10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

contoh dialog menawarkan produk ke konsumen sebagai spg

Contoh Dialog Menawarkan Produk ke Konsumen Sebagai SPG

Contoh dialog menawarkan produk ke konsumen sebagai SPG sering dicari serta dibutuhkan oleh beberapa orang supaya mudah dalam melakukan penjualan produknya, khusunya bagi Anda yang merupakan karyawan pemula pada divisi ini pasti membutuhkan contoh tersebut.

Namun tidak semua orang memahami bagaimana cara menyampaikan pendapat untuk melakukan kegiatan penawaran dengan tepat, alhasil hampir sebagian besar orang mengalami kesulitan untuk mendapatkan pesanan sesuai dengan target penjualan yang telah ditetapkan.

Oleh sebab itulah jika Anda merupakan pemula pada bagian pekerjaan ini, wajib memahami cara serta contoh dialog menawarkan produk ke konsumen sebagai SPG. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah Anda dalam menawarkan produk sehingga lebih lancar.

Berbagai Contoh untuk Dipelajari

Banyak orang belum begitu memahami atau merasa susah untuk mempelajari suatu hal tanpa ada contohnya, hal tersebut dikarenakan mereka tidak bisa membayangkan bagaimana langkah tepat dalam mempraktikkan setiap pelajaran yang diterima sehingga berjalan lancar.

Oleh sebab itulah sebaiknya Anda mempelajari mengenai contoh dialog menawarkan produk ke konsumen sebagai SPG, karena memiliki tujuan mempermudah setiap kegiatan saat akan memperjualbelikan produk jualan milik Anda kepada pembeli sehingga sesuai target.

Dalam kegiatan pemasaran sendiri, biasanya sales promotion girls atau SPG dalam kegiatan menawarkan produknya terbagi dalam empat bagian mulai dari salam, presentasi, menanggapi keberatan, hingga closing. Kami akan memberikan semua contoh untuk Anda.

  1. Tahap Salam

Contoh dialog menawarkan produk ke konsumen sebagai SPG pada tahapan salam pembuka wajib diperhatikan dengan seksama, karena kesan pertama sangat berpengaruh bagi keputusan pembeli saat akan membeli produk yang akan Anda tawarkan sebagai SPG.

Beberapa jenis salam yang sering digunakan adalah “selamat pagi” dan lain sebagainya, namun penggunaan salam seperti sudah dapat dikatakan terlalu kuno. Gunakanlah kata-kata yang lebih atraktif seperti “bagaimana kabarnya bapak dan ibu” menyesuaikan lawan bicara.

Jangan lupa saat menerapkan contoh dialog menawarkan produk ke konsumen sebagai SPG tersebut harus disertai dengan senyuman. Anda juga harus bertindak sedikit agresif dengan menerapkan metode jemput bola atau seorang SPG memberi salam lebih dulu sebagai awal.

  1. Presentasi Produk

Setelah berhasil memberikan salam dan pembeli akan membalas salam tersebut, pastikan jangan sampai ada jeda waktu. Gunakanlah tanggapan tersebut untuk memulai menawarkan serta mempresentasikan produk yang menjadi barang dagangan Anda dengan jelas dan tegas.

Sebagai contoh dialog menawarkan produk ke konsumen sebagai SPG, lakukan dengan mengalir jangan terlalu tegang dan saklek saat menjelaskan. Berikanlah beberapa promo menarik konsumen seperti “jika membeli sekarang, kami akan memberikan diskon menarik”.

Selain itu juga mulai harus mempelajari product knowledge terlebih dahulu, sehingga ketika ditanya oleh konsumen mampu menjelaskan keunggulan serta kelebihan produk dibandingkan milik merk lainnya. Hal ini akan sangat menguntungkan target penjualan Anda.

  1. Menanggapi Keberatan

Contoh dialog menawarkan produk ke konsumen sebagai SPG selanjutnya terjadi setelah Anda berhasil mempresentasikan barang dagangan kepada konsumen, biasanya konsumen akan memberi tanggapan maupun kritik pedas ketidak setujuan atas presentasi tersebut

Kunci dari tahap ini adalah pastikan Anda sebagai sales mampu mendengarkan keseluruhan pendapat konsumen tersebut, jangan sekali-kali memotong mereka saat berbicara. Hal ini akan memberikan kesan buruk di mata mereka, sehingga menurunkan persentase transaksi.

Setelah mereka selesai memberikan keberatan yang disampaikan, Anda harus membalas keberatan tersebut dengan kata lembut seperti “benar kata bapak atau ibu, bahwa sekarang belum begitu membutuhkannya, namun didalam produk ini memiliki banyak manfaat”.

  1. Closing

Setelah berhasil menerapkan contoh dialog menawarkan produk ke konsumen sebagai spg pada tahap menanggapi keberatan konsumen, kini saatnya Anda harus melakukan teknik closing sehingga konsumen memberikan keputusan untuk membeli produk milik Anda.

Dengan melakukan teknik closing yang tepat, konsumen akan merasa bahwa produk milik Anda sangat bermanfaat sehingga mereka akan membelinya tanpa berpikir dua kali. Poin utama dari tahap ini adalah menghasilkan penjualan bagi Anda sehingga barang dapat terjual.

Tunjukan betapa bahagianya Anda ketika konsumen telah membeli barang dagangan, seperti “terima kasih kepada bapak dan ibu, semoga kian dilimpahi rejekinya. Kami akan menunggu pembelian bapak dan ibu selanjutnya, tentu saja akan mendapatkan promo menarik”.

Beberapa kalimat tersebut hanyalah percontohan, Anda tetap bisa mengembangkan contoh dialog menawarkan produk ke konsumen sebagai spg supaya lebih menarik.

Bagikan Artikel: