10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

bagaimana jika gajian telat

Bagaimana Jika Gajian Telat? Lakukan Langkah Berikut Ini

Bagaimana jika gajian telat? Pertanyaan seperti ini pasti pernah terlintas di benak Anda bukan? Sebenarnya gaji adalah hak karyawan. Namun pada beberapa kasus, ada juga perusahaan yang terlambat membayarkan gaji pegawai mereka karena alasan tertentu.

Biasanya keterlambatan gaji seperti ini terjadi pada perusahaan kecil dan menengah. Pada perusahaan besar, keterlambatan sangat jarang terjadi karena manajemen payrol sudah dikelola dengan sangat baik. Terlebih lagi daya tahan perusahaan terhadap untung dan rugi juga sudah sangat kuat.

Ketika Anda sebagai karyawan mengalami kondisi seperti ini, tentu saja ada beberapa tindakan yang harus dilakukan. Hal ini wajib untuk dipahami dengan baik karena bisa meminimalisir risiko yang mungkin muncul dari keterlambatan tersebut.

Baca juga: Alasan Gen Z Sering Kutu Loncat dalam Pekerjaan

Bagaimana Jika Gajian Telat? Lakukan Tindakan Berikut Ini

Ketika Anda mengalami gajian telat tentu saja ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Di sini kami akan mengulas semua tindakan yang harus dilakukan agar keterlambatan tersebut tidak berdampak besar terhadap kehidupan pribadi dan pekerjaan.

1. Temukan penyebab keterlambatan pembayaran gaji

Hal pertama bagaimana jika gajian telat adalah mengetahui penyebab keterlambatan gaji itu sendiri. Tentunya yang paling mengetahui hal ini adalah perusahaan tempat Anda bekerja. Konsultasikan hal tersebut dengan pihak payrol atau pembayaran di perusahaan masing-masing. 

Namun pastikan untuk bertanya secara sopan dan profesional. Anda harus tetap menjaga kredibilitas diri sendiri dan perusahaan ketika mempertanyakan hal yang sensitif seperti ini. Biasanya pihak payrol akan menjelaskan dengan senang hati ketika Anda mempertanyakan hal tersebut. 

2. Jika memiliki simpanan tutup terlebih dahulu utang atau setoran bulanan rutin

Bagaimana jika gajian telat? Hal lain yang harus dilakukan ketika melewati fase ini adalah memastikan kalau setoran bulanan Anda tertutupi sesegera mungkin. Contohnya mau restoran rumah, kendaraan dan lain sebagainya. 

Jangan sampai keterlambatan gaji membuat Anda terlambat melakukan pembayaran. Jika memiliki tabungan sebaiknya gunakan tabungan terlebih dahulu untuk menutupi tagihan rutin tersebut. Tujuannya agar nama baik Anda tetap terjaga dan tidak sampai terkena BI checking. 

3. Tanyakan estimasi pembayaran gaji kepada payroll perusahaan

Bagaimana jika gajian telat? Tidak ada salahnya jika Anda menanyakan langsung kapan tepatnya gaji akan turun kepada perusahaan. Dengan estimasi pembayaran gaji yang valid, Anda pasti bisa melakukan antisipasi dengan lebih mudah nantinya.

Namun pastikan untuk meminta estimasi waktu yang benar-benar jelas. Apakah beberapa hari lagi? atau mungkin beberapa minggu lagi? Atau bisa juga mungkin dalam estimasi waktu yang yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Tanyakan hal ini secara detail.

4. Siapkan dana yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan hingga tanggal keluarnya gaji

Setelah menanyakan estimasi tanggal turunnya gaji, kini hanya tinggal mempersiapkan dana yang sesuai dengan estimasi waktu keterlambatan itu sendiri. Misalnya perusahaan menjanjikan 1 minggu kedepan, maka carilah dana atau bekal untuk menutupi kebutuhan dalam 1 minggu kedepan.

5. Melakukan penghematan dana semaksimal mungkin

Karena Anda belum menerima gaji, pastikan untuk melakukan penghematan dengan semaksimal mungkin. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu. Pastikan untuk hanya memenuhi kebutuhan pokok saja sampai gaji Anda turun sepenuhnya.

6. Pertimbangkan untuk mencari pekerjaan baru

Kredibilitas sebuah perusahaan dilihat dari kemampuan perusahaan tersebut dalam memberikan gaji tepat waktu. Lantas bagaimana jika gajian telat pada sebuah perusahaan? Kondisi seperti ini mengharuskan Anda untuk mempertimbangkan pekerjaan baru.

Carilah perusahaan yang lebih bonafit dan memberikan jaminan lebih baik kepada para karyawannya. Ketika perusahaan telah membayarkan gaji, sangat besar kemungkinan kondisinya sedang tidak baik. Anda harus melakukan antisipasi sejak awal untuk menghindari risiko yang lebih besar. 

Baca juga: Kerugian Jadi Kutu Loncat dalam Pekerjaan Perlu Diketahui

Penyebab Gajian Telat dari Perusahaan

Bagaimanapun juga, ada beberapa hal utama yang menjadi penyebab keterlambatan gaji di perusahaan. Agar Anda tidak terlalu khawatir beberapa penyebab di bawah ini harus dipahami dengan baik. 

  1. Terjadi kerusakan sistem atau kendala teknis yang tidak bisa diselesaikan dalam waktu singkat
  2. Terjadi musibah seperti kebakaran gempa bumi atau jenis bencana lainnya.
  3. Kondisi keuangan perusahaan sedang tidak baik atau defisit
  4. Kesalahan dalam transfer atau nomor tujuan rekening.
  5. Kesalahan yang dilakukan oleh admin payroll sehingga membuat gaji terlambat dibayarkan.

Baik perusahaan maupun karyawan memiliki hak dan kewajiban. Namun sebagai karyawan, kita juga harus mampu memberikan toleransi terhadap perusahaan dalam hal apapun. Lantas bagaimana jika gajian telat? Buatlah keputusan sesuai pertimbangan masing-masing. 

Bagikan Artikel: