Tour guide adalah

Tugas Tour Guide & Skill yang Mesti Dikuasai

Tour guide atau pemandu wisata, adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk membimbing dan menginformasikan wisatawan tentang tempat-tempat wisata yang mereka kunjungi. Seorang tour guide memiliki pengetahuan yang mendalam tentang objek wisata, sejarah, budaya, dan aspek-aspek lain yang terkait dengan destinasi wisata yang mereka layani.

Peran seorang tour guide sangat penting dalam memastikan pengalaman wisatawan menjadi lebih bermakna dan berarti. Mereka bukan hanya menyediakan informasi yang akurat dan relevan tentang tempat-tempat wisata, tetapi juga membantu wisatawan memahami konteks dan latar belakang dari destinasi yang mereka kunjungi. Tour guide juga bertugas menjawab pertanyaan wisatawan, memberikan rekomendasi, serta mengorganisasi dan menyusun rencana perjalanan.

Tugas Tour Guide

  • Memberikan Informasi

Tour guide bertugas memberikan informasi yang akurat dan menarik kepada wisatawan. Mereka harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang sejarah, budaya, dan keunikan tempat wisata yang mereka pandu. Informasi yang diberikan haruslah jelas, terperinci, dan disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh semua anggota tur.

  • Mengatur Rencana Perjalanan

Seorang tour guide harus mampu mengatur rencana perjalanan yang efisien dan menarik bagi wisatawan. Mereka harus mempertimbangkan minat dan kebutuhan wisatawan, serta memilih tempat-tempat yang layak untuk dikunjungi. Rencana perjalanan haruslah terorganisir dengan baik agar wisatawan dapat menikmati pengalaman wisata yang optimal.

  • Mengelola Kelompok

Tour guide juga bertanggung jawab dalam mengelola kelompok wisatawan. Mereka harus memastikan semua anggota kelompok tetap bersama dan aman selama perjalanan. Tour guide juga harus dapat mengatasi masalah atau situasi yang mungkin timbul, seperti keterlambatan atau perubahan rencana.

  • Memberikan Komentar dan Cerita

Salah satu tugas penting seorang tour guide adalah memberikan komentar dan cerita menarik sepanjang perjalanan. Mereka harus dapat mempertahankan minat wisatawan dengan menceritakan fakta menarik atau anekdot seputar tempat wisata yang dikunjungi. Komentar dan cerita tersebut haruslah disampaikan dengan gaya yang menghibur dan mengedukasi.

  • Membantu Wisatawan

Tour guide harus siap membantu wisatawan dalam berbagai situasi. Mereka harus memberikan informasi tentang fasilitas umum, seperti toilet, restoran, atau pusat perbelanjaan. Tour guide juga harus siap membantu wisatawan yang memerlukan perhatian khusus, seperti anak-anak, lansia, atau wisatawan dengan kebutuhan khusus.

Skill yang Harus Dikuasai Tour Guide

Pengetahuan Mendalam tentang Destinasi

Seorang tour guide harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang destinasi wisata yang mereka bawa para wisatawan. Mereka harus tahu segala sesuatu tentang sejarah, budaya, tempat-tempat menarik, dan fakta menarik lainnya yang terkait dengan destinasi tersebut

Kemampuan Komunikasi yang Baik

Seorang Tour Guide harus mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif kepada para wisatawan, memastikan bahwa mereka memahami informasi yang disampaikan. Selain itu, mereka juga harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan pihak lain, seperti pemandu wisata lainnya, pengemudi, atau petugas keamanan, untuk memastikan kelancaran perjalanan wisata.

Keterampilan Bahasa

Seorang Tour Guide harus dapat berbicara secara lancar dalam bahasa yang dimengerti oleh para wisatawan. Selain itu, kemampuan dalam bahasa asing tambahan juga merupakan keuntungan yang besar, karena dapat membantu mereka berkomunikasi dengan wisatawan yang berasal dari berbagai negara.

Kepemimpinan dan Organisasi

Seorang tour guide harus memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik. Mereka harus mampu mengatur dan mengelola kelompok wisatawan dengan efisien, menjaga jadwal perjalanan, dan memastikan kepatuhan terhadap aturan dan peraturan yang berlaku.

Kecakapan dalam Menangani Situasi Darurat

Sebagai seorang tour guide, mereka harus siap menghadapi situasi darurat yang mungkin terjadi selama perjalanan. Mereka harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk menangani situasi seperti kecelakaan, kehilangan, atau masalah kesehatan. Kemampuan ini memungkinkan mereka untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para wisatawan dalam segala kondisi.

Kreativitas dan Fleksibilitas

Seorang tour guide harus dapat berpikir kreatif dan fleksibel dalam menghadapi situasi yang berbeda. Mereka harus mampu menyesuaikan rencana perjalanan jika terjadi perubahan mendadak, memecahkan masalah yang timbul, dan memberikan pengalaman wisata yang unik dan menarik bagi para wisatawan.

Cara Menjadi Tour Guide

1. Menyelami Pengetahuan Lokal

Sebagai seorang tour guide, pengetahuan lokal yang mendalam sangat penting. Pelajari sebanyak mungkin informasi tentang tempat-tempat wisata di daerah Anda, termasuk sejarah, budaya, tradisi, makanan khas, dan destinasi populer lainnya. Mempelajari bahasa asing yang umum digunakan oleh wisatawan juga akan menjadi nilai tambah.

2. Mengikuti Pelatihan dan Mengambil Sertifikasi

Mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikasi sebagai seorang tour guide akan membantu meningkatkan kredibilitas Anda. Cari tahu apakah ada lembaga atau organisasi yang menyelenggarakan kursus atau pelatihan bagi calon tour guide di daerah Anda.

3. Bangun Jaringan dan Relasi

Membangun jaringan dan relasi yang kuat dalam industri pariwisata sangat penting. Ajukan diri Anda untuk bekerja sama dengan agen perjalanan, hotel, dan penyedia tur lokal. Hadiri acara-acara pariwisata dan jalin hubungan dengan pihak-pihak terkait, seperti pemandu wisata lainnya, supir, dan petugas keamanan. Jaringan yang luas akan membantu Anda mendapatkan peluang pekerjaan dan mendapatkan rekomendasi dari orang-orang yang telah berpengalaman di bidang ini.

4. Kuasai Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi yang baik adalah salah satu aspek penting dalam menjadi seorang tour guide. Anda harus dapat berbicara dengan jelas, mengartikulasikan informasi dengan baik, dan mempertahankan ketertiban di antara para wisatawan. Selain itu, Anda juga harus memiliki kemampuan mendengarkan yang baik dan responsif terhadap pertanyaan dan kebutuhan para wisatawan.

5. Tingkatkan Kemampuan Berbahasa

Kemampuan berbahasa asing akan sangat membantu dalam pekerjaan sebagai tour guide. Perbaiki kemampuan Anda dalam bahasa Inggris, karena ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan oleh wisatawan internasional. Jika memungkinkan, pelajari juga bahasa lain yang umum digunakan oleh wisatawan, seperti bahasa Mandarin, Jepang, atau bahasa-bahasa lainnya

6. Promosikan Diri Anda Secara Online

Di era digital ini, memiliki kehadiran online yang kuat sangat penting. Buat profil profesional di platform media sosial dan jaringan profesional seperti Tiktok maupun Instagram. Bagikan konten informatif dan menarik tentang kegiatan tour guide yang tengah Anda jalani.

Jenjang Karir Tour Guide



Pramuwisata Muda

Pramuwisata muda adalah jenjang karir seorang tour guide yang paling awal. Biasanya pada tahap ini, seorang tour guide akan memiliki dedikasi yang cukup tinggi untuk terlibat dalam industri pariwisata. Mereka merupakan individu yang memiliki minat dan bakat dalam menyambut dan melayani wisatawan, serta memiliki semangat untuk memperkenalkan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia.

Pramuwisata Madya

Berbeda dengan pramuwisata muda, Pramuwisata madya adalah seorang profesional di industri pariwisata yang memiliki tanggung jawab penting dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan. Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih lanjut tentang peran dan tugas yang diemban oleh pramuwisata madya serta pentingnya keberadaan mereka dalam mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia.

Tour leader

Tour leader adalah seorang profesional yang bertugas memandu dan mengatur perjalanan liburan, memberikan panduan kepada para peserta tur, serta memastikan bahwa semuanya berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang peran penting tour leader dan mengapa Anda sebaiknya memilih tur yang dipandu oleh mereka.

Dimana Tour Guide Bekerja?

1. Destinasi Wisata

Tour guide seringkali bekerja di destinasi wisata populer. Mereka bisa ditemui di tempat-tempat seperti museum, taman nasional, objek wisata sejarah, dan kota-kota yang terkenal dengan keindahan alam atau budayanya. Di sini, mereka akan memberikan informasi dan panduan kepada wisatawan yang berkunjung.

2. Perusahaan Pariwisata

Banyak perusahaan pariwisata mempekerjakan tour guide sebagai bagian dari tim mereka. Perusahaan-perusahaan ini dapat berfokus pada segmen wisata tertentu, seperti wisata budaya, wisata alam, atau wisata petualangan. Tour guide bekerja dengan perusahaan tersebut untuk menyusun itinerary, mengatur transportasi, dan memberikan penjelasan kepada wisatawan selama perjalanan.

3. Kapal Pesiar

Tour guide juga dapat ditemukan di kapal pesiar. Mereka akan menyambut penumpang yang baru tiba dan memberikan informasi mengenai kegiatan yang akan dilakukan selama perjalanan. Selain itu, mereka juga akan mengatur tur eksklusif di pelabuhan-pelabuhan yang dikunjungi kapal pesiar.

4. Tempat Bersejarah dan Peninggalan Budaya

Sebagai pemandu wisata, tour guide seringkali bekerja di tempat-tempat bersejarah dan peninggalan budaya. Mereka dapat ditemukan di situs-situs bersejarah seperti candi, istana, benteng, atau tempat-tempat suci yang memiliki makna khusus. Di sini, mereka akan menjelaskan sejarah, keunikan, dan nilai-nilai budaya yang terkait dengan tempat tersebut.

5. Perjalanan Wisata

Tour guide juga bekerja dalam perjalanan wisata. Mereka dapat mengantar kelompok wisatawan dalam perjalanan yang berlangsung selama beberapa hari. Pemandu wisata ini akan mengatur segala kebutuhan selama perjalanan, termasuk akomodasi, transportasi, dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama perjalanan.

Rata-Rata Gaji Tour Guide

Pramuwisata Muda
Rp 2.454.343 – Rp 6.933.127
Rp 2.454.343 – Rp 6.933.127
Pramuwisata Madya
Rp 4.124.651 – Rp 7.865.241
Rp 4.124.651 – Rp 7.865.241
Tour leader
Rp 6.538.000 – Rp 8.921.000
Rp 6.538.000 – Rp 8.921.000


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!