Apa Itu Staff Gudang?

Staff gudang adalah seorang pekerja atau karyawan yang bertanggung jawab atas berbagai tugas terkait pengelolaan, pemeliharaan, dan operasi gudang dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Tugas seorang staff gudang biasanya melibatkan kegiatan seperti penerimaan, penyimpanan, pengambilan, pengemasan, pengiriman, dan pemantauan inventaris barang-barang yang disimpan di gudang.

Tugas Staff Gudang

1. Penerimaan dan Pengecekan Barang

  • Menerima barang yang masuk ke gudang dari pemasok atau produsen.
  • Memeriksa barang yang diterima untuk memastikan jumlah, kualitas, dan kondisinya sesuai dengan pesanan.
  • Merekam data penerimaan barang dan mencatat informasi seperti nomor serien, tanggal kedaluwarsa, dan informasi lain yang relevan.

2. Penyimpanan Barang

  • Mengatur dan mengorganisasi barang-barang yang diterima di dalam gudang.
  • Memastikan bahwa barang disimpan dengan benar, sesuai dengan standar penyimpanan yang ditentukan.
  • Menggunakan sistem pencatatan dan pelabelan yang sesuai untuk memudahkan penemuan barang saat dibutuhkan.

3. Pengeluaran dan Pengiriman Barang

  • Memproses pesanan dari departemen atau pelanggan internal untuk mengambil barang dari gudang.
  • Mengemas dan menyiapkan barang yang akan dikirim sesuai dengan pesanan.
  • Mengkoordinasikan proses pengiriman dengan perusahaan kurir atau pengangkutan yang ditunjuk.


4. Manajemen Stok

  • Melakukan penghitungan stok secara berkala untuk memastikan ketersediaan barang yang akurat.
  • Melakukan pembaruan stok dan memberikan laporan kepada manajemen terkait perubahan stok.
  • Memantau barang-barang dengan tanggal kedaluwarsa atau masa simpan terbatas dan mengambil tindakan yang sesuai untuk menghindari kerugian.

Skill yang Harus Dikuasai Staff Gudang

  • Penyusunan Stok (Inventory Management)

Kemampuan untuk mengelola dan mengawasi stok barang di gudang adalah keterampilan utama. Ini termasuk pemantauan persediaan, mengatur penyimpanan barang, dan memastikan bahwa barang selalu tersedia saat dibutuhkan.

  • Penggunaan Alat dan Peralatan Gudang

Seorang staff gudang harus terampil dalam menggunakan peralatan dan alat gudang seperti forklift, pallet jack, dan sistem penyimpanan yang berbeda. Mereka juga harus memahami perawatan dan perbaikan dasar untuk peralatan tersebut.

  • Kemampuan Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi dengan baik dengan tim internal, pemasok, dan pengiriman sangat penting. Staff gudang harus bisa memberikan laporan inventaris, memahami permintaan, dan menjalin hubungan kerja yang baik dengan pihak terkait.

  • Ketepatan dan Akurasi

Kesalahan dalam pengelolaan inventaris dapat berdampak besar pada bisnis. Staff gudang harus memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam pekerjaan mereka, termasuk melakukan pemeriksaan berkala untuk memastikan konsistensi dan keakuratan data.

Jenjang Karir Staff Gudang

1. Admin Gudang

Admin gudang adalah salah satu peran awal dalam jenjang karir di bidang logistik dan manajemen gudang. Tugas utama seorang admin gudang meliputi administrasi umum, seperti pemantauan persediaan, pelaporan, dan pengelolaan dokumentasi gudang. Ini adalah posisi penting yang membutuhkan ketelitian tinggi dan kemampuan organisasi yang kuat.

2. Operator Gudang

Operator gudang adalah tangan-tangan yang bekerja di lapangan. Mereka bertanggung jawab atas proses fisik yang terjadi di gudang, termasuk menerima, mengemas, dan mengirimkan barang. Ini adalah peran yang memerlukan kekuatan fisik dan kemampuan untuk bekerja dalam lingkungan yang sering kali keras. Operator gudang juga harus memahami sistem teknologi yang digunakan dalam manajemen persediaan.



3. Staff Gudang

Staff gudang adalah peran yang berada di tengah antara administrasi dan operasi. Mereka bertanggung jawab untuk mengoordinasikan kegiatan harian di gudang, mengawasi staf operator, dan memastikan persediaan tetap teratur. Ini adalah peran yang membutuhkan pemahaman mendalam tentang operasi gudang dan kemampuan manajemen yang baik.

4. Kepala Gudang

Kepala gudang adalah posisi puncak dalam jenjang karir staff gudang. Mereka memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola seluruh operasi gudang. Ini meliputi perencanaan strategis, manajemen staf, dan pengambilan keputusan kunci terkait persediaan dan distribusi. Kepala gudang adalah pemimpin dalam gudang dan harus memiliki pengalaman yang luas serta kemampuan kepemimpinan yang kuat.

Dimana Staff Gudang Bekerja?

  • Gudang Pusat Distribusi

Staff gudang sering bekerja di gudang pusat distribusi perusahaan. Ini adalah tempat di mana barang-barang yang akan didistribusikan ke toko-toko atau pelanggan akhir disimpan dan dikelola. Gudang pusat distribusi biasanya besar dan memiliki banyak rak penyimpanan.

  • Gudang Manufaktur

Beberapa perusahaan memiliki gudang penyimpanan yang terhubung langsung dengan fasilitas produksi mereka. Staff gudang di sini bertanggung jawab untuk mengelola bahan baku, suku cadang, dan produk yang siap dikirim.

  • Gudang Ritel

Dalam industri ritel, staff gudang dapat bekerja di gudang yang terletak di belakang toko-toko mereka. Gudang ini digunakan untuk menyimpan stok tambahan, sehingga toko dapat mengisi rak mereka dengan produk secara berkala.

  • Gudang Logistik Pihak Ketiga

Beberapa perusahaan menyewa penyedia logistik pihak ketiga yang memiliki gudang penyimpanan dan mengelola rantai pasokan mereka. Staff gudang di sini akan bekerja di gudang yang dimiliki atau dioperasikan oleh penyedia logistik ini.

  • Gudang E-commerce

Perusahaan e-commerce besar memiliki pusat distribusi yang sangat besar dan kompleks. Staff gudang di sini bertanggung jawab untuk mengelola ribuan produk yang akan dikirimkan kepada pelanggan.

  • Gudang Pendinginan atau Khusus

Beberapa gudang dirancang khusus untuk penyimpanan produk yang memerlukan suhu yang terkendali, seperti produk makanan beku atau obat-obatan. Staff gudang di sini akan mengawasi lingkungan penyimpanan yang sesuai.

Rata-Rata Gaji Staff Gudang

Rata-rata gaji staff gudang di Indonesia dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk lokasi, jenis perusahaan dan tingkat pengalaman. Namun, berdasarkan data yang kami temukan dari Indeed, kami dapat memberikan perkiraan rata-rata gaji untuk posisi-posisi umum di bagian staff gudang sebagai berikut.

  1. Admin Gudang Rp 4.251.557 per bulan
  2. Operator Gudang Rp 4.138.843 per bulan
  3. Staff Gudang Rp 4.573.845 per bulan
  4. Kepala Gudang Rp 5.966.562 per bulan