Apa Itu Itu Sales Motoris?

Sales motoris adalah seorang sales yang mengemban tugas khusus: menawarkan dan menjual produk dengan menggunakan sepeda motor. Tugasnya melibatkan berkeliling di daerah tertentu, terutama di toko-toko kecil seperti warung atau toko dengan daya beli rendah. Namun, perbedaan utama adalah dalam cara penawaran dan tujuan penjualan mereka.

Sales motoris adalah

Tugas Sales Motoris

1. Mencapai Target Penjualan

Seorang sales motoris memiliki tanggung jawab untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan. Mereka harus mempromosikan produk dengan efektif, menjelaskan fitur-fitur kendaraan yang ditawarkan, dan membantu calon konsumen dalam memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

2. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Sales motoris harus memiliki kemampuan interpersonal yang baik untuk membina hubungan yang kuat dengan pelanggan. Mereka harus bisa mendengarkan dengan baik, memahami kebutuhan pelanggan, dan memberikan solusi yang tepat. Dengan membangun hubungan yang baik, sales motoris dapat membangun kepercayaan pelanggan dan meningkatkan loyalitas terhadap merek atau perusahaan.

3. Menyediakan Informasi Produk

Sebagai ahli penjualan, sales motoris harus memiliki pengetahuan mendalam tentang produk yang ditawarkan. Mereka harus mampu menjelaskan secara rinci tentang spesifikasi, keunggulan, dan manfaat kendaraan kepada calon konsumen. Selain itu, mereka juga harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan dengan jelas dan akurat.



4. Mengatur Uji Coba dan Pengiriman

Setelah calon konsumen memilih kendaraan yang ingin dibeli, sales motoris harus mengatur uji coba dan proses pengiriman. Mereka harus memastikan bahwa proses tersebut berjalan lancar dan memenuhi harapan pelanggan. Selama uji coba, sales motoris harus memberikan panduan dan menjelaskan fitur-fitur kendaraan yang sedang diuji coba.

5. Mengikuti Perkembangan Pasar

Sales motoris perlu memantau perkembangan pasar otomotif, tren terkini, dan persaingan di industri. Mereka harus mengikuti pelatihan dan update produk secara teratur untuk tetap up-to-date dengan informasi terbaru. Dengan memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, sales motoris dapat mengarahkan pelanggan ke kendaraan yang paling sesuai.

6. Membantu dalam Proses Pembelian

Sales motoris juga bertanggung jawab membantu pelanggan dalam proses pembelian kendaraan, termasuk mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan. Mereka harus memastikan bahwa proses administrasi dan keuangan berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

7. Menjaga Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah prioritas utama bagi seorang sales motoris. Mereka harus berupaya memberikan layanan yang memuaskan, menangani keluhan dengan baik, dan memastikan pelanggan merasa puas dengan pembelian mereka. Kepuasan pelanggan yang tinggi dapat membangun reputasi baik bagi perusahaan dan membantu menciptakan peluang penjualan masa depan.

Skill yang Harus Dikuasai Sales Motoris



1. Pengetahuan Produk yang Mendalam

Sebagai sales motoris, penting untuk memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk sepeda motor yang ditawarkan. Anda harus tahu spesifikasi teknis, keunggulan, dan kelemahan setiap model sepeda motor. Kemampuan untuk menjawab pertanyaan konsumen dengan jelas dan akurat akan membantu membangun kepercayaan konsumen terhadap Anda sebagai penjual.

2. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting dalam pekerjaan sebagai sales motoris. Anda harus mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan meyakinkan kepada calon pembeli. Kemampuan mendengarkan dengan baik juga penting agar Anda dapat memahami kebutuhan dan preferensi konsumen. Komunikasi yang efektif akan membantu Anda menjual sepeda motor dengan lebih baik.

3. Keterampilan Negosiasi yang Kuat

Sebagai sales motoris, Anda harus memiliki keterampilan negosiasi yang kuat. Anda akan berinteraksi dengan berbagai tipe konsumen, termasuk yang penuh tawaran, cerewet, atau yang sulit dipengaruhi. Kemampuan untuk bernegosiasi dengan baik akan membantu Anda mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

4. Pengetahuan tentang Pembiayaan dan Asuransi

Pengetahuan tentang pembiayaan dan asuransi merupakan keahlian yang berharga bagi seorang sales motoris. Dengan memahami opsi pembiayaan yang tersedia dan menawarkan solusi asuransi yang sesuai, Anda dapat membantu calon pembeli dalam mengatasi kendala finansial dan memberikan perlindungan tambahan. Ini akan meningkatkan kemungkinan mereka membeli sepeda motor dari Anda.

5. Kemampuan Beradaptasi dengan Perubahan

Industri sepeda motor terus berkembang dan berubah dengan cepat. Sebagai sales motoris, Anda harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut. Anda harus mengikuti tren terbaru, memahami perkembangan teknologi, dan menyesuaikan strategi penjualan Anda. Kemampuan untuk belajar dan berkembang secara terus-menerus akan membantu Anda tetap relevan dan sukses dalam pekerjaan ini.

6. Keterampilan Manajemen Waktu yang Baik

Sebagai sales motoris, Anda akan memiliki target penjualan yang harus dicapai dalam waktu tertentu. Oleh karena itu, keterampilan manajemen waktu yang baik sangat penting. Anda perlu mampu mengatur jadwal kunjungan, melakukan tindak lanjut dengan konsumen, dan menyeimbangkan antara aktivitas penjualan dan administrasi. Dengan manajemen waktu yang efektif, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan mencapai hasil yang diharapkan.

Cara Menjadi Sales Motoris

1. Memiliki Pengetahuan yang Mendalam tentang Produk

Sebagai seorang sales motoris, penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk yang dijual. Anda perlu memahami fitur-fitur, spesifikasi teknis, kelebihan dan kekurangan, serta perbedaan antara model-model yang berbeda dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan pengetahuan yang kuat ini, Anda dapat memberikan informasi yang akurat kepada calon pembeli dan membantu mereka membuat keputusan yang tepat.

2. Kembangkan Kemampuan Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang efektif adalah kunci sukses dalam pekerjaan sales. Anda perlu bisa berkomunikasi dengan baik dengan calon pembeli, mendengarkan kebutuhan mereka, dan memberikan solusi yang tepat. Selain itu, kemampuan negosiasi yang baik juga sangat penting. Anda perlu bisa bernegosiasi dengan harga dan kondisi pembelian untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

3. Bangun Jaringan yang Kuat

Membangun jaringan yang kuat adalah langkah penting dalam menjadi seorang sales motoris yang sukses. Anda perlu aktif berpartisipasi dalam acara-acara industri bidang pekerjaan Anda, seperti pameran, dan bergabung dengan komunitas. Jaringan yang luas dapat membantu Anda mendapatkan referensi dan peluang penjualan baru. Selain itu, pastikan untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan yang sudah ada, karena mereka dapat menjadi sumber referensi yang berharga di masa depan.

4. Gunakan Teknologi untuk Meningkatkan Efisiensi

Dalam era digital ini, teknologi dapat menjadi alat yang sangat berguna bagi seorang sales motoris. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk Anda, posting konten yang menarik dan relevan. Selain itu, gunakan perangkat lunak manajemen pelanggan (CRM) untuk mengatur informasi kontak calon pembeli dan pelanggan yang sudah ada. Dengan memanfaatkan teknologi ini, Anda dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan Anda dan mencapai hasil yang lebih baik.

5. Tingkatkan Keterampilan Penjualan secara Terus-Menerus

Terakhir, jangan pernah berhenti belajar dan meningkatkan keterampilan penjualan Anda. Selalu mencari pelatihan dan peluang untuk mengasah keterampilan Anda dalam menjual. Bacalah buku, ikuti seminar, dan terlibat dalam komunitas penjualan untuk terus mengembangkan diri. Semakin baik keterampilan penjualan Anda, semakin besar peluang Anda untuk sukses sebagai seorang sales motoris.

Jenjang Karir Sales Motoris

Sales Motoris Junior

Tahap pertama dalam jenjang karir sales motoris adalah menjadi sales motoris junior. Pada tahap ini, Anda akan belajar mengenai produk-produk yang dijual, mengembangkan keterampilan dalam berkomunikasi dengan pelanggan, serta belajar teknik-teknik penjualan yang efektif. Anda akan bekerja di bawah bimbingan supervisor atau senior yang akan membantu Anda mengasah kemampuan penjualan Anda.

Sales Motoris Supervisor

Setelah memperoleh pengalaman dan pengetahuan yang cukup sebagai Sales Motoris, Anda dapat naik ke posisi Sales Supervisor. Pada tahap ini, Anda akan menjadi pemimpin tim penjualan. Tugas Anda meliputi mengawasi dan melatih anggota tim, mengembangkan strategi penjualan, dan mencapai target penjualan yang ditetapkan. Anda juga akan bertanggung jawab untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Dimana Sales Motoris Bekerja?

1. Agen Penjualan Produk

Beberapa perusahaan agen penjualan tentu membutuhkan Sales motoris dalam mempromosikan produk-produk ynag ditawarkan. Biasanya agen penjualan tersebut menawarkan berbagai produk seperti kosmetik, peralatan rumah tangga, atau pakaian. Dengan mengendarai motor, Anda dapat dengan mudah mengunjungi berbagai wilayah untuk bertemu dengan pelanggan potensial.

2. Pengantar Barang Antar Kota

Jika Anda suka berpetualang dan memiliki semangat untuk bekerja di luar ruangan, Anda dapat mencoba pekerjaan sebagai pengantar barang antar kota. Beberapa perusahaan logistik menawarkan kesempatan ini, di mana sebagai Sales Motoris Anda akan mengemudikan motor/mobil untuk mengirimkan barang dari satu kota ke kota lainnya. Ini bisa menjadi pekerjaan yang menarik dan memberikan kebebasan untuk menjelajahi berbagai daerah.

3. Perusahaan Besar

Beberapa perusahaan memiliki tim sales representative lapangan yang bertugas untuk menjual produk langsung kepada konsumen. Dalam profesi ini, Anda akan diberikan daftar pelanggan atau wilayah tertentu yang harus Anda kunjungi secara berkala. Dengan menggunakan motor, Anda dapat dengan efisien mencapai berbagai tempat untuk menawarkan produk perusahaan. Keuntungan dari profesi ini adalah Anda dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan secara langsung.

4. Event

Promotor Event Bekerja sebagai sales motoris yang juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk berkeliling dengan motor. Anda dapat bergabung dengan perusahaan yang mengadakan event, seperti konser, pameran, atau festival. Tugas Anda adalah mempromosikan event tersebut kepada masyarakat luas. Dengan menggunakan motor, Anda dapat mengunjungi berbagai titik strategis di kota untuk memasang spanduk, memberikan brosur, atau menyebarkan informasi kepada orang-orang yang berpotensi tertarik dengan event tersebut.

Rata-Rata Gaji Sales Motoris

Besaran gaji sales motoris dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pengalaman kerja, kinerja individu, dan perusahaan tempat bekerja. Selain itu, juga penting untuk mempertimbangkan lokasi geografis karena perbedaan tingkat harga dan permintaan di setiap daerah.

Meskipun demikian, berdasarkan data dan survei yang dilakukan dan ditemukan dalam laman Indeed, rata-rata gaji sales motoris di Indonesia berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan. Jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya. Sales motoris dengan pengalaman kerja yang lebih lama dan kemampuan menjual yang baik umumnya dapat mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Selain gaji pokok, sales motoris juga memiliki potensi penghasilan tambahan melalui sistem insentif dan bonus penjualan. Beberapa perusahaan memberikan insentif berdasarkan jumlah kendaraan yang berhasil terjual, sehingga semakin banyak kendaraan yang terjual, semakin tinggi pula penghasilan yang didapatkan. Hal ini dapat menjadi motivasi bagi sales motoris untuk meningkatkan penjualan mereka.

Sales Motoris Junior :Rp 3.000.000 – Rp 4.000.000
Sales Motoris Supervisor: Rp 4.000.000 – Rp 5.000.000