kekayaan prabowo

Menelusuri Sumber Kekayaan Prabowo Subianto: Dari Militer hingga Bisnis Multisektor!

Prabowo Subianto, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Indonesia, merupakan salah satu tokoh publik yang seringkali menarik perhatian publik terkait dengan kekayaannya. 

Namun, sebelum kita menjelajahi lebih dalam sumber-sumber kekayaan Prabowo, mari kita terlebih dahulu memahami sejumlah fakta kunci yang telah diungkapkan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan data lainnya.

Harta Kekayaan Prabowo Subianto

Berdasarkan data LHKPN tahun 2018, total kekayaan Prabowo Subianto sebelum ia menjabat sebagai Menteri Pertahanan mencapai angka luar biasa sekitar Rp1,95 triliun. 

Namun, data ini tidak berhenti di sana. Prabowo terus melaporkan hartanya kepada LHKPN pada tahun 2019 dan 2020, yang menghasilkan peningkatan signifikan dalam jumlah kekayaannya.

Pada tahun 2019, kekayaannya meningkat sebesar Rp.55 miliar. Selanjutnya, pada tahun 2020, kekayaannya bertambah sekitar Rp.24 miliar dari tahun sebelumnya. Dalam dua tahun terakhir sejak menjabat sebagai Menteri Pertahanan, terjadi kenaikan sekitar Rp79 miliar dalam jumlah kekayaannya.

Sumber Kekayaan Prabowo Subianto

Sumber kekayaan Prabowo Subianto sangat beragam, mencakup berbagai bidang yang berbeda. Berikut adalah beberapa sumber utama kekayaannya:

1. Tanah dan Bangunan

Prabowo memiliki aset berupa tanah dan bangunan senilai Rp.273,32 miliar yang tersebar di Jakarta Selatan dan Bogor. Ini menunjukkan bahwa properti merupakan salah satu pilar utama dalam kekayaannya.

2. Perusahaan

Prabowo juga memiliki sejumlah perusahaan yang beroperasi di berbagai sektor, termasuk pertambangan dan kehutanan. Beberapa perusahaan tersebut antara lain PT Tanjung Redeb Hutani, PT Kiani Kertas, PT Tusam Hutani Lestari, Nusantara Kaltim Coal, dan Nusantara Energy.



3. Alat Transportasi dan Mesin

Dalam hal transportasi dan mesin, Prabowo memiliki delapan kendaraan senilai Rp1,25 miliar. Ini termasuk berbagai jenis kendaraan seperti Toyota Alphard, Honda CRV Jeep, Land Rover Jeep, dan lainnya.

4. Harta Bergerak dan Surat Berharga Lainnya

Selain itu, Prabowo juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp16,35 miliar dan surat berharga senilai Rp1,70 triliun. Kas dan setara kas senilai Rp2,52 miliar serta harta lainnya senilai Rp40 miliar juga menjadi bagian dari portofolio kekayaannya.

Baca juga: Berapa Kekayaan Lisa Blackpink? Diperkirakan Mencapai 20 juta Dolar AS

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

8 Perusahaan Milik Prabowo Subianto

Selanjutnya, mari kita melihat lebih dekat beberapa perusahaan yang dimiliki oleh Prabowo Subianto. Ini akan memberikan wawasan lebih dalam tentang sumber-sumber kekayaannya dan berbagai sektor yang dia geluti.

1. PT Nusantara Energy

PT Nusantara Energy adalah holding company yang didirikan pada tahun 2001. Perusahaan ini bergerak dalam berbagai sektor dengan tujuan meningkatkan pendapatan perusahaan serta kesejahteraan sumber daya manusia, pemegang saham, dan karyawan.

2. PT Nusantara Kaltim Coal

Anak perusahaan dari PT Nusantara Energy, PT Nusantara Kaltim Coal, didirikan pada tahun 2005. Perusahaan ini memiliki hak konsesi untuk tambang batu bara seluas 60.000 hektar di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.



3. PT Tusam Hutani Lestari

PT Tusam Hutani Lestari berlokasi di pegunungan Aceh Tengah, Nanggroe Aceh Darussalam, dan memiliki konsesi seluas 97.300 hektar untuk pohon pinus jenis merkusii. Izin pengelolaannya berlaku hingga tahun 2042.

4. PT Kertas Nusantara

PT Kertas Nusantara adalah perusahaan pengolah kertas dan bubur kertas yang berlokasi di Kalimantan Timur. Perusahaan ini memiliki luas mencapai 223.500 hektar dan telah mengalami perubahan nama setelah dibeli oleh Prabowo.

5. PT Tanjung Redeb Hutani

Prabowo Subianto juga memiliki perusahaan di bidang kehutanan dan perkebunan seluas 180.330 hektar dengan izin pengelolaan yang berlaku hingga tahun 2023 di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

6. PT Kiani Hutani Lestari

PT Kiani Hutan Lestari bergerak di bidang kehutanan dan perkebunan dengan luas mencapai 53.083 hektar di Kalimantan Timur.

7. PT Jaladri Swadesi Nusantara

PT Jaladri Swadesi Nusantara adalah perusahaan penangkapan ikan komersil yang menggunakan armada The Purse Seiner dengan 1.331 berat GT dan panjang 70 meter. Armada ini memiliki nilai yang mencapai 10 juta dolar AS dan mampu menghasilkan 1.000 ton ikan tuna per bulan.

8. PT Belantara Pusaka

Terakhir, PT Belantara Pusaka berlokasi di Kalimantan Timur dan memiliki luas 15.610 hektar dengan izin pengelolaan yang berlaku hingga tahun 2035.

Baca juga: Berapa Kekayaan Sisca Kohl? Mengupas Kisah Sukses di Balik Konten Mewah

Dengan portofolio bisnis yang begitu beragam, Prabowo Subianto telah mengumpulkan kekayaan yang mengesankan selama bertahun-tahun. Sebagai seorang pejabat negara yang patuh dalam melaporkan LHKPN, transparansi mengenai sumber kekayaannya telah diungkapkan kepada publik. 

Kini, kita dapat lebih memahami sumber-sumber kekayaan Prabowo Subianto yang mencakup properti, bisnis, dan investasi di berbagai sektor.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!