Apa Itu Field Collection?

Field collection adalah profesi dimana seseorang memiliki tugas secara langsung untuk berkunjung pada nasabah yang memiliki tunggakan. Pada dasarnya, urusan penagihan sendiri merupakan bagian penting dalam pelunasan utang.

Field collection akan memberikan pengertian secara persuasif untuk menjelaskan segala konsekuensi yang ada jika pelunasan sampai terlambat. Sedangkan untuk tenggat waktunya sendiri secara umum maksimal berkisar dalam 7 hari.

Perlu diketahui bahwa tenggat waktu berhubungan dengan target para kolektor setiap bulannya. Mereka bahkan tidak ragu untuk melakukan kunjungan harian jika memang diperlukan demi mengejar target yang ada.

Para debitur atau nasabah dapat melakukan pembayaran langsung melalui field collection. Sehingga, FC juga perlu memberikan bukti pembayaran resmi. Dan pekerjaan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang memang berhubungan dengan penagihan.

Field Collection

Tugas Field Collection

  • Mengingatkan Penagihan 

Sebelum mendatangi debitur, FC akan terlebih dahulu memberikan surat sebagai sebuah pengingat. Apabila setelah selang beberapa hari utang masih belum dibayarkan, maka pada saat itu FC akan datang melakukan penagihan.

  • Memberi Opsi Pembayaran dalam Upaya Negosiasi

Salah satu tugas field collection adalah memberikan opsi kepada peminjam terkait waktu dan jenis pembayarannya. Karena, pada umumnya para peminjam ini akan meminta waktu lebih atau mengundur waktu pembayaran.

  • Memberi Surat Penagihan

Sebenarnya pemberian surat penagihan ini adalah tugas awal seorang FC. Biasanya pemberian surat ini dilakukan sebelum pembayaran mengalami jatuh tempo. Pada kondisi ini, FC belum menagih karena tahap selanjutnya adalah pemberian pengingat tagihan.

  • Memantau Pembayaran

Tugas selanjutnya field collection adalah melakukan pemantauan atau monitoring pembayaran debitur. FC perlu memastikan apakah pihak peminjam menepati janjinya atau tidak. Jika tidak, maka FC akan melakukan penagihan pada saat itu juga.

Perlu digaris bawahi bahwa tidak ada satupun alasan yang membenarkan adanya kekerasan baik verbal maupun fisik saat proses penagihan. Field collection juga perlu memberikan bukti pembayaran yang sah nantinya dari perusahaan.

  • Bekerja sama dengan Tim Internal

Salah satu kendala dalam profesi ini adalah kesulitan menemui peminjam saat akan ditagih. Bahkan tidak jarang beberapa dari mereka sulit dilacak keberadaannya karena menghindari pembayaran utang atau tagihan.

Pada kondisi seperti itu, pelacakan ekstra perlu dilakukan demi menemukan keberadaan debitur. Tim internal field collection adalah salah satu solusi dari perusahaan agar dapat melakukan pelacakan dengan lebih mudah.

  • Melakukan Pelacakan terhadap Alamat Debitur

Untuk melakukan kunjungan, tentu diperlukan informasi alamat dari orang yang akan didatangi. Dalam hal ini, FC biasanya memiliki daftar debitur untuk dikunjungi sesuai area kerjanya. Sehingga, melakukan pelacakan alamat sudah pasti menjadi salah satu tugasnya.

  • Melaporkan Tugas

Dan pada tahap akhir, tugas field collection adalah memberikan laporan tugas setiap bulannya berdasarkan target pencapaian. Laporan memuat informasi secara menyeluruh terkait para debitur.

Misalnya seperti siapa saja yang melakukan pembayaran dan mereka yang bermasalah seperti sulit ditemui atau dihubungi. Serta beberapa dari mereka yang juga memberikan janji pembayaran pada tanggal tertentu.

Melalui penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa field collection adalah pekerjaan dengan tugas yang tidak semudah kedengarannya. Dibutuhkan pengorbanan waktu hingga tenaga untuk akhirnya dapat melakukan dan menyelesaikan tugas mereka dengan baik.

Kesulitan yang Kerap Dihadapi Field Collection

Salah satu tantangan utama dalam field collection adalah menghubungi pelanggan yang memiliki tunggakan pembayaran. Pelanggan mungkin tidak merespons panggilan telepon atau pesan, atau mereka mungkin sulit dijangkau karena alasan tertentu. Untuk mengatasi masalah ini, tim penagihan perlu memiliki strategi komunikasi yang efektif, seperti mencoba berbagai metode kontak seperti telepon, SMS, email, atau kunjungan langsung ke alamat pelanggan. Selain itu, penting untuk memiliki catatan yang akurat tentang setiap upaya komunikasi yang dilakukan.

Tidak hanya menghadapi kesulitan dalam menghubungi pelanggan, pada beberapa kasus tim penagihan mungkin akan menghadapi situasi yang kurang aman atau sensitif saat mengunjungi pelanggan di lokasi mereka. Ini dapat mencakup tempat-tempat yang berpotensi berbahaya atau pelanggan yang tidak kooperatif secara fisik. Penting bagi tim penagihan untuk menjaga keamanan mereka sendiri dengan mengikuti prosedur keamanan yang ditetapkan dan bekerja dalam tim atau pasangan jika diperlukan. Selain itu, perhatikan juga kebijakan privasi pelanggan untuk memastikan bahwa informasi pribadi mereka tetap terlindungi.

Selain itu, tidak semua pelanggan akan dengan sukarela membayar tagihan yang tertunda. Beberapa mungkin menolak atau menunda pembayaran karena alasan keuangan atau masalah lainnya. Tim penagihan perlu memiliki keterampilan negosiasi yang kuat untuk mengatasi penolakan ini. Penting untuk mendengarkan pelanggan dengan empati, mencoba memahami masalah mereka, dan menawarkan solusi yang memungkinkan mereka membayar tunggakan mereka dengan cara yang memadai.

Skill yang Harus Dikuasai Field Collection

Negosiasi

Seorang aktuaris harus memiliki pemahaman yang kuat dalam matematika dan statistik. Mereka harus mampu menguasai konsep-konsep seperti probabilitas, analisis regresi, dan teori risiko. Keahlian ini memungkinkan mereka untuk melakukan perhitungan dan analisis yang kompleks dalam menilai risiko keuangan.



Komunikasi yang Efektif

Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting dalam penagihan lapangan. Seorang penagih lapangan harus dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan para debitur. Mereka perlu mampu mengungkapkan informasi tentang tagihan dengan tegas namun tetap bersikap profesional dan empatik. Kemampuan untuk mendengarkan dengan baik juga sangat penting agar penagih dapat memahami situasi debitur dan mencari solusi yang sesuai.

Pengetahuan Hukum

Dalam bidang penagihan lapangan, pengetahuan tentang hukum terkait penagihan utang sangat penting. Seorang penagih lapangan harus memahami hak dan kewajiban mereka serta batasan hukum yang berlaku dalam proses penagihan. Hal ini membantu mereka untuk menjalankan tugas mereka dengan etika dan memastikan bahwa semua tindakan yang diambil sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kemampuan Menyusun Rencana

Seorang penagih lapangan harus memiliki kemampuan untuk menyusun rencana yang efektif dalam menagih piutang. Mereka perlu menganalisis data dan informasi tentang debitur untuk mengidentifikasi pendekatan yang tepat. Kemampuan untuk mengatur prioritas dan mengelola waktu dengan baik juga penting dalam menyusun rencana penagihan yang efisien.

Empati dan Ketekunan

Kemampuan untuk bersikap empatik terhadap situasi debitur dan menunjukkan pengertian terhadap kesulitan yang mereka hadapi dapat membantu menciptakan hubungan yang lebih baik. Ketekunan juga penting dalam penagihan lapangan karena prosesnya bisa memakan waktu dan membutuhkan kesabaran dalam menyelesaikan kasus yang sulit.

Cara Menjadi Field Collection

1. Pendidikan dan Pelatihan

Pertama-tama, penting untuk membangun dasar pengetahuan dan keterampilan yang kuat dalam bidang ini. Meskipun tidak ada persyaratan pendidikan khusus, memiliki latar belakang pendidikan di bidang keuangan atau bisnis akan menjadi nilai tambah. Selain itu, mengikuti pelatihan tentang keterampilan komunikasi, negosiasi, dan penyelesaian konflik juga akan sangat bermanfaat.

2. Pahami Peraturan dan Kebijakan

Sebagai seorang Field Collection, Anda perlu memahami peraturan dan kebijakan terkait penagihan tunggakan. Pelajari dengan seksama hukum yang berlaku dalam industri ini, termasuk Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Mengetahui hak dan kewajiban Anda serta hak-hak pelanggan akan membantu Anda menghadapi situasi yang beragam dengan percaya diri dan profesionalisme.

3. Memiliki Pengetahuan tentang Produk atau Layanan

Mengetahui tentang produk atau layanan yang Anda tagih akan memberikan keunggulan dalam menyelesaikan tugas Anda. Pelajari dengan baik tentang produk atau layanan perusahaan Anda, sehingga Anda dapat menjelaskan dengan baik kepada pelanggan tentang manfaat dan nilai yang diberikan. Hal ini juga akan membantu Anda dalam memberikan penjelasan yang meyakinkan kepada pelanggan yang mengalami ketidakpuasan.

4. Disiplin dan Konsistensi

Disiplin dan konsistensi merupakan kunci kesuksesan dalam pekerjaan ini. Jadwalkan kunjungan secara teratur dan tepat waktu. Pastikan Anda memiliki sistem pencatatan yang baik untuk melacak setiap interaksi dengan pelanggan. Selain itu, tetaplah profesional dan jaga integritas dalam melakukan tugas Anda. Hal ini akan membangun reputasi yang baik dan memperoleh kepercayaan dari pelanggan.

5. Mengikuti Perkembangan Industri

Terakhir, tetaplah selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam industri penagihan tunggakan. Pelajari tentang inovasi dan teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan Anda. Selalu beradaptasi dengan perubahan dan tingkatkan keterampilan Anda secara terus-menerus agar tetap kompetitif.



Jenjang Karir Field Collection

Collector (Kolektor)

Posisi ini adalah posisi awal di bidang koleksi. Sebagai seorang kolektor, Anda akan bertanggung jawab untuk menghubungi pelanggan yang memiliki tagihan yang belum dibayar dan menegosiasikan pembayaran yang tepat. Anda juga akan belajar tentang hukum dan peraturan terkait penagihan yang akan membantu Anda dalam melakukan tugas Anda dengan efektif.

Collections Supervisor (Pengawas Koleksi)

Setelah mengumpulkan pengalaman sebagai kolektor, Anda dapat naik ke posisi pengawas koleksi. Di sini, Anda akan mengawasi tim kolektor dan memastikan mereka mencapai target penagihan yang ditetapkan. Anda juga akan bertanggung jawab untuk melatih dan membimbing anggota tim dalam strategi penagihan yang efektif.

Collections Analyst (Analis Koleksi)

Sebagai analis koleksi, Anda akan bekerja dengan data dan menganalisis tren penagihan. Anda akan menggunakan alat analisis untuk mengidentifikasi pelanggan yang memiliki risiko tinggi tidak membayar dan mengembangkan strategi untuk mengurangi risiko tersebut. Pemahaman yang mendalam tentang analisis data dan keuangan akan menjadi keunggulan dalam peran ini.

Collections Manager (Manajer Koleksi)

Sebagai manajer koleksi, Anda akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam mengatur operasi penagihan perusahaan. Anda akan mengawasi tim koleksi, mengembangkan dan melaksanakan strategi penagihan, serta bekerja sama dengan departemen keuangan dan hukum. Posisi ini membutuhkan keahlian kepemimpinan dan kemampuan dalam mengambil keputusan strategis.

Dimana Field Collection Bekerja?

1. Kantor Perusahaan Keuangan

Banyak perusahaan keuangan memiliki departemen Field Collection yang berlokasi di kantor pusat mereka. Para pekerja akan ditempatkan di kantor ini dan bertugas untuk mengumpulkan pembayaran dari nasabah yang memiliki tunggakan tagihan.

2. Lapangan

Salah satu karakteristik utama pekerjaan Field Collection adalah pekerjaan di lapangan. Para pekerja akan pergi ke tempat tinggal, kantor, atau tempat usaha individu yang memiliki tunggakan tagihan. Mereka akan bertemu langsung dengan orang tersebut untuk mengumpulkan pembayaran atau membuat pengaturan pembayaran.

3. Rumah Tangga

Field Collection juga bisa bekerja di rumah tangga. Dalam hal ini, mereka akan mengunjungi rumah-rumah individu yang memiliki tagihan tertunggak dan mencoba untuk mengumpulkan pembayaran secara langsung.

4. Perusahaan Penagihan

Beberapa perusahaan khusus penagihan menyediakan layanan Field Collection kepada klien mereka. Para pekerja akan bekerja di perusahaan ini dan mengumpulkan pembayaran dari individu atau bisnis atas nama klien mereka.

5. Kantor Pusat

Selain bekerja di lapangan, sebagian pekerja Field Collection juga bekerja di kantor pusat perusahaan yang mempekerjakan mereka. Tugas mereka meliputi analisis data, pemantauan tunggakan tagihan, dan mengatur kunjungan ke lapangan.

Rata-Rata Gaji Field Collection

  • Collector (Kolektor) Rp 2.800.000 – Rp 4.500.000
  • Collections Supervisor (Pengawas Koleksi) Rp 3.700.000 – Rp 5.800.000
  • Collections Analyst (Analis Koleksi) Rp 6.000.000 – Rp 8.100.000
  • Collections Manager (Manajer Koleksi) > Rp 9.000.000 > Rp 9.000.000