guru bk adalah

Apa Itu Guru BK? 13 Tugas, Kualifikasi hingga Gaji

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan guru BK itu? Guru BK atau bimbingan dan konseling umumnya memegang peran sentral dalam membentuk kesejahteraan siswa di sekolah.

Mungkin sebagian besar dari kita banyak yang mengira bahwa peran guru BK itu untuk mengurusi siswa-siswi yang bermasalah.

Anggapan itu memang tidak sepenuhnya salah, sebab salah satu tugas guru BK memang untuk mengatasi konflik yang melibatkan siswa di sekolah.

Namun, tugas guru BK bukan hanya sekedar itu saja. Untuk mengetahui tugas guru BK lebih dalam, yuk mengenal lebih jauh mengenai definisi, tugas, keterampilan dan gaji dari seorang guru BK.

Apa Itu Guru BK?

Mengutip dari laman Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, guru bimbingan konseling atau guru BK adalah seorang tenaga pendidik atau petugas dibidang konseling yang memiliki kompetensi professional yang memiliki wewenang secara penuh dalam kegiatan bimbingan konseling terhadap peserta didik.

Guru BK memainkan peran penting dalam keberhasilan siswa dalam menjalani proses pendidikan di sekolah. Sebab, guru BK merupakan bagian integral dari setiap sekolah, yang bertanggung jawab dalam menangani berbagai kasus di lingkungan sekolah, khususnya yang melibatkan siswa-siswi. 

Tugas dan Tanggung Jawab Guru BK

Peran guru BK dalam konteks formal telah diatur secara jelas oleh Undang-Undang Republik Indonesia (RI) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pasal 1 ayat 6 undang-undang tersebut menyatakan bahwa peran guru BK sebagai pembimbing adalah berpartisipasi dalam pelaksanaan pendidikan.

Partisipasinya terwujud melalui penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling yang mencakup empat bidang, seperti bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karier.

Namun di samping perannya tersebut, seorang guru BK tentu memiliki tugas dan tanggung jawab yang spesifik. Maka dari itu, tanggung jawab dan tugas guru BK adalah sebagai berikut:

  • Membantu anak-anak atau murid dalam memecahkan permasalahan sekolah yang sedang dihadapi
  • Guru BK yang berwenang, bisa memberikan berbagai macam tes IQ,minat, dan juga bakat, untuk mengetahui kemampuan yang dimilki muridnya
  • Menjadi mediator antara pihak sekolah dengan orangtua atau wali, terutama ketika murid mengalami masalah di sekolahnya
  • Memberikan motivasi belajar kepada murid-murid agar mampu bersaing di dunia pendidikan
  • Memberikan materi-materi mengenai pengembangan diri dan juga pelajaran budi pekerti
  • Membantu guru-guru lainnya dalam memberikan metode belajar, terutama pada murid-murid yang membutuhkan perhatian khusus
  • Memberikan laporan kepada kepala sekolah mengenai kondisi psikologis dari setiap murid
  • Membuat perancangan pelatihan bagi murid-muridnya
  • Memberikan tindakan indisipliner bagi murid-murid yang mengacaudan mengabaikan peraturan sekolah
  • Mempersiapkan diri, menerima dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan kepengawasan oleh Pengawas Sekolah/Madrasah Bidang Bimbingan dan Konseling
  • Berkolaborasi dengan guru mata pelajaran dan wali kelas serta pihak terkait dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling
  • Mengadakan koordinasi dengan wali kelas, guru bidang studi dan ketua jurusan serta urusan kesiswaan dalam rangka pembinaan siswa dan orang tua wali murid
  • Bersama wali kelas dan kesiswaan dalam menangani kesiswaan yangberkaitan secara psikis dengan kenakalan siswa, penyimpangan disiplin dan gangguan belajar

Keterampilan yang Harus Dikuasai Guru BK

Fungsi guru BK adalah sebagai wadah untuk membantu siswa dalam mengembangkan diri agar menjadi individu yang mandiri. 

Oleh karena itu, sebagai seorang guru BK, wajib memiliki keterampilan-keterampilan khusus untuk dapat membantu dan mengembangkan siswa-siswinya.

Berikut di bawah ini, beberapa skill yang wajib dimiliki oleh guru BK, di antaranya sebagai berikut.

  • Memiliki kemampuan mendengarkan aktif dan bertanya yang efektif.
  • Mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan tepat.
  • Dapat membina hubungan empati dengan siswa.
  • Kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis masalah siswa.
  • Dapat memberikan dukungan dan panduan yang sesuai.
  • Terampil dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan aman.
  • Mampu mengelola konflik di antara siswa dan dapat mengidentifikasi masalah yang kompleks.
  • Kemampuan menganalisis situasi secara objektif hingga mengembangkan solusi yang kreatif dan praktis.
  • Kemampuan bekerja sama dengan rekan kerja, orang tua, dan pihak terkait lainnya.
  • Memiliki pemahaman yang kuat tentang perkembangan anak dan remaja.

Kualifikasi Guru BK

Untuk menjadi Guru BK, seseorang harus memenuhi kualifikasi tertentu yang menunjukkan kemampuannya dalam memberikan dukungan akademik, emosional, dan sosial kepada siswa. Berikut adalah beberapa kualifikasi utama yang diperlukan:

  1. Pendidikan Minimal S1 Bimbingan dan Konseling dengan IPK min 3,0
  2. Usia minimal 24 tahun dan maksimal 45 tahun
  3. Memiliki pengalaman mengajar atau berpraktik di bidang bimbingan dan konseling di institusi pendidikan
  4. Mampu berkomunikasi secara efektif baik secara lisan maupun tulisan, serta mampu membangun relasi yang baik dengan siswa, orang tua siswa, dan staf sekolah
  5. Memiliki pemahaman yang kuat tentang teori dan praktek perkembangan anak dan remaja, termasuk masalah-masalah yang sering dihadapi pada usia tersebut
  6. Mampu mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa, serta memberikan arahan dan solusi yang efektif
  7. Memiliki sertifikasi profesional sebagai Guru BK dari lembaga yang diakui atau bersedia untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi jika diperlukan


Cara Menjadi Guru BK

Untuk dapat menjadi guru BK tentu tidaklah sembarangan, ada beberapa kriteria yang harus Anda penuhi. Sebagai gambaran sederhana, berikut cara yang umum untuk menjadi guru BK.

  1. Tempuh pendidikan S1 di jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) dari universitas yang terakreditasi. Anda juga bisa mengambil S1 di jurusan psikologi atau pendidikan dengan spesialisasi bimbingan dan konseling.
  2. Ikuti program pendidikan profesi guru (PPG) untuk Bimbingan dan Konseling setelah menyelesaikan S1. Program ini wajib bagi lulusan yang ingin menjadi guru, termasuk guru BK, agar memenuhi kualifikasi profesional.
  3. Mengikuti program magang di sekolah atau lembaga pendidikan bisa memberikan Anda pengalaman praktik langsung dalam bimbingan dan konseling, serta memperluas jaringan profesional Anda.
  4. Setelah menyelesaikan pendidikan dan memperoleh sertifikat profesi, Anda perlu mendaftar ke Dinas Pendidikan atau lembaga yang relevan untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai guru BK di sekolah negeri atau swasta.
  5. Terus mengikuti pelatihan, seminar, atau studi lanjut dalam bidang bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kompetensi dan memperbarui pengetahuan serta keterampilan profesional Anda.

Dimana Guru BK Bekerja?

Guru BK berperan vital dalam lingkungan pendidikan sebagai pendamping siswa dalam mengembangkan potensi akademik dan pribadi.

Mereka umumnya bekerja di sekolah-sekolah, mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas, termasuk sekolah negeri dan swasta.

Adapun peran guru BK di sekolah adalah membantu siswa dalam memahami, memandirikan, dan mengembangkan potensi yang dimiliki siswa secara optimal sehingga siswa dapat bersikap dengan baik dalam hidupnya.

Di samping itu, Guru BK juga dapat ditemukan di perguruan tinggi, lembaga pendidikan non-formal, serta pusat-pusat bimbingan karir dan konseling.

Rata-Rata Gaji Guru BK

Menjadi guru BK merupakan peluang kerja yang cukup besar. Saat ini Indonesia membutuhkan sekitar 100.000 konselor untuk mengajar 19 juta siswa dan dikarenakan permintaan yang masih tinggi.

Berdasarkan hal tersebut, tentu saja bekerja menjadi guru BK di Indonesia bisa mendapatkan gaji yang cukup tinggi yakni berkisar Rp2.000.000 sampai Rp 8.000.000 per bulan.

Cari Tahu Profesi Lainnya


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!