alasan tidak menerima counter offer

5 Alasan Tidak Menerima Counter Offer Bagi yang Ingin Resign

Alasan tidak menerima counter offer tentu sangat beraneka ragam. Ketika Anda berniat mengundurkan diri dari suatu perusahaan, tentu pastinya telah memikirkan banyak perihal. Pada saat yang seperti inilah, godaan sering timbul yang membuat kita batal mengundurkan diri. 

Godaan itu dapat berbentuk promosi jabatan ataupun pendapatan gaji lebih yang ditawarkan oleh atasan kita. Tawaran yang diucap ini dicoba atasan dalam upaya menahan supaya kita tetap bekerja di industri. Untuk membantu Anda, berikut ini alasan tidak menerima counter offer bagi yang ingin resign. yuk simak!!!

Apa Itu Counter Offer?

Menurut Legal Information Institut, counter offer merupakan penawaran baru yang secara signifikan mengubah ketentuan penawaran awal kontrak kerja.

Counter offer saat ingin resign dari pekerjaan adalah respons yang diberikan oleh perusahaan ketika mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan saat ini. Hal ini terjadi ketika perusahaan ingin mempertahankan karyawan dan menawarkan insentif atau perubahan tertentu dalam upaya untuk mencegah meninggalkan perusahaan.

Baca Juga : Apa Itu Sales Counter?

Alasan Perusahaan Melakukan Counter Offer

1. Perusahaan Sadar Untuk Mencari Pengganti Karyawan Untuk Posisi Tersebut Cukup Sulit Dan Memakan Waktu

Terkadang, mengisi posisi yang akan ditinggalkan oleh seorang karyawan yang ingin resign bisa menjadi tugas yang sulit. Ini mungkin karena karyawan tersebut memiliki keterampilan atau pengetahuan khusus yang sulit ditemukan di pasar kerja atau memerlukan waktu yang lama untuk melatih pengganti yang cocok. Dalam hal ini, perusahaan mungkin melakukan counter offer untuk mempertahankan karyawan yang memiliki kompetensi tersebut.

2. Meminimalkan Biaya Perekrutan Dan Pelatihan Karyawan Pengganti

Perekrutan dan pelatihan karyawan baru dapat menjadi biaya yang signifikan bagi perusahaan. Dengan menawarkan counter offer kepada karyawan yang ingin resign, perusahaan dapat menghindari biaya ini dan tetap memanfaatkan investasi yang telah dilakukan dalam karyawan yang sudah ada.



3. Menghindari Memberikan Beban Kerja Berlebih Kepada Seluruh Tim Karena Karyawan Yang Resign

Ketika seorang karyawan pergi, tugas dan tanggung jawab mereka sering harus dibagikan kepada anggota tim lainnya. Ini bisa meningkatkan beban kerja dan stres pada tim yang tersisa. Dengan melakukan counter offer, perusahaan dapat mempertahankan karyawan yang ingin resign dan mencegah peningkatan beban kerja yang tidak diinginkan pada tim.

4. Mempertahankan Pengetahuan Yang Dimiliki Karyawan Tentang Proses Bisnis Perusahaan

Karyawan yang telah bekerja dalam perusahaan untuk waktu yang lama mungkin memiliki pemahaman mendalam tentang proses bisnis, sistem, atau hubungan dengan pelanggan yang sulit digantikan. Dalam situasi seperti ini, perusahaan mungkin ingin mempertahankan karyawan tersebut agar tidak kehilangan pengetahuan berharga tersebut.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

5. Mencegah Karyawan Bersangkutan Untuk Pindah Ke Kompetitor

Jika perusahaan memiliki persaingan yang ketat dengan pesaing di industri, mereka mungkin tidak ingin karyawan yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan tentang bisnis mereka pindah dan bergabung dengan pesaing. Dengan menawarkan counter offer, perusahaan dapat mencoba mempertahankan karyawan tersebut dan mencegahnya bergabung dengan kompetitor.

Baca juga: Kapan Harus Memberikan Counter Offer di Saat yang Tepat

Alasan Tidak Menerima Counter Offer Bagi yang Ingin Resign

1. Masalah Tidak Terselesaikan dengan Counter Offer

Terkadang, alasan utama seseorang ingin mengundurkan diri tidak hanya terkait dengan kompensasi finansial. Masalah seperti kurangnya pengakuan, kurangnya kepuasan kerja, atau masalah dengan lingkungan kerja mungkin tidak dapat diatasi dengan menaikkan gaji atau memberikan tunjangan tambahan. Jika masalah ini tidak diatasi secara menyeluruh, menerima counter offer mungkin hanya mengatasi masalah secara sementara.



2. Tidak Ada Kesempatan untuk Mengembangkan Karier

Kepuasan di tempat kerja tidak selalu hanya terkait dengan gaji. Banyak orang menginginkan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dalam karier mereka. Jika perusahaan tidak memberikan jaminan atau rencana yang jelas untuk pengembangan karier, seseorang mungkin masih memilih untuk pergi ke perusahaan lain yang menawarkan peluang tersebut.

3. Loyalitasmu akan Dipertanyakan

Menerima counter offer dapat menyebabkan perusahaan mempertanyakan loyalitas Anda. Terkadang, meskipun Anda menerima counter offer, perasaan tidak diinginkan atau ketidakpercayaan dari atasan atau rekan kerja bisa tetap ada. Hal ini dapat mempengaruhi hubungan Anda di tempat kerja.

4. Peluang Baru

Jika Anda telah menerima tawaran pekerjaan dari perusahaan lain yang menawarkan lebih dari sekadar kompensasi finansial, seperti budaya kerja yang lebih sesuai atau proyek-proyek yang menarik, maka menerima counter offer mungkin tidak sebanding. Peluang baru tersebut mungkin lebih sesuai dengan tujuan dan prioritas Anda dalam karier.

Baca juga: Cara Menolak Interview Kerja yang Baik dan Benar


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!