h riwayat hidup pabrik

Contoh Riwayat Hidup Untuk Bekerja Di Pabrik dan Formatnya

Riwayat hidup sangat penting untuk diperhatikan dalam proses seleksi rekrutmen. Jika Anda berminat untuk melamar pekerjaan di pabrik memastikan riwayat hidup yang Anda lampirkan baik dan benar wajib dilakukan. Menurut Indeed, riwayat hidup adalah dokumen terperinci terkait pengalaman karir dan akademis. Berikut ini cara membuat dan contoh riwayat hidup untuk bekerja di pabrik, yuk simak!!!

Hal-Hal Yang Harus Dicantumkan Pada Daftar Riwayat Hidup

1. Foto

Cantumkan foto Anda yang profesional. Pastikan foto tersebut memberikan kesan yang baik dan sesuai dengan konteks pekerjaan yang Anda lamar. Foto harus terlihat bersih, rapi, dan memegang standar etika profesional.

2. Deskripsi Diri

Tulis ringkasan tentang diri Anda. Deskripsi dirii adalah tempat yang baik untuk mencantumkan tujuan karir Anda, nilai-nilai Anda, atau atribut pribadi yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Ini juga bisa menjadi peluang untuk menarik perhatian perekrut dengan deskripsi yang menarik.

3. Data Diri

Cantumkan informasi kontak Anda, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Jika Anda memiliki akun LinkedIn atau situs web pribadi yang relevan dengan karir Anda, Anda juga bisa mencantumkannya di bagian ini.



4. Riwayat Pendidikan

 Urutkan pendidikan Anda secara kronologis, dimulai dari pendidikan terakhir Anda. Cantumkan nama institusi, program studi, tahun lulus, dan prestasi akademis (jika ada). Jika Anda memiliki gelar, pastikan untuk menyebutkannya dengan jelas.

5. Pengalaman Kerja

 Daftar pengalaman kerja Anda, mulai dari pekerjaan terbaru ke yang terlama. Cantumkan nama perusahaan, posisi Anda, tanggal mulai dan berakhirnya, serta tugas dan tanggung jawab utama yang Anda lakukan. Jelaskan pencapaian dan kontribusi Anda dalam pekerjaan tersebut.

6. Pengalaman Organisasi

Jika Anda memiliki pengalaman dalam organisasi, baik di sekolah, masyarakat, atau dalam peran sukarela, cantumkan ini di bagian terpisah. Sertakan nama organisasi, peran Anda, dan periode Anda terlibat dalam organisasi tersebut.

7. Keterampilan, Skill maupun Kemampuan

 Sertakan keterampilan teknis dan soft skill yang Anda miliki. Ini bisa termasuk keterampilan bahasa, pemrograman, manajemen proyek, komunikasi, dll. Pastikan untuk mencantumkan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

8. Sertifikasi

 Jika Anda memiliki sertifikasi yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar, cantumkan ini dengan jelas. Sertifikasi dapat menambah nilai pada riwayat hidup Anda dan menunjukkan kompetensi Anda dalam bidang tertentu.



9. Pencapaian dan Penghargaan

Jika Anda memiliki pencapaian khusus atau pernah mendapatkan penghargaan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar, sertakan informasi ini. Ini bisa mencakup penghargaan akademis, prestasi dalam pekerjaan sebelumnya, atau penghargaan dalam organisasi.

Baca Juga: Contoh surat pengunduran diri karyawan pabrik

Format Riwayat Hidup Untuk Bekerja Di Pabrik

1. Data Pribadi

  • Nama lengkap
  • Alamat tinggal
  • Nomor telepon
  • Alamat email
  • Tujuan Karir (Opsional): Tuliskan tujuan Anda dalam mencari pekerjaan di pabrik. Ini bisa menjadi pernyataan singkat tentang mengapa Anda tertarik bekerja di pabrik dan apa yang Anda harapkan dari pekerjaan tersebut.

2. Riwayat Pendidikan

  • Daftar pendidikan Anda, dimulai dari yang terakhir.
  • Nama institusi pendidikan (sekolah, universitas, atau lembaga pelatihan)
  • Program studi atau jurusan
  • Tahun lulus

3. Pengalaman Kerja

Daftar pengalaman kerja Anda yang relevan dengan pekerjaan di pabrik. Ini bisa mencakup pekerjaan di pabrik sebelumnya, pekerjaan terkait manufaktur, atau pengalaman yang melibatkan penggunaan mesin atau alat tertentu. Untuk setiap pekerjaan, cantumkan:

  • Nama perusahaan
  • Posisi Anda
  • Tanggal mulai dan berakhir
  • Tugas dan tanggung jawab utama yang relevan
  • Pencapaian atau kontribusi yang relevan

4. Keterampilan

  • Sebutkan keterampilan teknis yang relevan dengan pekerjaan di pabrik, seperti penggunaan mesin, pemrograman PLC, penggunaan alat berat, pemeliharaan mesin, dll.
  • Keterampilan bahasa, jika relevan, seperti bahasa Inggris atau bahasa lain yang digunakan di tempat kerja.

5. Pelatihan dan Sertifikasi

Daftar pelatihan atau sertifikasi yang relevan dengan pekerjaan di pabrik, seperti pelatihan keselamatan kerja, pelatihan penggunaan peralatan, atau sertifikasi terkait industri manufaktur.

6. Hobi dan Minat

Bagian ini opsional, tetapi Anda dapat mencantumkan minat atau hobi yang relevan atau mencerminkan sifat positif, seperti ketekunan atau kerja tim.

7. Referensi

Anda dapat menyediakan referensi jika diminta oleh perekrut. Cantumkan bahwa referensi tersedia atas permintaan.

Baca Juga : 10+ Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik Terbaru 2023

Contoh Riwayat Hidup Untuk Bekerja Di Pabrik


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.