan jenis surat yang dibuat. Selain sebagai identitas utama, pemberian judul juga akan memudahkan perusahaan untuk melakukan pencarian maupun pengarsipan jika suatu saat arsipan dibutuhkan oleh seseorang. Jadi, harus dibuat judul.

2. Tanggal Penerimaan 

Lanjut dengan tanda penerimaan berupa tanggal. Hal tersebut bisa dilihat dari berbagai barang, dokumen maupun uang yang diterima oleh seseorang. Hal tersebut akan menjadi bukti untuk memudahkan sebuah proses pelacakan. Pastikan tanggal penerimaan sesuai dengan saat menerima.



3. Identitas Penerima 

Dalam contoh tanda terima dokumen akan selalu identitas penerima yang menjadi hal penting. Identitas penerima harus jelas, agar barang maupun uang yang di tuju tidak salah alamat. Biasanya, identitas penerima juga sebagai bukti sah bahwa barang sudah diterima oleh yang bersangkutan.

4. Keterangan pada Surat

Perlu menjadi perhatian, pada setiap surat tanda terima harus ada keterangan dokumennya. Biasanya keterangan tersebut akan menerangkan isi dari dokumen yang dikirim, contohnya seperti barang maupun uang. Jadi, tidak asal menerima paket yang tidak dipesan, perhatikan hal tersebut dengan baik.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

5. Tujuan Penyerahan Barang

Tujuan Penyerahan Barang adalah untuk mentransfer kepemilikan fisik dan kontrol atas barang dari satu pihak ke pihak lain. Proses penyerahan barang merupakan tahap penting dalam siklus bisnis, terutama dalam transaksi jual beli atau pemberian barang atau jasa.

6. Tanda Tangan Penerima Barang

Tanda tangan penerima barang adalah tanda tangan yang diberikan oleh pihak yang menerima barang sebagai tanda konfirmasi bahwa mereka telah menerima barang tersebut dalam kondisi yang sesuai. Tanda tangan ini sering diminta pada berbagai dokumen, seperti Surat Tanda Terima atau bukti pengiriman, untuk memberikan bukti tertulis bahwa proses penyerahan telah berhasil dilakukan.

Penting untuk diingat bahwa tanda tangan penerimaan harus sah dan jujur. Penerima barang seharusnya tidak memberikan tanda tangan palsu atau tidak akurat karena ini dapat mengakibatkan masalah hukum atau reputasi di kemudian hari. Tanda tangan penerimaan adalah bagian penting dari transaksi bisnis yang memastikan integritas dan kredibilitas dalam hubungan antara pihak-pihak yang terlibat.

7. Keterangan Barang

Keterangan barang adalah informasi atau deskripsi yang diberikan tentang suatu barang atau produk. Keterangan ini mencakup detail penting mengenai karakteristik, spesifikasi, kondisi, dan atribut lain dari barang tersebut.

Tujuan dari keterangan barang adalah untuk memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada pembeli, pengguna, atau pihak lain yang berkepentingan. Keterangan ini membantu orang memahami apa yang mereka peroleh atau gunakan, serta memungkinkan mereka membuat keputusan yang lebih tepat berdasarkan informasi yang ada.

Baca juga: Contoh Surat Masuk yang Baik dan Benar



Contoh Tanda Terima Dokumen 

1. Contoh Surat Tanda Terima Dokumen Sederhana

[Alamat Anda]
[Tanggal]

Kepada,
[Nama Pengirim]
[Alamat Pengirim]

Perihal: Tanda Terima Dokumen

Dengan hormat,

Saya ini mengonfirmasi penerimaan dokumen yang Anda kirimkan kepada saya pada tanggal [tanggal pengiriman]. Saya ingin memberitahukan bahwa dokumen yang Anda kirimkan telah saya terima dengan baik.

Berikut adalah rincian dokumen yang telah saya terima:

  • Jenis Dokumen: [contoh: Surat Perjanjian Kerjasama]
  • Nomor Dokumen: [nomor dokumen jika ada]
  • Tanggal Dokumen: [tanggal dokumen]
  • Isi Dokumen: [ringkasan isi dokumen]

Saya telah memeriksa dokumen-dokumen tersebut dan tidak menemukan masalah atau ketidaksesuaian pada saat penerimaan. Dokumen ini memiliki peranan penting dalam hubungan bisnis kita dan saya akan menjaga kerahasiaan serta keamanannya.

Terlampir, saya sertakan salinan tanda tangan saya sebagai tanda konfirmasi penerimaan.

Apabila terdapat hal-hal lebih lanjut yang perlu diurus terkait dengan dokumen ini, harap beritahukan kepada saya.

Demikian surat ini saya sampaikan sebagai bukti tertulis penerimaan dokumen. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Anda.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Anda]
[Nama Anda]


2. Contoh Surat Tanda Terima Sertifikat Perpajakan

[Alamat Anda]
[Tanggal]

Kepada,
[Nama Pihak Pengirim Sertifikat]
[Alamat Pihak Pengirim]

Perihal: Tanda Terima Sertifikat Perpajakan

Dengan hormat,

Saya ini mengonfirmasi penerimaan sertifikat perpajakan yang Anda kirimkan kepada saya pada tanggal [tanggal pengiriman]. Sertifikat perpajakan ini memiliki nomor identifikasi [nomor sertifikat] dan diterbitkan oleh [instansi penerbit sertifikat].

Saya ingin memberitahukan bahwa sertifikat perpajakan tersebut telah saya terima dengan baik dan telah saya periksa. Isi sertifikat perpajakan ini tampak sesuai dengan informasi yang telah kami diskusikan sebelumnya.

Sertifikat perpajakan memiliki peranan penting dalam kewajiban perpajakan kami dan dalam menjalankan aktivitas bisnis kami secara legal. Kami akan menjaga keaslian, keamanan, dan kerahasiaan sertifikat ini sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Saya juga ingin mengonfirmasi bahwa informasi yang tercantum dalam sertifikat ini benar dan akurat.

Terlampir, saya sertakan salinan tanda tangan saya sebagai tanda konfirmasi penerimaan.

Jika terdapat hal-hal lebih lanjut yang perlu diurus terkait dengan sertifikat perpajakan ini, harap beritahukan kepada saya.

Demikian surat ini saya sampaikan sebagai bukti tertulis penerimaan sertifikat perpajakan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Anda.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Anda]
[Nama Anda]


3. Contoh Surat Tanda Terima Sertifikat Tanah

[Alamat Anda]
[Tanggal]

Kepada,
[Nama Pihak Pengirim Sertifikat]
[Alamat Pihak Pengirim]

Perihal: Tanda Terima Sertifikat Tanah

Dengan hormat,

Saya ini mengonfirmasi penerimaan sertifikat tanah yang Anda kirimkan kepada saya pada tanggal [tanggal pengiriman]. Sertifikat tanah ini memiliki nomor identifikasi [nomor sertifikat] dan diterbitkan oleh [instansi penerbit sertifikat].

Saya ingin memberitahukan bahwa sertifikat tanah tersebut telah saya terima dengan baik dan telah saya periksa. Isi sertifikat ini tampak sesuai dengan informasi yang telah kami diskusikan sebelumnya.

Sertifikat tanah memiliki peranan penting dalam hak kepemilikan atas tanah dan dalam menjalankan transaksi properti kami secara sah dan sah hukum. Kami akan menjaga keaslian, keamanan, dan kerahasiaan sertifikat ini sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Saya juga ingin mengonfirmasi bahwa informasi yang tercantum dalam sertifikat ini benar dan akurat.

Terlampir, saya sertakan salinan tanda tangan saya sebagai tanda konfirmasi penerimaan.

Jika terdapat hal-hal lebih lanjut yang perlu diurus terkait dengan sertifikat tanah ini, harap beritahukan kepada saya.

Demikian surat ini saya sampaikan sebagai bukti tertulis penerimaan sertifikat tanah. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Anda.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Anda]
[Nama Anda]


4. Contoh Surat Tanda Terima Berkas Kendaraan Bermotor

[Alamat Anda]
[Tanggal]

Kepada,
[Nama Pihak Pengirim Berkas]
[Alamat Pihak Pengirim]

Perihal: Tanda Terima Berkas Kendaraan Bermotor

Dengan hormat,

Saya ini mengonfirmasi penerimaan berkas kendaraan bermotor yang Anda kirimkan kepada saya pada tanggal [tanggal pengiriman]. Berkas ini berkaitan dengan kendaraan bermotor dengan nomor registrasi [nomor registrasi kendaraan] dan memiliki informasi mengenai [jenis kendaraan, merek, dan model].

Saya ingin memberitahukan bahwa berkas kendaraan bermotor tersebut telah saya terima dengan baik dan telah saya periksa. Isi berkas ini tampak sesuai dengan informasi yang telah kami diskusikan sebelumnya.

Berkas kendaraan bermotor memiliki peranan penting dalam proses legalitas kendaraan dan dalam menjalankan transaksi kendaraan bermotor kami secara sah dan sah hukum. Kami akan menjaga keaslian, keamanan, dan kerahasiaan berkas ini sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Saya juga ingin mengonfirmasi bahwa informasi yang tercantum dalam berkas ini benar dan akurat.

Terlampir, saya sertakan salinan tanda tangan saya sebagai tanda konfirmasi penerimaan.

Jika terdapat hal-hal lebih lanjut yang perlu diurus terkait dengan berkas kendaraan bermotor ini, harap beritahukan kepada saya.

Demikian surat ini saya sampaikan sebagai bukti tertulis penerimaan berkas kendaraan bermotor. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Anda.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Anda]
[Nama Anda]


5. Contoh Surat Tanda Terima Dokumen Surat Pelaporan

[Alamat Anda]
[Tanggal]

Kepada,
[Nama Pengirim Surat Pelaporan]
[Alamat Pengirim]

Perihal: Tanda Terima Dokumen Surat Pelaporan

Dengan hormat,

Saya ini mengonfirmasi penerimaan surat pelaporan yang Anda kirimkan kepada kami pada tanggal [tanggal pengiriman]. Surat pelaporan ini berisi informasi mengenai [subjek pelaporan] dan memiliki nomor referensi [nomor referensi surat pelaporan].

Saya ingin memberitahukan bahwa surat pelaporan tersebut telah kami terima dengan baik dan telah kami periksa. Isi surat pelaporan ini tampak sesuai dengan informasi yang telah kami harapkan.

Surat pelaporan memiliki peranan penting dalam analisis dan evaluasi situasi yang dijelaskan dalam surat tersebut. Kami akan menjaga kerahasiaan dan integritas surat pelaporan ini sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Saya juga ingin mengonfirmasi bahwa informasi yang tercantum dalam surat pelaporan ini benar dan akurat.

Terlampir, kami sertakan salinan tanda tangan kami sebagai tanda konfirmasi penerimaan.

Jika terdapat hal-hal lebih lanjut yang perlu diurus terkait dengan surat pelaporan ini, harap beritahukan kepada kami.

Demikian surat ini kami sampaikan sebagai bukti tertulis penerimaan surat pelaporan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Anda.

Hormat kami,

[Tanda Tangan Anda (jika perlu)]
[Nama Anda]


6. Contoh Surat Tanda Terima Barang

[Alamat Penerima]
[Tanggal]

Kepada,
[Nama Pengirim]
[Alamat Pengirim]

Perihal: Tanda Terima Barang

Dengan hormat,

Saya ini mengonfirmasi penerimaan barang yang Anda kirimkan kepada saya pada tanggal [tanggal pengiriman]. Barang tersebut telah diantar dengan nomor resi [nomor resi pengiriman] dan terkait dengan pesanan [nomor pesanan atau rincian pesanan lainnya].

Saya ingin memberitahukan bahwa barang yang Anda kirimkan telah saya terima dalam kondisi baik dan tampak sesuai dengan pesanan yang telah kami buat. Barang tersebut mencakup:

  • Jenis Barang: [contoh: Elektronik]
  • Merek / Model: [contoh: Smartphone XYZ]
  • Jumlah: [jumlah barang]

Saya telah melakukan pemeriksaan awal terhadap barang ini dan tidak menemukan masalah pada saat penerimaan. Barang ini sangat penting dalam kebutuhan kami dan akan diurus dengan baik.

Terlampir, saya sertakan salinan tanda tangan saya sebagai tanda konfirmasi penerimaan.

Jika terdapat hal-hal lebih lanjut yang perlu diurus terkait dengan barang ini, atau jika terdapat masalah yang kami temui dalam penggunaan atau kondisi barang, kami akan segera menghubungi Anda.

Demikian surat ini kami sampaikan sebagai bukti tertulis penerimaan barang. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Anda.

Hormat kami,

[Tanda Tangan Anda]
[Nama Anda]


7. Contoh Tanda Terima Jaminan

[Alamat Penerima]
[Tanggal]

Kepada,
[Nama Pihak Pengirim Jaminan]
[Alamat Pihak Pengirim]

Perihal: Tanda Terima Jaminan

Dengan hormat,

Saya ini mengonfirmasi penerimaan jaminan yang Anda kirimkan kepada kami pada tanggal [tanggal pengiriman]. Jaminan ini terkait dengan [deskripsi jaminan, misalnya: jaminan bank atau jaminan tunai] dengan nomor referensi [nomor referensi jaminan].

Saya ingin memberitahukan bahwa jaminan tersebut telah kami terima dengan baik dan telah kami verifikasi. Informasi mengenai jaminan ini tampak sesuai dengan yang telah kami diskusikan sebelumnya.

Jaminan ini memiliki peranan penting dalam transaksi yang sedang berlangsung dan akan dijaga keabsahannya sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Saya juga ingin mengonfirmasi bahwa informasi yang tercantum dalam jaminan ini benar dan akurat.

Terlampir, saya sertakan salinan tanda tangan saya sebagai tanda konfirmasi penerimaan.

Jika terdapat hal-hal lebih lanjut yang perlu diurus terkait dengan jaminan ini, harap beritahukan kepada kami.

Demikian surat ini kami sampaikan sebagai bukti tertulis penerimaan jaminan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Anda.

Hormat kami,

[Tanda Tangan Anda (jika perlu)]
[Nama Anda]


8. Contoh Surat Tanda Terima Berkas

[Alamat Penerima]
[Tanggal]

Kepada,
[Nama Pengirim Berkas]
[Alamat Pengirim]

Perihal: Tanda Terima Berkas

Dengan hormat,

Saya ini mengonfirmasi penerimaan berkas yang Anda kirimkan kepada kami pada tanggal [tanggal pengiriman]. Berkas tersebut berisi [deskripsi isi berkas, misalnya: dokumen kontrak, proposal proyek, atau laporan keuangan] dengan nomor referensi [nomor referensi berkas].

Saya ingin memberitahukan bahwa berkas tersebut telah kami terima dengan baik dan telah kami verifikasi. Isi berkas ini tampak sesuai dengan yang telah kami harapkan.

Berkas ini memiliki peranan penting dalam proses yang sedang berlangsung dan akan dijaga kerahasiaannya sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Saya juga ingin mengonfirmasi bahwa informasi yang tercantum dalam berkas ini benar dan akurat.

Terlampir, kami sertakan salinan tanda tangan kami sebagai tanda konfirmasi penerimaan.

Jika terdapat hal-hal lebih lanjut yang perlu diurus terkait dengan berkas ini, harap beritahukan kepada kami.

Demikian surat ini kami sampaikan sebagai bukti tertulis penerimaan berkas. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Anda.

Hormat kami,

[Tanda Tangan Anda (jika perlu)]
[Nama Anda]


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!