tugas dan tanggung jawab masinis

8 Tugas Masinis Dan Tanggung Jawab Yang Di Emban Supir Kereta Api

Masinis adalah profesi yang memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan efisiensi perjalanan kereta api. Mereka adalah orang-orang yang mahir mengemudikan kereta api, mengontrol kecepatan, serta memastikan keselamatan penumpang dan barang yang diangkut.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang profesi masinis, tugas masinis, dan persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang masinis.

Tugas Dan Tanggung Jawab Masinis

Berikut beberapa tugas masinis dan tanggung jawab yang mesti di emban oleh profesi tersebut di kutip dari KAI:

1. Mengendalikan Dan Memastikan Keamanan Perjalanan Kereta

Seorang masinis memegang peranan penting dalam operasional kereta api. Tugas masinis yang paling utama adalah mengendalikan dan memastikan keamanan perjalanan kereta. Dalam menjalankan tugasnya, seorang masinis perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendalam mengenai kereta api serta peraturan keselamatan yang berlaku.

2. Memastikan Kereta Berjalan Pada Jalur Yang Benar

Salah satu tugas masinis yang tak kalah penting adalah mengoperasikan kereta api dengan aman dan efisien. Hal ini meliputi memastikan kereta berjalan pada jalur yang benar, mengatur kecepatan yang tepat, serta menjaga jarak yang aman dengan kereta lain. Masinis harus memahami sistem persinyalan yang ada dan mampu mengikuti petunjuk yang diberikan.

Baca juga: Berapa Gaji Masinis Kereta Api?

3. Memastikan Keadaan Kereta Dalam Kondisi Yang Baik Sebelum Perjalanan

Selain itu, seorang masinis juga bertanggung jawab untuk memastikan keadaan teknis kereta dalam kondisi yang baik. Sebelum memulai perjalanan, sudah menjadi tugas masinis untuk melakukan pemeriksaan terhadap rem, sistem pengereman, serta kondisi mesin kereta lainnya. Jika ada masalah atau kerusakan yang terdeteksi, masinis harus melaporkannya dan mengambil tindakan yang diperlukan sebelum melanjutkan perjalanan.



4. Menjamin Keamanan Penumpang

Keamanan penumpang juga menjadi tanggung jawab dan tugas masinis. Seorang masinis harus mengawasi penumpang dan memastikan mereka mematuhi aturan keselamatan yang berlaku di dalam kereta. Masinis harus siap menghadapi situasi darurat, seperti kebakaran atau kecelakaan, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi penumpang.

5. Menjalin Komunikasi Dengan Petugas Stasiun Lainnya

Komunikasi dengan petugas stasiun dan masinis kereta lain juga merupakan tugas masinis yang sangat penting. Mereka harus memperoleh informasi terkini tentang perjalanan, jadwal, dan kondisi jalur. Selain itu, masinis juga harus mampu bekerja sama dengan petugas stasiun dan masinis lain dalam mengatasi situasi darurat atau perubahan rencana perjalanan.

6. Menjaaga Konsentrasi dan Kewaspadaan Dalam Menjalankan Kereta

Dalam melaksanakan tugasnya,,seorang masinis harus tetap waspada dan berkonsentrasi penuh. Mereka harus menghindari kelelahan dan menjaga kesehatan fisik serta mental agar dapat mengoperasikan kereta dengan aman. Disiplin, tanggung jawab, dan kemampuan pengambilan keputusan yang baik juga menjadi karakteristik yang diperlukan dalam menjalankan tugas masinis.

7. Mencari informasi rute

Salah satu tanggung jawab penting yang Anda emban adalah mencari informasi mengenai rute yang akan dilalui. Sebelum memulai perjalanan, masinis harus memastikan bahwa mereka memiliki informasi yang lengkap mengenai rute yang akan dilalui. Hal ini penting karena Dengan mengetahui rute yang akan dilalui, masinis dapat mengidentifikasi daerah-daerah yang rawan kecelakaan atau masalah teknis. Mereka dapat mengambil tindakan pencegahan yang tepat dan mengurangi risiko insiden yang mungkin terjadi.

Selain itu, Dengan memahami rute secara mendetail, masinis dapat merencanakan perjalanan dengan lebih efisien. Mereka dapat menghindari rute yang padat atau terdapat pekerjaan konstruksi yang dapat menyebabkan penundaan. Ini membantu menjaga ketepatan waktu kereta api dan memberikan pengalaman perjalanan yang baik bagi penumpang.

8. Memastikan Muatan Yang Dibawa Kereta

peran Masinis sangat penting dalam memastikan muatan barang yang diangkut oleh kereta api. Hal ini sangat penting untuk memastikan jika barang-barang yang akan diangkut dalam keadaan aman dan tidak ada kerusakan yang dapat membahayakan pengiriman. Anda juga harus memeriksa apakah muatan telah dikemas dengan benar dan sesuai dengan aturan pengangkutan.

Anda juga bertanggung jawab untuk memverifikasi dokumen muatan. Anda harus memastikan bahwa setiap muatan memiliki dokumen yang lengkap dan sah. Ini termasuk faktur, surat jalan, dan dokumen lain yang terkait dengan pengiriman barang. Dengan memeriksa dokumen ini, Anda dapat memastikan bahwa muatan barang yang diangkut adalah yang sebenarnya dan legal.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!