kekayaan erick thohir

Menyingkap Kekayaan Erick Thohir: Dari Pengusaha Hingga Pejabat Negara

Dalam peta kekayaan Indonesia, sosok Erick Thohir muncul sebagai salah satu pejabat terkaya. Tak hanya dikenal sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Thohir juga memiliki sejarah yang kaya dalam bisnis, olahraga, dan politik. 

Artikel ini akan mengungkap rahasia di balik kekayaannya yang mencapai triliunan serta menyelami berbagai sumber pendapatan yang telah mengantarkannya meraih puncak kesuksesan.

Profil Kekayaan Erick Thohir

Sebagai seorang pejabat negara, melaporkan kekayaan adalah kewajiban. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), total kekayaan Erick Thohir tercatat mencapai angka mengesankan, yakni Rp2,3 triliun. Namun, angka ini hanya sebatas refleksi, ia memiliki harta yang jauh lebih dalam dan bervariasi.

Tak hanya dikenal dalam satu bidang, Erick Thohir memiliki eksistensi kuat dalam bisnis, olahraga, dan politik. Ketiga bidang ini saling melengkapi dalam membentuk kekayaannya yang luar biasa.

Rincian Harta Kekayaan Erick Thohir

1. Kepemilikan Tanah dan Bangunan

Salah satu pilar kekayaan Erick Thohir terletak pada kepemilikan tanah dan bangunan. Properti-properti berharga tersebar di berbagai wilayah seperti Bandung, Bogor, Bekasi, Tangerang, Jakarta Selatan, Depok, Manggarai Barat, dan Pasuruan. Dari jumlah tersebut, harganya bervariasi dari Rp650 juta hingga mencapai Rp60 miliar, menghasilkan total lebih dari Rp364 miliar.

Baca juga: Berapa Kekayaan Putra Siregar? Kisah Sukses dan Sumber Kekayaan yang Menginspirasi

2. Kendaraan dan Mesin

Selain tanah, kendaraan dan mesin juga berkontribusi dalam kekayaan Thohir. Kendaraan mewah seperti mobil Mercedes Benz tahun 1969 senilai Rp110 juta dan mobil Mercedes Benz 2016 senilai Rp1,76 miliar menjadi bagian dari harta tersebut. Tak hanya mobil, kepemilikan motor Honda NF125TR tahun 2011 senilai Rp6,5 juta juga ikut melengkapi total aset ini, yang mencapai lebih dari Rp1,8 miliar.



3. Surat Berharga

Kepemilikan surat berharga juga memiliki peran sentral dalam kekayaan Thohir. Berdasarkan LHKPN, surat berharga senilai Rp1,7 triliun serta harta bergerak senilai Rp27 miliar menjadi bagian dari portofolio investasinya. Jumlah ini tidak hanya terbatas pada surat berharga, namun juga termasuk kas dan setara kas senilai Rp209 miliar serta harta lainnya senilai Rp159,2 miliar.

Sumber Kekayaan Erick Thohir

1. Perusahaan Tambang dan Kelapa Sawit

Erick Thohir memiliki sejarah panjang dalam dunia bisnis, salah satunya adalah kepemilikan perusahaan tambang dan kelapa sawit. PT Adaro Energy Tbk, perusahaan batu bara terkemuka yang berbasis di Indonesia, merupakan bagian integral dari kekayaannya. Meskipun saat ini lebih fokus pada tugasnya sebagai Menteri BUMN, pendapatan dari sektor pertambangan ini turut menyumbang pada akumulasi kekayaannya.

2. Perusahaan Media

Mahaka Group, perusahaan media yang didirikan bersama teman-temannya, menjadi salah satu sumber pendapatan penting Thohir. Dari radio hingga televisi, media cetak hingga daring, Mahaka Group merajut jaringan luas di berbagai bidang media. Kepemilikan saham di perusahaan media lain seperti Harian Republika, Republika Online, dan JAK TV semakin memperkaya portofolio bisnisnya.

3. Klub Sepak Bola

Kecintaan Thohir pada olahraga, khususnya sepak bola, mendorongnya menjadi pemilik saham klub sepak bola di dalam dan luar negeri. Dari Persis Solo hingga Oxford United, jejak kepemilikan klub ini melintasi batas-batas geografis. Meskipun saat ini ia lebih banyak fokus pada jabatannya sebagai menteri, jejaknya dalam dunia sepak bola masih menjadi bagian dari cerita suksesnya.



4. Event Organizer

Pemasukan dari bisnis event organizer juga menambah deretan sumber kekayaan Thohir. Mahaka Group mengakuisisi saham mayoritas dalam Alive! Indonesia, perusahaan yang berfokus pada penyelenggaraan acara dan aktivasi merek. Dengan proyek-proyek besar yang pernah ditanganinya, bisnis ini telah mengalirkan pendapatan yang signifikan.

Baca juga: 7 Cara untuk Mengembangkan Upaya Berpikir Inovatif dalam Berwirausaha

Erick Thohir bukan sekadar seorang pejabat negara, ia adalah sosok yang merangkai kisah sukses melalui berbagai bidang. Dari bisnis hingga olahraga, kekayaannya yang fantastis bukan semata hasil dari jabatannya sebagai Menteri BUMN. 

Keberanian untuk menjelajahi berbagai lini telah membentuknya menjadi inspirasi bagi banyak pengusaha muda. Tentu saja, langkah suksesnya bukanlah tanpa usaha dan komitmen yang kuat dalam membangun keberagaman sumber pendapatan. Bagi yang ingin mengikuti jejaknya, sebuah mindset keuangan yang baik adalah langkah pertama menuju puncak kesuksesan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!