cara dapat uang dari TikTok untuk pemula

5 Cara dapat Uang dari TikTok untuk Pemula dan Mudah

Banyak orang yang mencari cara dapat uang dari TikTok untuk pemula. Padahal media sosial berbasis video satu ini tidak selalu memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mendapatkan uang.

Sebagai member, paling tidak kita harus berusaha apabila ingin mendapatkan dana tambahan dari platform tersebut. Misalnya saja dengan belajar membuat konten atau malah terjun berdagang di sana.

Meski tidak mudah, tetapi langkah tersebut layak dicoba bagi para pemula. Untuk langkah lebih lengkapnya agar bisa mendapatkan uang melalui platform tersebut dapat Anda simak berikut ini. 

Cara dapat Uang dari TikTok untuk Pemula

Ada banyak jalan untuk mendapatkan rezeki bagi kita. Salah satunya dengan menggunakan media sosial yang dapat menjaring lebih banyak orang. 

Dengan luasnya jejaring tersebut, kita akan mudah melakukan apa pun dalam mengais rezeki. Contohnya saja dengan menjual produk atau jasa, hingga membuat konten bermanfaat berbentuk tips and trick.

Maka, tidak heran orang mulai berlomba-lomba agar bisa memanfaatkan media sosial seperti TikTok dalam mencari nafkah. 

Bagi pemula yang ingin mendapatkan uang dari platform tersebut, ada beberapa cara dapat uang dari TikTok untuk pemula yang dapat dilakukan, di antaranya:

  1. Menjadi Content Creator

Cara dapat uang dari TikTok untuk pemula pertama dan paling umum dilakukan oleh para pengguna dalam mendapatkan uang adalah dengan menjadi content creator. 

Konten yang dibuat harus menarik dan kreatif agar bisa menarik perhatian banyak orang. Ketika akun sudah cukup populer, biasanya perusahaan atau brand akan menawarkan kerjasama untuk mempromosikan produk mereka.

Dari penawaran produk yang relevan dengan konten kita inilah uang akan mengalir dengan sendirinya. 

Baca juga: Cara mendapatkan uang dari tiktok dengan menonton video

  1. Join Program TikTok Creator Fund

TikTok memiliki program khusus yang disebut TikTok Creator Fund. Program ini memberikan kesempatan pada content creator untuk mendapatkan uang dari media sosial satu ini. 

Jika ingin bergabung dengan program ini, akun TikTok harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti jumlah followers, jumlah tayangan video, serta kesesuaian konten dengan panduan komunitas.

Hasilnya sendiri memang tidak sebanyak dari penawaran brand ternama ketika mengajukan kerja sama. Namun, cara dapat uang dari TikTok untuk pemula melalui Creator Fund masih sangat ampuh untuk dicoba.

  1. Mengikuti Challenge yang Diadakan oleh TikTok

Media sosial satu ini juga sering mengadakan challenge yang bisa diikuti oleh pengguna. Para pemenang challenge tersebut akan mendapatkan hadiah yang cukup besar. 

Challenge ini biasanya diikuti oleh banyak pengguna, sehingga dapat meningkatkan popularitas akun dan kesempatan dalam mendapatkan uang.

Namun, perlu diperhatikan ketika mengikuti challenge yang ada. Usahakan agar tidak mengikuti challenge berbahaya karena di awal perilisannya, media sosial ini pernah mendapatkan kecaman karena adanya challenge berbahaya.

  1. Menawarkan Jasa Endorsement

Jika akun sudah cukup populer, content creator bisa menawarkan jasa endorsement pada perusahaan atau brand. Dalam hal ini, content creator akan dipilih oleh perusahaan untuk mempromosikan produk mereka. 

Besaran honor atau bayaran akan disesuaikan dengan jumlah followers dan tingkat popularitas dari content creator tersebut.

  1. Menjual Produk atau Jasa

Cara dapat uang dari TikTok untuk pemula kelima ini lebih sering dilakukan karena lebih mudah. Jika memiliki produk atau jasa yang bisa dijual, content creator bisa memanfaatkan akun untuk mempromosikannya. 

Dalam hal ini, konten yang dibuat harus relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini bisa meningkatkan popularitas produk atau jasa, sehingga meningkatkan kesempatan dalam mendapatkan uang.

Namun, perlu diingat, membangun popularitas dan mendapatkan uang di TikTok bukanlah hal mudah. Dibutuhkan waktu dan usaha yang cukup besar dalam membangun akun TikTok yang populer. 

Selain itu, pengguna juga harus mematuhi aturan dan panduan komunitas TikTok agar menghindari terkena banned atau suspend.

Gunakan Fitur TikTok untuk Memaksimalkan Pendapatan

Selain lima cara di atas, kita juga harus memaksimalkan fitur dari platform ini untuk memaksimalkan pendapatan. Ada beberapa fitur yang dapat dipakai oleh pemula, seperti

  1. Live Streaming: Anda bisa mendapatkan lebih banyak penggemar sekaligus semakin dekat dengan pengikut melalui fitur ini.
  2. TikTok Ads: Jika ingin menaikkan konten dan menjangkau lebih banyak orang, Anda juga dapat memaksimalkan fitur ini.
  3. Affiliate Marketing: Ketika menggunakan barang dari perusahaan lain, Anda juga dapat memasang link affiliate untuk menjual produk tersebut.
  4. Dukungan Penggemar: Biasanya berupa bonus atau hadiah yang diberikan ketika kita sedang melakukan Live Streaming untuk mengapresiasi konten kita.
  5. TikTok Shop: Jika output kita jualan produk, maka fitur satu ini akan lebih bermanfaat layaknya marketplace pada umumnya.

Dengan lima fitur tersebut, Anda dapat memaksimalkan cara dapat uang dari TikTok untuk pemula dengan mudah. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!