kekayaan jusuf hamka

Kekayaan Jusuf Hamka: Kisah Sukses dan Kebaikan Tanpa Batas

Apakah Anda mengenal Jusuf Hamka? Sudah tahu berapa kekayaan Jusuf Hamka? Di balik gemerlapnya kehidupan sejumlah individu terkenal, terkadang ada kisah-kisah inspiratif yang layak untuk diungkap. Salah satunya adalah Jusuf Hamka. Dalam dunia bisnis Indonesia, nama Jusuf Hamka memancarkan kilauan kekayaan yang mengagumkan. 

Terkenal sebagai seorang pengusaha sukses, namun apa yang sebenarnya tersimpan di balik sosok “Babah Alun” ini? Mari kita telaah lebih dalam profilnya serta sumber kekayaannya yang tak hanya mengagumkan, tapi juga memiliki sentuhan kemanusiaan yang memikat.

Mengenal Jusuf Hamka

Lahir di Samarinda pada 5 Desember 1957, Jusuf Hamka, yang sebelumnya dikenal dengan nama Alun Joseph, tumbuh dalam suasana sederhana di Jakarta Pusat. Dalam masa kecilnya, ia bahkan menjalani kegiatan jualan makanan di sekitar masjid Istiqlal, menunjukkan semangat berwirausaha sejak dini. Pada usia 23 tahun, ia memutuskan untuk memeluk agama Islam dan mengubah namanya menjadi Jusuf Hamka, terinspirasi oleh Buya Hamka.

Meskipun memiliki pengalaman di berbagai perguruan tinggi, termasuk Universitas Jayabaya dan Columbia College, Vancouver, minatnya lebih kepada dunia bisnis daripada formalitas akademis. Menariknya, ia bahkan mengalami masa pengangguran selama 14 tahun sebelum akhirnya menemukan jalan suksesnya.

Prestasi gemilangnya dimulai ketika ia menjadi Direktur Utama serta pemegang mayoritas saham di PT. Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP). Dari sinilah, perlahan kekayaannya mulai membesar.

Baca juga: Menyingkap Kekayaan Erick Thohir: Dari Pengusaha Hingga Pejabat Negara

Kekayaan Jusuf Hamka: Di Balik Jaringan Bisnis Jalan Tol

1. PT. Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP)

Salah satu pilar utama kekayaan Jusuf Hamka adalah PT. CMNP, sebuah perusahaan konstruksi yang terlibat dalam proyek jalan tol di berbagai kota Indonesia. Proyek-proyek megah seperti Harbour Road 2 di Jakarta dan NS LINK di Bandung menandakan eksistensinya di ranah konstruksi.

2. Daftar Ruas Tol dan Konsesi

Kekayaan Jusuf Hamka tercermin dalam kepemilikannya terhadap beberapa ruas tol di Indonesia:

  • Jalan Tol Waru – Juanda: Ruas tol ini, dengan kepemilikan sebesar 96,83%, menjadi akses utama dari Bandara Juanda Surabaya.
  • Ruas Tol Bogor Outer Ring Road: Dengan panjang sekitar 11 kilometer, ruas tol ini telah beroperasi sejak tahun 2009.
  • Tol Pelabuhan: Juga dikenal sebagai Tol Ancol, ruas tol ini memiliki panjang sekitar 13 kilometer dan akan terhubung dengan Tol Pelabuhan II yang sedang dibangun.
  • Jalan Tol Depok – Antasari: Jusuf Hamka memiliki kepemilikan melalui PT. Citra Waspphutowa. Ruas tol ini memiliki panjang sekitar 21 kilometer dan akan terhubung hingga Kabupaten Bogor.
  • Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan: Melalui PT. Citra Karya Jabar Tol, ia menguasai konsesi di ruas tol ini sebesar 51%. Panjangnya hampir 60 kilometer dan beroperasi sejak 2022.
  • Ruas Tol Ir. Wiyoto Wiyono Cawang – Tanjung Priok: Merupakan ruas tol pertama di Indonesia yang menggunakan sistem layang dengan Teknik Sosrobahu. Panjangnya sekitar 15 kilometer.
  • Tol Soreang – Pasirkoja: Jusuf Hamka memiliki konsesi pembangunan sebesar 69,32%. Menghubungkan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung.

Meskipun memiliki kekayaan yang melimpah, Jusuf Hamka adalah sosok yang dermawan dan peduli pada masyarakat. Ia bercita-cita membangun 1.000 masjid bergaya oriental di seluruh Indonesia. Tindakannya menunjukkan bahwa kekayaan bisa menjadi alat untuk memberi dampak positif pada banyak nyawa.

Baca juga: Berapa Kekayaan Putra Siregar? Kisah Sukses dan Sumber Kekayaan yang Menginspirasi

Jusuf Hamka, dengan segala prestasinya, telah membuktikan bahwa kesuksesan bisa diraih melalui dedikasi dan tekad kuat. Dari masa kecil yang sederhana hingga menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia, perjalanan hidupnya menginspirasi banyak orang untuk menggapai mimpi mereka sendiri. Keberhasilannya dalam dunia bisnis jalan tol tidak hanya menciptakan kekayaan, tetapi juga memberi contoh tentang bagaimana kekayaan bisa digunakan untuk memajukan kemanusiaan.

Dengan proyek-proyek jalan tol yang ia kelola, Jusuf Hamka telah meninggalkan bekas yang tak terhapuskan dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Kisah hidupnya mengingatkan kita bahwa setiap tantangan adalah peluang, dan setiap usaha yang tulus akan menghasilkan hasil yang luar biasa. Jusuf Hamka, atau Babah Alun, adalah bukti hidup bahwa di balik deretan jalan tol yang membentang, ada kisah luar biasa yang patut diapresiasi.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!