gaji Youtuber 100.000 subscriber

Berapa Gaji Youtuber 100.000 Subscriber? Cek Perhitungannya Di Sini!

Gaji Youtuber 100.000 subscriber menjadi topik hangat terkini. Karena banyak orang yang secara sadar membuat konten di YouTube untuk menghasilkan uang dalam beberapa tahun terakhir, akun YouTube harus memenuhi persyaratan monetisasi. 

Anda bisa mendapatkan jutaan bahkan miliaran dengan bekerja sebagai pembuat konten YouTube. Untuk memonetisasi akun YouTube, seseorang harus memenuhi persyaratan kelayakan minimum untuk bergabung dengan Program Mitra YouTube. 

Beberapa syarat untuk memonetisasi video YouTube antara lain jumlah subscriber atau minimal 1.000 subscriber dan total penonton minimal 4.000 jam tonton. Secara umum, pendapatan seorang youtuber berbeda-beda dan tergantung dari beberapa faktor. 

Sumber Gaji Youtuber 100.000 Subscriber

Youtuber atau yang sering disebut juga sebagai Content Creator adalah istilah untuk pembuat konten YouTube. Dalam beberapa tahun terakhir, minat masyarakat untuk menjadi seorang YouTuber sangat tinggi. Salah satu alasan utamanya adalah gaji para content creator yang tidak sedikit. 

Sebelum mengetahui gaji Youtuber 100.000 subscriber, tidak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu dari mana asal sumber gaji youtuber. Seorang Content creator dibayar untuk iklan atau Adsense yang disertakan dalam konten videonya. 

Namun, ada beberapa persyaratan bagi pembuat konten untuk memonetisasi YouTube. Beberapa syarat tersebut, yaitu sudah memiliki akun terverifikasi, 1.000 subscriber, tidak ada spam, dan mendapatkan 4.000 jam menonton per tahun. 

Jika syarat tersebut terpenuhi, pengguna Youtube harus mendaftarkan akunnya ke Youtube Adsense. Jika pendaftaran Adsense disetujui, Youtuber sudah dapat mulai menerima iklan yang menghasilkan uang.

Baca juga: Cara menjadi promotor sebuah konser

Perhitungan Gaji Youtuber 100.000 Subscriber

Perhitungan Gaji Youtuber 100.000 Subscriber. Sumber: Pexels.com
Perhitungan Gaji Youtuber 100.000 Subscriber. Sumber: Pexels.com

Masih banyak yang melakukan kesalahan saat melihat gaji Content creator. Hasil gaji youtuber tidak sama dan tetap setiap bulannya. Pembayaran yang didapatkan sebenarnya berdasarkan CPM (Cost Per Mile) dan CPC (Cost Per Click). 

CPM adalah biaya setiap 1.000 iklan di video. Semakin tinggi biaya iklan, semakin banyak uang yang dihasilkan. Menurut aturan YouTube, setiap iklan memiliki nominal biaya yang berbeda. CPC adalah harga yang dibayarkan untuk setiap pemirsa yang mengklik iklan. 

Harganya bervariasi antara 5.000 dan 12.000 euro. Biasanya biaya ini lebih tinggi dari CPM. Perhitungan gaji Youtuber 100.000 subscriber didasarkan pada rumus RPM (Revenue per Impression). RPM adalah pendapatan dibagi jumlah halaman dikalikan 1.000. 

Gaji Content creator dihasilkan dari jumlah CPM dan CPC. tidak hanya berasal dari RPM, tetapi juga bisa berasal dari kolaborasi, endorsement atau iklan produk dan layanan yang kebijakannya bergantung pada pemilik saluran Rumus RPM bisa digunakan dalam perhitungan gaji Youtuber. 

Jika ada pengguna YouTube yang menghasilkan $1,8 per 50 tampilan, RPM yang dihasilkan adalah $36. Gaji yang dikonversi ke Rupiah adalah Rp 559.818. Berapa gaji Youtuber untuk 100.000 subscriber? 

Gaji Youtuber 100.000 subscriber berkisar antara Rp7.000.000 hingga Rp120.000.000. Berapa Banyak Content creator Dengan 1 Juta Pelanggan Dibayar? Gaji seorang YouTuber dengan satu juta pelanggan bervariasi dari 128.000.000 hingga 2.038.354.000 rubel. 

Salah satu YouTuber Indonesia, Tiara Andin, memiliki 1,95 juta pelanggan dan penghasilan bulanan sekitar $4.700. Jumlah tersebut setara dengan 73 juta rupiah hingga 730 juta rupiah.

Lalu, berapa gaji youtuber dengan 10 juta subscriber? Salah satu akun yang bisa diperhitungkan adalah akun Stray Kids. Akun ini memiliki total 10,8 juta pelanggan dengan penghasilan bulanan mulai dari $27.500 hingga $440.100. Jumlah tersebut setara dengan 420 miliar rupiah hingga 6 triliun rupiah.

Cara Mengecek Gaji Youtuber 100.000 Subscriber

Langkah pertama, silakan buka www.socialblade.com. Setelah masuk ke halaman website, langkah selanjutnya adalah mengetikkan nama saluran YouTube yang ingin diketahui penghasilannya pada kotak pencarian. 

Pada langkah ini akan banyak saluran media sosial lainnya akan muncul. Langkah terakhir adalah pilih satu akun YouTube yang ingin dicek pendapatannya. 

Dari sana, Anda bisa melihat rating atau perkiraan gaji Youtuber dengan 100.000 subscriber selama sebulan terakhir. Bahkan Anda juga bisa melihat jumlah penayangan video dan jumlah total subscriber pada minggu dan bulan lalu.

Dari beberapa informasi dan cara di atas, tentunya akan mempermudah Anda dalam memperhitungkan pendapatan para Content creator dalam pasar masa kini. Mulai dari gaji Youtuber 100.000 subscriber hingga yang memiliki ribuan subscriber juga bisa diperhitungkan dengan mudah.

Baca juga: 17 Cara Menjadi YouTuber Pemula yang Sukses, Pasti Berhasil!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!