contoh surat pernyataan penghasilan

Contoh Surat Pernyataan Penghasilan yang Baik dan Benar

Ada banyak sekali contoh surat pernyataan penghasilan yang bisa kita gunakan saat ini. Ini merupakan salah satu jenis dokumen yang bisa dipilih dilakukan untuk memperlihatkan kalau kita sedang bekerja. Apakah ada perbedaan antara slip gaji dengan surat pernyataan seperti ini?

Kalau ada, dimana letak perbedaan tersebut? Apa juga poin-poin penting yang harus diterapkan pada surat pernyataan penghasilan itu sendiri? Semua ini tentu harus dipahami sejak awal ketika kita hendak membuat surat tersebut demi berbagai kepentingan.

Biasanya jenis surat satu ini diperlukan untuk kepentingan perbankan, medis dan lainnya. Hanya saja seringkali orang lebih senang menggunakan slip gaji biasa karena mudah digunakan serta perlu membuatnya terlebih dahulu.

Apa Itu Surat Pernyataan Penghasilan?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Contoh Surat Pernyataan Penghasilan, penting sekali bagi Anda untuk memahami pengertian dari surat ini terlebih dahulu. Surat Pernyataan Penghasilan adalah surat keterangan yang dikeluarkan oleh perusahaan terkait jumlah penghasilan pokok pegawai di perusahaan mereka.

Berbeda dengan slip gaji, surat pernyataan penghasilan ini bisa dikeluarkan kapanpun oleh perusahaan ketika pegawainya meminta. Biasanya perusahaan akan menggunakan kop surat khusus yang mewakili branding mereka ketika mencetak surat satu ini.

1. Unsur-Unsur di dalam Surat Pernyataan Penghasilan

Ketika Anda sedang mencari Contoh Surat Pernyataan Penghasilan, sangat penting sekali untuk memahami apa saja unsur yang wajib ada pada surat tersebut. Tentu saja ada banyak sekali poin penting yang harus diterapkan. Diantaranya adalah : 

  • Tanggal Keluar Surat
  • Nama yang Mengeluarkan Surat
  • Nama yang Menerima Gaji
  • Jabatan penerima gaji
  • Nominal gaji dan tunjangan yang diterima

Kita harus memastikan kalau Contoh Surat Pernyataan Penghasilan yang dipilih memenuhi semua unsur yang sudah kami jelaskan di atas. Jika tidak, maka format surat tersebut bisa dianggap kurang sempurna sehingga legalitasnya diragukan. 

2. Fungsi Surat Pernyataan Penghasilan

Selain memahami unsur-unsur penting pada Contoh Surat Pernyataan Penghasilan, Anda juga harus memahami fungsi dari surat pernyataan penghasilan tersebut pada poin berikut : 

  • Untuk mengajukan pinjaman kredit
  • Sebagai bukti sedang bekerja
  • Untuk melamar pekerjaan baru
  • Untuk melanjutkan pendidikan, dll.

Karena fungsinya sangat penting, tentu saja kita tidak boleh menyepelekan keberadaan surat pernyataan satu ini. Pastikan untuk memperhatikan poin-poin yang ada di dalam surat tersebut secara seksama. Jangan sembarangan.

Baca juga: Contoh Surat Keluar Perusahaan yang Sesuai Kaidah Penulisannya

Contoh Surat Pernyataan Penghasilan yang Baik dan Benar

Agar memudahkan Anda untuk memahami surat pernyataan penghasilan yang sesuai regulasi. Di sini kami sudah menyiapkan salah satu contoh terbaik yang bisa diikuti. Jangan terburu-buru, baca dengan seksama agar Anda memahami cara pembuatannya. 

Surat Keterangan Penghasilan

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :

Jabatan :

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama          :

Jabatan       :

Adalah benar merupakan karyawan [Nama Perusahaan] sejak Mei 2019 hingga saat ini. Ada pun perincian gaji Saudara [Nama Karyawan] setiap bulan, khususnya pada Februari 2020, adalah sebagai berikut:

Gaji Pokok              :

Uang makan           :

Transport                :

Kesehatan               :

Lain-lain                   : 

Surat keterangan penghasilan ini dibuat untuk dipergunakan oleh yang bersangkutan sebagai syarat pengajuan kredit di bank.

[Tempat dan Tanggal]

TTD

[Nama Karyawan]

Format di atas adalah salah satu bentuk atau contoh surat pernyataan penghasilan yang sesuai dengan kaidah. Format diatas bisa dipergunakan untuk kepentingan apapun dari mulai perusahaan kecil, instansi, atau bahkan perusahaan besar.

Dari surat di atas, bisa ditarik kesimpulan kalau pembuatan surat pernyataan penghasilan di atas mengacu pada : 

1. Buat bagian kepala surat atau judul surat keterangan : 

2. Lalu di dalam pembuka dijelaskan nama dan jabatan yang mengeluarkan surat tersebut.

3. Bagian selanjutnya menerangkan sosok yang menerima gaji. Jelaskan dengan lengkap dari mulai nama, jabatan.

4. Setelahnya jelaskan secara terperinci kalau yang bersangkutan di atas merupakan benar karyawan yang menerima gaji dari perusahaan

5. jangan lupa tulis rincian penghasilan yang karyawan tersebut dapatkan dari perusahaan. Dari mulai gaji pokok, tunjangan, potongan dan lain-lain harus dimasukkan ke dalam surat ini.

6. Buat paragraf penutup pada surat tersebut.

7. Masukkan tanggal dan tempat keluarnya surat pada bagian akhir dari contoh surat keterangan penghasilan ini.

Baca juga: Apa Itu Surat Permohonan Kenaikan Gaji? 

Dengan mengikuti panduan yang sudah kami jelaskan di atas, kami jamin Anda tidak akan kesulitan untuk membuat surat ini sendiri. Atau ketika mencari contoh surat pernyataan penghasilan yang baik dan benar di internet.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.