biaya admin shopee

Tarif Lengkap Biaya Admin Shopee yang Mesti di Tanggung Seller

Shopee, platform e-commerce terkemuka, telah menyaksikan peningkatan pesat dalam jumlah penjualnya, menjadikannya penting bagi calon penjual untuk memahami struktur biaya admin yang baru. Mulai Januari 2023, tarif yang diperbarui ini memiliki kepentingan yang signifikan bagi penjual yang akan datang, termasuk berbagai biaya layanan lainnya. Mari kita telusuri rincian khusus dari biaya-biaya ini dan biaya terkait lainnya, memastikan baik penjual baru maupun berpengalaman tetap terinformasi dengan baik.

Mengungkap Struktur Biaya Admin Shopee Seller

Menavigasi ranah ekosistem penjual Shopee melibatkan pemahaman tentang jaringan rumit dari biaya admin. Sebagai pasar dengan berbagai penawaran, Shopee mengklasifikasikan biaya admin penjualnya ke dalam tingkatan yang berbeda. Tingkatan ini meliputi penjual non-star, star, dan mall, masing-masing membawa struktur biaya tersendiri. Selain itu, jenis produk yang dijual juga memainkan peran penting dalam menentukan biaya yang berlaku.

Baca juga: Berapa biaya admin bni? info lengkap disini!

Beragam Kategori dan Biaya Admin yang Sesuai

Dikutip dari laman resmi Shopee, Shopee mengkategorikan produk ke dalam kelompok A hingga E, mencakup berbagai komoditas mulai dari fashion hingga elektronik. Biaya admin bervariasi berdasarkan kategori, dan berikut adalah pembagiannya:

  • Kelompok A: Kategori seperti Fashion, Elektronik, Kebutuhan Harian, Aksesori Ponsel, Olahraga & Luar Ruangan, dan lainnya. Biaya admin berkisar dari 2,8% hingga 4%.
  • Kelompok B: Termasuk Elektronik, Otomotif, dan lainnya. Biaya admin berkisar dari 1,25% hingga 3,2%.
  • Kelompok C: Meliputi Elektronik, Kebutuhan Harian, Hewan Peliharaan, Hobi, Aksesori, dan lainnya. Biaya admin berkisar dari 1,25% hingga 3,2%.
  • Kelompok D: Mencakup Aksesori Fashion, Elektronik, dan lainnya. Biaya admin berkisar dari 1,25% hingga 2,8%.
  • Kelompok E: Termasuk Elektronik, Kebutuhan Harian, dan lainnya. Biaya admin berkisar dari 1,25% hingga 2,8%.

Biaya Admin di Berbagai Tingkatan Penjual

Biaya admin disesuaikan dengan tingkatan penjual yang berbeda, yaitu Non-Star, Star, dan Mall. Mari kita bahas biaya untuk setiap tingkatan:

  1. Penjual Non-Star: Bagi pendatang baru, 50 transaksi pertama bebas biaya admin. Di atas 50, biaya bervariasi berdasarkan jenis produk: A (4%), B dan C (3,2%), D dan E (2,8%).
  2. Penjual Star: Kategori A (4,7%), B dan C (2,5%), D dan E (1,75%). Persentase ini berlaku setelah mempertimbangkan harga asli, diskon, dan voucher.
  3. Penjual Mall: Biaya admin tergantung pada kategori: A (6,5%), B dan C (4,5%), D dan E (2,5%). Perhitungan ini mirip dengan tingkatan lain.

Pertimbangan Tambahan dan Diskon

Biaya admin penjual hanya sebagian dari keseluruhan persamaan. Penjual perlu memahami biaya tambahan yang terkait dengan program seperti Pengiriman Gratis dan Cashback XTRA. Biaya yang didiskonkan berlaku di sini, sehingga penting untuk memahami seluk-beluk penawaran ini.

Baca juga: Berapa biaya admin bca xpresi?



Tetap Terinformasi dan Menghubungi Dukungan

Baik Anda pendatang baru atau penjual berpengalaman, tetap terinformasi tentang struktur biaya Shopee sangatlah penting. Biaya ini secara langsung memengaruhi margin keuntungan Anda, sehingga pengecekan reguler dengan bagian Bantuan & Dukungan atau menghubungi tim layanan pelanggan Shopee sangat disarankan.

Saat komunitas penjual Shopee yang dinamis terus tumbuh, memahami nuansa biaya admin menjadi sangat penting. Biaya-biaya ini, yang erat terkait dengan kategori produk dan tingkat penjual, menentukan lanskap keuangan bagi para penjual. Tetap terinformasi tentang biaya-biaya ini dan diskon terkait akan memberdayakan penjual untuk membuat keputusan yang terinformasi, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada perjalanan penjualan yang sukses dan menguntungkan di Shopee.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!