cara menghadapi bos yang cerewet

10 Cara Menghadapi Bos yang Cerewet di Kantor

Cara menghadapi bos yang cerewet harus diketahui oleh setiap karyawan karena mengingat sifat atasan yang seperti ini cukup sering ditemui. Apalagi dalam bekerja seorang karyawan bukan hanya harus menyiapkan fisik saja tapi juga harus mempersiapkan mental.

Karyawan harus bisa menjadi sosok yang tahan banting karena di tempat kerja pasti akan dipertemukan dengan orang yang berbeda karakter. Pastinya tidak semua sifat orang lain di kantor bisa cocok dengan kepribadian anda dan ini yang akan menjadi tantangan.

Menurut World Health Organization (WHO), menjaga kesehata mental sangat penting bagi diri. Sehingga penting juga untuk mengetahui cara menghadapi bos yang cerewet di kantor. Berikut ini merupakan penjelasan lengkapnya, yuk simak!!!

Baca juga: Cara menghadapi atasan yang banyak maunya

Cara Menghadapi Bos yang Cerewet

1. Tetapkan Batas Waktu Berbicara

Pertama yang harus dilakukan oleh para karyawan agar bisa menghadapi atasan yang cerewet adalah menentukan batasan waktu saat berbicara dengan atasan atau orang yang cerewet. Sebaiknya anda tidak langsung memberikan sikap tidak suka kepada orang itu dan harus bisa melakukan taktik yang pintar.

Caranya dengan mengatakan diawal sebelum berbicara bahwa anda mempunyai urusan penting 10 menit lagi. Dengan begitu anda tidak akan terjebak dalam pembicaraan yang tidak ada ujungnya.

2. Tunjukan Bahasa Tubuh yang Menunjukan Anda Sedang Sibuk

Cara menghadapi bos yang cerewet selanjutnya anda harus bisa menunjukan dengan bahasa halus atau isyarat bahwa anda sedang sibuk. Misalnya saat memberikan berkas kepada atasan berikan dengan posisi berdiri.

Atau jika atasan memberikan perintah untuk duduk, anda bisa menunjukan gesture duduk tegak dan tidak menyender atau memperlihatkan posisi duduk yang nyaman. Karena jika begitu atasan akan mengartikan bahwa anda mempunyai waktu senggang dan bisa bersantai untuk mendengarkan ocehannya.

3. Dengarkan dan Jangan Dilawan

Cara menghadapi bos yang cerewet yang juga penting adalah tidak melawan perkataan atasan atau malah menyinggung secara langsung atasan yang cerewet. Coba dengarkan terlebih dahulu apa yang dikatakan atasan agar terbiasa dan bisa melakukan adaptasi dengan baik.



4. Jangan Ikut Cerewet

Cara selanjutnya anda juga sebaiknya tidak ikut cerewet saat atasan berbicara apalagi sampai berteriak pada atasan. Dalam kondisi apapun saat bekerja haruslah bertindak profesional apalagi saat didepan atasan jangan sampai mengikuti emosi sesaat.

Jika atasan sedang cerewet anda harus menghadapinya dengan sopan dan elegan, jangan sering membantah dan tidak perlu banyak bicara. Kecuali jika dibutuhkan misalnya saat anda menjelaskan kebenaran maka anda juga harus bertindak tegas.

5. Kirim Pesan Lewat Email atau Pesan Lainnya

Cara menghadapi bos yang cerewet yang lain anda bisa menggunakan aplikasi pesan seperti email atau whatsapp dan lainnya ketika ingin menghubungi atasan.  Hal ini bisa dilakukan agar anda tidak mendapatkan omelan-omelan yang berlebihan dari atasan.

Dengan begitu waktu anda tidak akan terbuang sia-sia untuk mendengarkan ocehan berlebihan dari atasan saja. Namun jika urusan benar-benar penting sebaiknya anda langsung mendatangi atasan agar tidak terjadi salah paham.

6. Jangan Biarkan Sikap Atasan Mempengaruhi Kinerja

Walaupun dalam menghadapi bos yang cerewet memang cukup mengganggu namun sebisa mungkin anda jangan terpengaruh oleh atasan tersebut. Apalagi jika ocehan atasan sampai mengganggu atau merusak konsentrasi anda saat bekerja dan membuat kinerja menurun.

Seburuk apapun perilaku atasan tetaplah bertahan dan membiasakan diri sampai anda tidak lagi merasa terganggu dengan sikap atasan. Selama sikap atau tindakan atasan tidak merugikan anda maka sebaiknya tidak perlu dipikirkan dan berfokus pada pekerjaan saja.

7. Tetap Percaya  Diri

Bos yang cerewet biasanya memang selalu memberikan kritik atau menuntut banyak hal dan tidak puas dengan hasil kerja karyawannya. Maka dari itu walaupun ada banyak kata-kata atasan yang pedas dan menyinggung sebaiknya karyawan tidak terjerumus, tertekan dan malah kehilangan percaya diri.

Seperti disebutkan sebelumnya dalam bekerja bukan hanya mempersiapkan fisik saja tapi juga harus menyiapkan mental yang kuat. Maka dari itu dasar dalam melakukan cara menghadapi bos yang cerewet ini adalah menguatkan diri dan mental dengan baik.

8. Berkomunikasi dengan Jelas

Ketika berbicara dengan bos Anda, berusaha untuk berkomunikasi dengan jelas dan tegas. Sampaikan pesan Anda dengan tegas namun hormat. Hindari penggunaan bahasa kasar atau merendahkan.



9. Jaga Keterbukaan dan Kesabaran

Cobalah untuk tetap tenang dan sabar saat berinteraksi dengan bos cerewet. Jangan terpancing untuk membalas atau menanggapi dengan emosi negatif. Sikap yang tenang dapat membantu Anda menghindari konflik yang tidak perlu.

10. Evaluasi Jangka Panjang

Pertimbangkan apakah situasi dengan bos yang cerewet adalah sesuatu yang dapat Anda toleransi dalam jangka panjang. Jika perlu, Anda bisa mencari peluang pekerjaan lain yang mungkin lebih cocok bagi Anda.

Baca juga: Cara menghadapi bos yang pilih kasih


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.