bagaimana jika tidak memiliki slip gaji?

Bagaimana Jika Tidak Memiliki Slip Gaji?

Bagaimana jika tidak memiliki slip gaji? Hal tersebut seringkali menjadi pertanyaan bagi sebagian orang yang ingin melakukan berbagai aktivitas. Contohnya dalam mendaftar untuk mengikuti kip, atau membuat sebuah kartu kredit di bank maupun instansi lainnya. 

Slip gaji sendiri merupakan surat keterangan penghasilan yang didapatkan dari perusahaan tempat bekerja. Surat ini masuk dalam surat resmi yang akan menerangkan mengenai nominal gaji yang diterima oleh karyawan secara detail dan terperinci. Surat dibuat oleh perusahaan.

Untuk pembuatannya sendiri tidak memiliki ketentuan yang baku sehingga dapat dibuat dengan mudah menggunakan bantuan bagian administrasi perusahaan. Biasanya perusahaan juga mempunyai template atau formatnya sendiri, jadi bisa mengikuti format yang ada. 

Perlu menjadi perhatian, bagaimana jika tidak memiliki slip gaji? Menjadi pertanyaan penting khususnya untuk para pengusaha yang tidak bekerja di kantor. Sebagian orang juga banyak yang tidak bekerja di kantor, sehingga cukup sulit untuk membuat sebuah slip gaji. 

Untuk membuat sebuah slip gaji memang tidak memiliki ketentuan baku, namun terdapat beberapa komponen yang wajib ada di dalamnya seperti kop perusahaan, nama dan nomor surat. Data diri karyawan yang bersangkutan serta detail untuk gajinya dan tanggal buat surat.

Pengganti Slip Gaji yang Wajib Dipahami 

Untuk pertanyaan bagaimana jika tidak memiliki slip gaji? Saat ini sudah dapat dijawab dengan mudah. Anda dapat menggantinya dengan surat keterangan lainnya, yang biasa dibuat secara khusus untuk rincian penghasilan setiap bulannya bahkan setiap tahunnya, sesuai kebutuhan. 

Pengganti slip gaji bisa dengan surat dari daerah sekitar. Anda bisa langsung datang ke kantor lurah dan bilang ingin membuat surat penghasilan. Sebab, tidak memiliki perusahaan untuk dapat membuat sebuah slip gaji untuk berbagai kepentingan yang sangat mendesak. 

1. Keterangan Penghasilan untuk Pengajuan KPR 

SURAT PERNYATAAN PENGHASILAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Skirandi

Tempat/tanggal lahir: Manado, 27 Agustus 2001

Pekerjaan: Guru

No KTP: 71719098976562

Alamat: JL. AA MARAMIS block B nomer 234

Menyatakan bahwa sampai saat ini, dokumen ini ditandatangani, saya menyatakan memiliki sejumlah penghasilan pokok rata-rata pada setiap bulannya sebesar Rp. 3.000.000. Demikian surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan dari pihak manapun. 

                                                                                                                      Manado, 31 April 2022

Mengetahui, 

Pimpinan Sekolah Gempita                                                                            Yang membuat pernyataan, 

2. Keterangan Penghasilan Wirausaha 

Bagaimana jika tidak memiliki slip gaji? Dapat digantikan dengan surat keterangan penghasilan khususnya untuk para pedagang yang membuka usaha. Hal ini bisa disetujui oleh kepala daerah pada masing-masing wilayah yang mempunyai tanggung jawab untuk membuat dokumen tersebut. 

Baca juga: Berikut Cara Menghitung Gaji Rapel untuk Kenaikan Gaji

Surat keterangan penghasilan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Desya

Tempat, tanggal lahir: Papua, 21 Oktober 1992

Alamat: Jl. Pahlawan nomor 21 Maluku 

Pekerjaan: Wirausaha

Kewarganegaraan: Indonesia 

Agama: Islam 

No KTP: 78789264829

NO KK: 756893718

Menyatakan bahwa mempunyai penghasilan sebesar Rp. 7.000.000 setiap bulan. Surat ini dibuat untuk menjadi bukti penghasilan orang tua agar mengikuti program beasiswa di Universitas merdeka. Untuk selanjutnya mohon agar dokumen ini dapat dipergunakan untuk sebaik-baiknya. 

Maluku, 18 January 2016 

Kepala Daerah                                                                              yang Bertanda tangan

3. Keterangan dari Kelurahan 

Bagaimana jika tidak memiliki slip gaji? Dapat digantikan dengan dokumen yang dibuat secara resmi melalui kantor kelurahan setempat. Jika dalam keluarga kurang mampu, anda tidak perlu lagi membuat keterangan penghasilan, cukup membuat keterangan tidak mampu dari kelurahan setempat. 

Surat Keterangan Penghasilan

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Amin Selopati 

Jabatan: Kepala Desa Kolongan 

Alamat: Desa Kolongan Rt 03, RW 004. Kecamatan paniki bawah, kabupaten malang. 

Dengan ini menerangkan bahwa, 

Nama : Acdmat Fauzi 

Jenis Kelamin: Laki-laki 

Status: Kawin

Agama: Islam 

Keperluan: Keringanan biaya Pendidikan 

Keterangan lain: Orang yang bertanda tangan memiliki penghasilan rata-rata atau tidak mampu, sebesar Rp. 500.000 per bulan. 

Berlaku mulai tanggal: 21 Oktober 2017 hingga 31 November 2017. 

Demikian surat ini dibuat untuk digunakan sebagai keperluan yang sudah dijelaskan.

Tanda tangan                                                                                                    Kepala Desa Kolongan

Baca juga: Perbedaan Gaji Nett dan Gaji Gross yang Perlu Diketahui HRD

Beberapa contoh surat di atas dapat dipelajari dan dipahami dengan baik. Beberapa dokumen dapat ditulis dan dibuat sendiri, beberapa lagi harus melakukan persetujuan pada kepala pemerintah setempat. Bagaimana jika tidak memiliki slip gaji? Dapat digantikan dengan yang lain.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!