contoh surat rekomendasi beasiswa

9 Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa dan Penjelasannya 


Notice: Undefined index: titleWrapper in /var/www/html/wp-content/plugins/seo-by-rank-math/includes/modules/schema/blocks/toc/class-block-toc.php on line 103

Contoh surat rekomendasi beasiswa saat ini ternyata bisa langsung membantu dalam meningkatkan peluang untuk diterima menjadi beasiswa. Jadi dokumen ini sangatlah penting dan Anda harus bisa mempersiapkannya dengan baik.

Untung saja,  dalam informasi kali ini akan menunjukkan cara menulis surat ini beserta contohnya. Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin membuat surat rekomendasi sebuah beasiswa

Mengenal Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Contoh surat rekomendasi beasiswa merupakan salah satu surat resmi yang dimaksudkan untuk bisa memberikan evaluasi pelamar menerima beasiswa. Secara umum, surat ini telah ditulis oleh guru, peneliti, dosen maupun pengawas.

Surat ini berisi berbagai macam penjelasan tentang potensi, karakter, serta prestasi pelamar, yang menunjukkan bahwa benar-benar layak. Hal ini tentunya untuk mendapatkan beasiswa. 

Dengan kata lain, surat ini sebenarnya berisi penilaian objektif terhadap para pelamar dari sudut pandang orang lain.

Berikut ini sudah ada berbagai macam fitur utama dari contoh surat rekomendasi beasiswa, antara lain:

  • Jelaskan prestasi para pelamar yang sebelumnya.
  • Menunjukkan berbagai macam potensi kandidat setelah menerima beasiswa.
  • Menunjukkan bahwa para pelamar mempunyai hubungan akademik yang bisa diandalkan.

Baca juga: Kuliah Jurusan Hukum Kerja Apa? Berikut Rekomendasinya

Cara Membuat Surat Rekomendasi Beasiswa

Surat ini dikenal sebagai salah satu surat penting yang tidak boleh dibuat asal-asalan. Oleh karena itu, Anda harus bisa mematuhi format contoh surat rekomendasi beasiswa, di bawah ini:

  • Kop surat: tunjukkan institusi atau otoritas dari mana surat tersebut dikirim.
  • Judul surat: Anda bisa langsung menuliskannya sebagai “surat rekomendasi beasiswa” hingga saat ini.
  • Tanggal dan nomor: masukkan tanggal surat telah ditulis dan nomor surat sesuai dengan kantor (bila perlu).
  • Isi: buat isi surat Anda dengan jelas dan detail
  • Penutup: Anda bisa langsung menyebutkan kesediaan untuk bertanggung jawab dan mencatat titik kontak yang dapat dihubungi
  • Tanda tangan dan stempel: berikan nama asli dan tanda tangan Anda. Apabila perlu, maka bisa lampirkan stempel.

Setelah Anda tahu bagaimana cara membuatnya, berikut ini sudah ada beberapa contoh surat rekomendasi beasiswa untuk dijadikan sebagai referensi:

1. Surat Rekomendasi Beasiswa Universitas

Surat Rekomendasi Beasiswa Universitas. Sumber: ft.untidar.ac.id

2. Surat Rekomendasi Beasiswa SMA

Surat Rekomendasi Beasiswa SMA. Sumber: idmanajemen.com


3. Surat Rekomendasi Beasiswa dalam Bahasa Inggris

Surat Rekomendasi Beasiswa dalam Bahasa Inggris Sumber: daily.web.id

4. Surat rekomendasi beasiswa dalam bahasa Inggris 2

Dear Scholarship Committee,

I am more than happy to recommend Henry Salim for the Youth Scholarship. I taught Henry’s English Literature and Gender Studies classes, and I also am the counselor of his high school. I have known Henry for three years ever since he attended our school. I have seen him using his intelligence, empathy, critical thinking, and social skills to accomplish more than any other student in our school. Therefore, I truly highly recommend him for this scholarship.

I first met Henry when he was in the 10th grade in my English Literature class. From the first attendance, he quickly grasped the theories and concepts in literature studies and engaged in passionate discussion. He has been very skilled in applying abstract concepts to literature examples and understands their impact in both fictional and real life.

When he attended my Gender Studies class, he also showed high interest in the systemic problem that lies within and has been very open in sharing his thoughts with the class. It is very rare to see a teenage student who expresses such a high-level passion towards a subject that could be seen as taboo in some societies. Furthermore, he does not only focus on his studies but also helps his classmates when they are stumped with an analysis.

Other than being an excellent student and considerate peer, Henry’s most impressive achievement is when he gained first place in the Teen Novelist Competition which was held by the Ministry of Culture in 2020. His novel continues to become one of the best seller drama novels in our country and was discussed by many critics. This door led to his knowing even more literary critics who have grown to both teach and learn from him. I truly believe that this is only the first step in his success.

Henry has discussed with me how he would use this scholarship to help to expand his knowledge about literature and critical thinking and also its applications in real life. He has a dream of reviving the Indonesian literature industry once he has finished his studies. I believe that Henry would be a deserving recipient of this scholarship and that you can be more than certain that he will make the most out of it. I can guarantee you that he has never taken light of any opportunities that he has had, and he will not start to do so.

I am open to any discussion about Henry and his potential should you have any further questions. You could email me at sheislayla@worldhs.com.

Mrs. Layla,

English Literature and Gender Studies Teacher of World High School

5. Surat Rekomendasi Beasiswa Untuk Karyawan

Surat Rekomendasi Beasiswa Untuk Karyawan. Sumber: www.delinewstv.com

6. Rekomendasi Beasiswa dari Pondok Pesantren

Rekomendasi Beasiswa dari Pondok Pesantren. Sumber: www.delinewstv.com

7. Rekomendasi Beasiswa ke Luar Negeri

Rekomendasi Beasiswa ke Luar Negeri. Sumber: www.beasiswa.xyz


8. Surat Rekomendasi Beasiswa ke Luar Negeri 2

Surat rekomendasi beasiswa ke luar negeri 2. Sumber: berita.99.co

9. Rekomendasi Beasiswa dari Dosen

Rekomendasi Beasiswa dari Dosen. Sumber: www.suratresmi.net

Jadi dapat dikatakan bahwa surat rekomendasi Beasiswa lebih cocok untuk Anda yang saat ini bekerja. Jadi nantinya Anda bisa langsung mengirimkan surat rekomendasi atasan untuk beasiswa. 

Secara umum, akan diterima jika Anda menyatakan keinginan untuk melanjutkan studi. Sementara itu, untuk rekomendasi beasiswa akademik memang terkesan lebih cocok untuk yang masih kuliah. 

Jadi Anda nantinya bisa langsung mendapatkan contoh surat rekomendasi beasiswa dari guru sebagai salah satu penilai kemampuan yang akademik.

Sementara itu, untuk jenis surat rekomendasi ini biasanya akan langsung diberikan oleh saudara, atau juga teman terdekat. Secara umum, referensi karakter ini bukan termasuk ke dalam dokumen utama, namun hanya sebagai rekomendasi pendukung saja. 

Surat rekomendasi beasiswa jenis ini biasanya hanya focus terhadap perilaku soft skill bagi pelamar dalam sebuah organisasi atau ranah relasi sosial. 

Oleh karena itu, bagi Anda yang terlibat aktif dalam organisasi kampus/masyarakat, politik, organisasi sosial, atau komunitas lain di luar ranah akademis dan perusahaan, maka bisa langsung mempertimbangkan cara referensi karakter.

Baca juga: 13 Contoh Surat Lamaran Kerja Guru yang Benar Wajib Diketahui

Bagi Anda yang ingin sekali melamar beasiswa untuk studi lanjut, maka bisa mulai memperhatikan format surat rekomendasi beasiswa. Namun, perlu diingat surat rekomendasi beasiswa ini menjadi salah satu dokumen penting untuk membantu Anda dalam proses seleksi.

Jadi  memang surat rekomendasi ini sangat penting bagi diri sendiri maupun perusahaan. Anda tinggal langsung membuatnya seperti penjelasan yang ada di atas.

Anda juga dapat langsung memberikan berbagai macam arahan kepada pemberi surat rekomendasi sesuai dengan contoh yang ada di atas. Contoh surat rekomendasi beasiswa saat ini sebenarnya praktis.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.