Contoh laporan perjalanan

Contoh Laporan Perjalanan dalam Hal Struktur Penyusunan

Apa Itu Laporan Perjalanan?

Laporan perjalanan adalah dokumen penting untuk merekam menggambarkan detail dari sebuah perjalanan. Agar laporan tersebut mudah dipahami dan informatif, penting untuk mengikuti struktur baik dan terorganisir.

Menurut Gatner, Laporan penjualan adalah kumpulan metrik, data kuantitatif, dan input kualitatif yang membantu mengevaluasi kinerja penjualan dalam tim, wilayah, divisi, atau organisasi.

Dalam pendahuluan, jelaskan dengan jelas tujuan dari laporan tersebut dilakukan untuk keperluan pribadi, seperti liburan atau petualangan. Penjelasan ini akan memberikan konteks kepada pembaca mengenai alasan di balik perjalanan dan fokus laporan.

Sertakan informasi dasar seperti tanggal perjalanan, durasi, rute ditempuh, lokasi yang dikunjungi. Jelaskan dengan jelas tanggal awal dan akhir perjalanan serta lamanya berlangsung sebutkan juga rute ditempuh.

Selain itu, berikan gambaran singkat mengenai lokasi dikunjungi mengenai destinasi utama menjadi fokus. Apakah kota, negara, atau wilayah tertentu jelaskan mengapa tempat tersebut dipilih dan apa yang membuatnya menarik bagi Anda.

Baca Juga : 8 Contoh Surat Dinas untuk Berbagai Kegiatan yang Benar

Macam Macam Perjalanan Dinas

1. Lokasi

Lokasi dapat menjadi suatu pengelompokan terhadap lokasi yang akan dituju dibuatnya laporan perjalan dinas, karyawan dapat melakukan di luar negeri ataupun dalam negeri.

2. Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan seperti kegiatan pelantikan, pelatihan dan kolaborasi dengan perusahaan lain dapat menjadi salah satu jenis dibuatnya laporan perjalanan dinas.



3. Transportasi

Transportasi seperti melalui darat, udara dan laut dapat menjadi jenis dibuatnya laporan perjalanan dinas karena tergantung oleh transporasi yang digunakan selama melakukan perjalanan dinas.

Baca Juga : Cara Melamar Kerja di Dinas Pemerintahan Bagi Fresh Graduate

Struktur Laporan Perjalanan

1. Halaman Sampul

Pertama, buat halaman sampul yang mencakup judul laporan, nama penulis, tanggal perjalanan, dan mungkin logo atau gambar yang relevan.

2. Daftar Isi

Jika laporan Anda lebih panjang, pertimbangkan untuk menyertakan daftar isi dengan judul dan halaman yang mengacu pada setiap bagian laporan.

3. Pendahuluan

Di bagian ini, jelaskan tujuan laporan dan konteks perjalanan. Anda bisa menggambarkan mengapa perjalanan ini dilakukan, apa yang diharapkan, dan apa yang ingin Anda sampaikan dalam laporan.



4. Rangkuman Eksekutif

Ini adalah ringkasan singkat dari keseluruhan laporan. Sertakan poin-poin utama, temuan penting, dan hasil yang paling signifikan dari perjalanan.

5. Deskripsi Perjalanan

Di bagian ini, berikan gambaran umum tentang perjalanan. Sertakan informasi seperti tujuan perjalanan, tanggal, durasi, dan lokasi yang dikunjungi.

6. Aktivitas dan Acara

Rincikan aktivitas yang Anda lakukan selama perjalanan. Ini bisa mencakup kunjungan ke tempat-tempat tertentu, pertemuan dengan individu atau kelompok, seminar atau lokakarya yang dihadiri, dan aktivitas lain yang relevan.

7. Hasil dan Temuan

Ungkapkan temuan utama dari perjalanan Anda. Apa yang Anda pelajari? Apa yang berhasil dicapai? Sertakan data, statistik, atau informasi yang mendukung temuan Anda.

8. Pengalaman dan Insight

Bagikan pengalaman pribadi dan wawasan yang Anda dapatkan selama perjalanan. Apa yang membuat perjalanan ini berarti bagi Anda? Apa yang Anda pelajari secara pribadi atau profesional?

9. Tantangan dan Pembelajaran

Diskusikan tantangan yang Anda hadapi selama perjalanan dan bagaimana Anda mengatasinya. Apa yang Anda pelajari dari mengatasi hambatan ini?

10. Saran dan Rekomendasi

Jika relevan, berikan saran atau rekomendasi berdasarkan pengalaman Anda. Ini bisa berupa rekomendasi perbaikan atau perubahan untuk perjalanan berikutnya.

11. Kesimpulan

Ringkas kembali poin-poin utama dari laporan Anda dan berikan kesimpulan yang menggambarkan dampak perjalanan ini bagi Anda atau organisasi Anda.

12. Daftar Referensi atau Sumber

Jika Anda mengutip atau menggunakan sumber lain dalam laporan Anda, sertakan daftar referensi atau sumber yang digunakan.

13. Lampiran satu

Jika Anda memiliki data tambahan, gambar, atau informasi pendukung lainnya, Anda dapat menyertakan lampiran di bagian akhir laporan.

14. Lampiran dua

Terakhir, lampirkan catatan biaya, tiket, atau dokumen lain yang mendukung klaim atau informasi dalam laporan.

Pastikan untuk menggunakan bahasa yang jelas dan ringkas dalam laporan, serta menyertakan ilustrasi atau data yang relevan untuk mendukung poin-poin Anda.

Baca Juga : Fungsi Kartu Kuning Hingga Manfaat bagi Para Pencari Kerja

Contoh Laporan Perjalanan

1. Contoh Laporan perjalanan dinas MS Word

2. Contoh Laporan perjalanan dinas MS Excel

Baca juga: Contoh company profile


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!