Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana Namun Tetap Sopan

Pengunduran diri adalah keputusan yang sulit diambil, tetapi dalam beberapa situasi, itu bisa menjadi langkah yang diperlukan. Ketika Anda memutuskan untuk mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan atau organisasi, menulis surat pengunduran diri adalah cara formal untuk menyampaikan niat Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat surat pengunduran diri sederhana dan efektif. Ingatlah untuk selalu menyesuaikan surat pengunduran diri dengan situasi Anda sendiri.

Perbedaan Surat Pengunduran Diri Sederhana Dengan Surat Pengunduran Diri Pada Umumnya

Belakangan terdapat dua jenis surat pengunduran diri yang umum digunakan, Surat pengunduran diri tersebut adalah surat pengunduran diri sederhana dan surat pengunduran diri pada umumnya. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, ada beberapa perbedaan penting antara keduanya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara surat pengunduran diri sederhana dan surat pengunduran diri pada umumnya:

1. Format dan Struktur

Surat pengunduran diri sederhana cenderung memiliki format yang lebih singkat dan sederhana. Biasanya, surat ini terdiri dari bagian pengenalan singkat, pernyataan pengunduran diri, dan penutup yang sopan. Di sisi lain, surat pengunduran diri pada umumnya memiliki struktur yang lebih rinci dan formal. Biasanya, surat ini mencakup informasi seperti tanggal pengunduran diri, alasan pengunduran diri, penghargaan terhadap pengalaman kerja, dan penawaran bantuan selama masa transisi.

2. Bahasa yang Digunakan

Surat pengunduran diri sederhana cenderung menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan langsung ke point. Tujuannya adalah untuk mengungkapkan niat pengunduran diri dengan jelas dan tegas. Di sisi lain, surat pengunduran diri pada umumnya menggunakan bahasa yang lebih formal dan mengikuti etika bisnis yang ketat. Bahasa yang digunakan dalam surat ini lebih berbobot dan memperlihatkan apresiasi terhadap perusahaan atau organisasi tempat seseorang bekerja.

3. Detail Alasan Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri sederhana mungkin tidak mencakup detail yang mendalam tentang alasan seseorang mengundurkan diri. Biasanya, seseorang hanya memberikan alasan umum seperti “alasan pribadi” atau “kesempatan baru yang lebih baik.” Di sisi lain, surat pengunduran diri pada umumnya memberikan penjelasan yang lebih rinci tentang alasan di balik keputusan pengunduran diri. Hal ini dapat mencakup faktor seperti pertumbuhan karir, perubahan geografis, atau masalah internal dalam perusahaan.



4. Kelengkapan Informasi

Surat pengunduran diri pada umumnya lebih lengkap dalam menyediakan informasi penting. Selain alasan pengunduran diri, surat ini biasanya mencantumkan tanggal efektif pengunduran diri, permintaan tentang proses penyelesaian administratif terakhir, dan tawaran untuk membantu dalam transisi ke pengganti baru. Surat pengunduran diri sederhana cenderung tidak menyertakan detail ini.

Dalam kesimpulannya, perbedaan utama antara surat pengunduran diri sederhana dan surat pengunduran diri pada umumnya terletak pada format, bahasa yang digunakan, detail alasan pengunduran diri, dan kelengkapan informasi. Penting bagi seseorang untuk memilih format yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan situasi mereka. Terlepas dari jenis surat yang digunakan, penting untuk tetap sopan, jelas, dan menghormati proses pengunduran diri.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Sederhana Namun Tetap Profesional

Surat pengunduran diri adalah dokumen penting yang memberi tahu pihak yang berwenang bahwa Anda ingin mengakhiri hubungan kerja atau keterlibatan Anda dalam suatu organisasi atau perusahaan. Meskipun mungkin sulit untuk mengambil keputusan ini, ada cara yang sederhana dan tulus untuk menyusun surat pengunduran diri yang tepat dan profesional.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ikuti untuk menulis surat pengunduran diri yang sederhana namun efektif:

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

1. Jaga Format Surat Tetap Sederhana

Mulailah surat dengan alamat Anda di pojok kanan atas, kemudian tuliskan tanggalnya. Selanjutnya, tuliskan alamat lengkap perusahaan atau organisasi di bawah tanggal. Setelah itu, sertakan salam pembuka yang sopan, seperti “Kepada Yth. [Nama Penerima Surat]” atau “Kepada Bagian Sumber Daya Manusia.”

2. Tulislah Paragraf Pengenalan

Mulailah surat dengan paragraf yang menjelaskan niat Anda untuk mengundurkan diri. Jelaskan dengan jelas dan singkat bahwa Anda ingin mengakhiri hubungan kerja atau keterlibatan Anda dengan perusahaan atau organisasi tersebut. Sampaikan pesan ini dengan tulus dan hormat.

3. Sertakan Alasan Pengunduran Diri

Setelah paragraf pengenalan, jelaskan secara ringkas alasan di balik keputusan Anda untuk mengundurkan diri. Pastikan alasan yang Anda berikan tetap profesional dan jujur. Jika memungkinkan, berikan apresiasi kepada perusahaan atau organisasi atas pengalaman yang Anda dapatkan selama bekerja bersama mereka.

Baca juga: Apakah resign sebelum lebaran dapat thr



4. Tetapkan Tanggal Pengunduran Diri

Setelah menjelaskan alasan pengunduran diri, tentukan tanggal terakhir Anda bekerja dengan perusahaan atau organisasi tersebut. Berikan pilihan yang wajar, misalnya dua minggu atau satu bulan dari tanggal surat tersebut. Ini memberikan waktu kepada perusahaan untuk menyesuaikan dan mencari pengganti Anda.

5. Sampaikan Pesan Penutup Yang Sopan

Sebelum mengakhiri surat, sampaikan pesan penutup yang sopan seperti “Terima kasih atas perhatian Anda terhadap pengunduran diri saya” atau “Saya berharap segala yang terbaik bagi perusahaan ini di masa depan.” Tetaplah sopan dan menghormati perusahaan atau organisasi yang Anda tinggalkan.

6. Tandatangani Surat

Akhiri surat dengan menandatanganinya di bawah pesan penutup. Jika dikirim melalui email, cukup tuliskan nama lengkap Anda di bawah pesan penutup. Jika dikirim melalui pos, cetak surat, tandatangani, dan kirimkan salinan asli kepada perusahaan atau organisasi.

Pastikan untuk memeriksa kembali surat pengunduran diri Anda sebelum mengirimkannya. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa yang dapat mengganggu kesan profesional. Juga, pastikan bahwa surat tersebut mencerminkan niat Anda yang tulus untuk mengundurkan diri dengan cara yang baik.

Baca juga: Bagaimana perhitungan thr karyawan resign

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

[Alamat Perusahaan]
[Nama Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]
[Kota, Kode Pos]

Perihal: Pengunduran Diri

Yth. [Nama Atasan atau HRD],

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: [Nama Anda]
Posisi: [Posisi Anda di Perusahaan]
Departemen: [Departemen Anda]

Dengan ini mengajukan pengunduran diri sebagai karyawan [Nama Perusahaan]. Saya ingin memberikan pemberitahuan ini sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku di perusahaan kami.

Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di [Nama Perusahaan]. Selama masa kerja saya di perusahaan ini, saya telah memperoleh pengalaman dan pembelajaran yang berharga, yang akan menjadi aset berharga bagi karier saya di masa depan.

Keputusan ini bukanlah keputusan yang saya ambil dengan gegabah. Setelah mempertimbangkan dengan matang, saya merasa bahwa saat ini adalah waktu yang tepat bagi saya untuk mencari tantangan baru dan mengembangkan diri saya lebih jauh lagi.

Saya berterima kasih kepada seluruh tim dan rekan kerja yang telah memberikan dukungan dan kerjasama selama saya bekerja di perusahaan ini. Saya menghargai hubungan yang telah terjalin dan berharap kita dapat terus menjaga silaturahmi di masa depan.

Saya berkomitmen untuk menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab saya sebelum tanggal pengunduran diri yang telah ditentukan. Saya juga siap untuk membantu dalam proses transisi agar perusahaan dapat melanjutkan kegiatan operasionalnya dengan lancar.

Demikian surat pengunduran diri ini saya ajukan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya selama ini. Saya berharap semoga perusahaan terus berkembang dan sukses di masa depan.

Hormat saya,

[Tanda tangan Anda]
[Nama Anda]

Surat pengunduran diri di atas adalah contoh yang sederhana dan dapat dijadikan panduan dalam menyusun surat pengunduran diri Anda sendiri. Pastikan untuk menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pribadi Anda, serta tetap menjaga profesionalitas dalam penyampaian.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!