contoh surat permohonan magang

Contoh Surat Permohonan Magang Dan Penjelasannya


Notice: Undefined index: titleWrapper in /var/www/html/wp-content/plugins/seo-by-rank-math/includes/modules/schema/blocks/toc/class-block-toc.php on line 103

Bagi mahasiswa khususnya, umumnya setelah lulus masih bingung ingin kerja di mana ataukah melanjutkan kuliah atau lainnya. Namun, sebagiannya lagi justru ingin menambah pengalaman dengan mendaftar magang pada suatu instansi. Caranya adalah mengajukan permohonan pada tempat yang diinginkan. Berikut ini contoh dan penjelasan surat permohonan magang, yuk simak!!!

Apa Itu Surat Permohonan Magang?

Menurut Indeed, surat permohonan magang adalah surat untuk lamaran magang yang efektif. Surat permohonan magang adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang ingin melakukan magang di suatu perusahaan. Surat ini berfungsi sebagai permohonan resmi untuk diberikan kesempatan magang guna mendapatkan pengalaman kerja di dalam perusahaan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Contoh MoU dan Penjelasannya 

Unsur-unsur yang Wajib Ada dalam Surat Permohonan Magang

1. Kop Surat

Kop surat adalah bagian atas surat yang berisi informasi mengenai perusahaan atau institusi yang mengirimkan surat. Ini mencakup nama perusahaan, alamat, nomor telepon, alamat email dan logo.

 2. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Tempat dan tanggal penulisan surat biasanya ditempatkan di atas kanan atau kiri bawah kop surat. Ini mencantumkan kota dan tanggal di mana surat tersebut ditulis.



 3. Nama Instansi yang Dituju

Nama Instansi yang Dituju adalah nama perusahaan, organisasi, atau institusi yang menjadi tujuan surat permohonan magang Anda. Pastikan nama tersebut ditulis dengan benar dan lengkap.

 4. Identitas Diri

Identitas diri pemohon, yang meliputi nama lengkap, alamat, nomor telepon, alamat email, dan informasi kontak lainnya, biasanya ditempatkan di bawah nama instansi yang dituju.

 5. Pembuka dan Isi Surat

Pembuka surat biasanya dimulai dengan salam pembuka, seperti “Yth.” atau “Kepada,” diikuti oleh nama atau jabatan yang dituju (jika Anda tahu). Kemudian, Anda menjelaskan maksud Anda untuk menulis surat.

Isi surat harus jelas dan rinci. Jelaskan tujuan Anda untuk melakukan magang, program magang yang diinginkan, dan alasan mengapa Anda tertarik untuk belajar di perusahaan atau institusi tersebut. Sertakan informasi mengenai keterampilan atau pengetahuan yang Anda miliki yang dapat menjadi aset selama magang.

 6. Penutup Surat

Penutup surat mencakup kata-kata penutup seperti “Hormat saya” atau “Terima kasih atas perhatiannya.” Kemudian, Anda bisa menyertakan pernyataan permohonan Anda secara langsung untuk diberikan kesempatan magang di perusahaan tersebut.

 7. Nama dan Tanda Tangan

Di bawah penutup surat, Anda menulis nama lengkap Anda dan menyertakan tanda tangan Anda secara manual setelah mencetak surat tersebut. Tanda tangan menunjukkan keaslian dan keseriusan permohonan Anda.



 8. Lampiran Dokumen Pendukung

Jika ada dokumen pendukung seperti CV, portofolio, atau surat rekomendasi yang ingin Anda sertakan, Anda dapat mencantumkan ini di akhir surat sebagai lampiran. Pastikan untuk menyebutkan lampiran tersebut dalam isi surat.

Baca juga: Contoh Kop Surat dan Penjelasan Perlu Diketahui 

Contoh Surat Permohonan Magang 

1. Surat Permohonan Magang Perusahaan Bagi Freshgraduate

2. Surat Permohonan Magang Kerja di Rumah Sakit Tertentu

3. Surat Permohonan Magang Perusahaan Otomotif

4. Surat Permohonan Magang Sebagai Graphic Designer

Mencari Pengalaman Sebagai Graphic Designer


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.