adakah kenaikan gaji untuk PNS?

Adakah Kenaikan Gaji Untuk PNS? Hal Ini Penting Diketahui

Meskipun gaji dan tunjangan PNS lebih dari cukup untuk mensejahterakan dirinya, tetapi selalu ada pertanyaan, adakah kenaikan gaji untuk PNS? Hal ini menyinggung keputusan presiden. 

Sejak ada pandemic tahun 2019 lalu, Pemerintah lebih focus pada penanggulangan COVID19, sehingga tidak begitu concern terhadap rencana kenaikan gaji PNS. Namun, hal, ini membuat penasaran semua pihak. 

Setelah 2 tahun berlalu, tidak ada kenaikan gaji bagi PNS. Hal itu terabaikan karena adanya kasus pandemic yang menyita perhatian pemerintah. Dengan demikian, wacana naiknya gaji PNS masih isapan jempol.  

Adakah Kenaikan Gaji untuk PNS? Ini Penjelasannya

Pada dasarnya setiap gaji dan fasilitas yang diberikan untuk PNS sangat tergantung pada kebijakan  pemerintah, terutama keputusan presiden. Maka dari itu, kenaikan gaji PNS tidak diselenggarakan setiap tahun. 

Meskipun demikian, besaran gaji dan tunjangan yang telah ditetapkan sebelumnya tidak  akan mengurangi kesejahteraan ASN tersebut. Apabila ada pertanyaan mengenai adakah kenaikan gaji untuk PNS? Jawabannya ada tetapi tidak setiap tahun. 

Naiknya penghasilan tersebut dipengaruhi oleh pemangku jabatan keputusan Menteri terkait karena mempertimbangkan banyak factor seperti kondisi ekonomi dan anggaran pemerintah. Mengingat, gaji ASN cukup menyita RB Negara.     

Itulah mengapa perlu dirapatkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menaikkan gaji PNS. Baru-baru ini beredar kabar bahwa penghasilan pegawai negeri akan naik sebesar 7% pada tahun 2023. Hal ini bukti bahwa naiknya penghasilan pegawai negeri  akan selalu ada. 

Namun, kabar pemberitaan tersebut menuai polemic berbagai pihak,  terlebih adanya PEMILU yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat, sehingga hal ini terkesan sebagai taktik untuk para peserta pemilu.  

Hal ini juga menjadi jawaban atas pertanyaan, adakah kenaikan gaji untuk PNS? Namun, hal ini selalu menjadi polemic serta melibatkan banyak pihak terkait untuk membuat keputusan bersama.

Hal tersebut dikarenakan berkaitan dengan RB negara, sehingga anggaran negara ini harus dipertimbangkan masak-masak agar tidak ada pihak yang dirugikan. Terlebih nilai RB untuk PNS ini cukup besar. 

Maka dari itu, wacana kenaikan tersebut masih berupa rumor yang belum pasti kebenarannya. Terlebih, kenaikan ini sering dimanfaatkan oleh beberapa pihak sebagai politik praktis menjelang pemilu. 

Hal ini menjadi keputusan yang riskan bagi Pemerintah sendiri karena melibatkan banyak pihak terkait yang memiliki peranan penting dalam membuat kebijakan terutama berhubungan langsung dengan keputusan presiden. 

Haruskah PNS naik Gaji?

Meskipun penghasilan dan tunjangannya sudah cukup besar, namun tuntutan kenaikannya akan selalu ada. Hal ini berkenaan dengan hak sebagai pegawai pada umumnya. Hak tersebut berupa mendapatkan penghasilan yang layak. 

Dengan demikian, seorang ASN juga harus mendapatkan haknya untuk mendapatkan kenaikan penghasilannya. Terlepas dari besar kecilnya penghasilan yang diterima oleh pegawai negeri, adakah kenaikan gaji untuk PNS?  Terlebih kenaikannya merupakan hak yang tidak bisa ditolerir. 

Namun, sebelum memutuskan hal tersebut terdapat beberapa factor yang harus dipertimbangkan oleh Pemerintah bila ingin memutuskan untuk menaikkan penghasilan pegawai negeri, berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan:

  1. Kondisi Ekonomi dan Anggaran Pemerintah

Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan kenaikan penghasilannya adalah mempertimbangkan kondisi ekonomi dalam negeri. Pastikan tidak ada pihak yang dirugikan dalam kenaikan tersebut.  

Terlebih, kenaikan ini berkaitan dengan anggaran Pemerintah dan menguras RB. Dengan demikian, hal ini harus dirapatkan bersama dengan Menteri keuangan. Agar Menteri keuangan bisa menilai haruskah PNS naik gaji?

Baca juga: Jenis tunjangan pns

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Apabila ada pertanyaan, adakah kenaikan gaji untuk PNS? Jawabannya sudah pasti ada. Terlebih, kenaikan tersebut bertujuan sebagai transformasi pengelolaan manajemen SDM yang bermutu dan kompeten. 

Maka dari itu, kenaikan penghasilan pegawai negeri harus dilakukan untuk memacu kompetensi SDM PNS yang kredibel serta berbobot. Pertimbangan ini sangat penting dilakukan agar Indonesia memiliki ASN yang berkompeten, terintegrasi baik. 

  1. Tingkat Kesejahteraan Menurun

Hal lain yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menaikkannya, yaitu tingkat kesejahteraan ASN sendiri. Karena tidak etis bila seorang yang mengabdi pada negara tidak memiliki kesejahteraan cukup.

Itulah mengapa factor ini harus dipertimbangkan, agar kesejahteraan ASN tetap stabil sehingga tidak terkesan adanya ketimpangan sosial dalam badan kepegawaian Pemerintah itu sendiri karena bisa terjadi penurunan kualitas kerja.

Menjadi seorang ASN, diidamkan karena besaran penghasilannya. Namun, menjadi seorang ASN juga ternya tidak mudah. Terlebih beberapa kebijakan terkait penghasilannya dan adanya pertanyaan mengenai adakah kenaikan gaji untuk PNS? 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!