surat perpanjangan kontrak kerja

Surat Perpanjangan Kontrak Kerja: Panduan Lengkap untuk Karyawan dan Perusahaan!

Apakah Anda bekerja dengan kontrak kerja yang akan segera berakhir? Apakah Anda ingin memperpanjang masa kontrak tersebut? Jika demikian, maka surat perpanjangan kontrak kerja adalah hal yang perlu Anda pertimbangkan. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail apa itu surat perpanjangan kontrak kerja, bagaimana cara membuatnya, dan menyediakan contoh surat perpanjangan kontrak kerja yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Apa itu Surat Perpanjangan Kontrak Kerja?

Surat perpanjangan kontrak kerja adalah dokumen resmi yang digunakan untuk memperpanjang jangka waktu suatu kontrak kerja yang sebelumnya telah disepakati. 

Hal ini umumnya terjadi ketika pekerja dan perusahaan sepakat untuk melanjutkan hubungan kerja mereka setelah kontrak sebelumnya berakhir. Surat perpanjangan kontrak kerja menggambarkan persyaratan baru, seperti masa berlaku yang diperpanjang, perubahan gaji, atau ketentuan lain yang diperlukan.

Tujuan Surat Perpanjangan Kontrak Kerja

  • Memperpanjang Masa Kerja: Tujuan utama dari surat perpanjangan kontrak kerja adalah memungkinkan karyawan untuk tetap bekerja di perusahaan setelah berakhirnya kontrak awal.
  • Mengatur Ulang Syarat-Syarat: Surat perpanjangan kontrak kerja juga dapat digunakan untuk mengatur ulang syarat-syarat kerja seperti gaji, jadwal kerja, atau tanggung jawab pekerjaan.
  • Memberikan Kedua Belah Pihak Kepastian: Dokumen ini memberikan kepastian kepada kedua belah pihak, sehingga karyawan tidak perlu khawatir tentang status pekerjaannya, sementara perusahaan memiliki waktu lebih lama untuk mencari pengganti jika diperlukan.

Baca juga: Cara Menanyakan Perpanjangan Kontrak Kerja dan Tips Nego Gajinya!

Cara Membuat Surat Perpanjangan Kontrak Kerja

Cara Membuat Surat Perpanjangan Kontrak Kerja. Sumber: pexels.com

Membuat surat perpanjangan kontrak kerja memerlukan perhatian terhadap detail-detail penting. Berikut adalah panduan langkah demi langkahnya:

1. Peninjauan Kontrak Awal: Pertama-tama, tinjau kontrak kerja awal dan identifikasi detail yang akan diperpanjang atau diubah.

2. Persiapkan Dokumen: Buat dokumen yang mencakup informasi berikut:

  • Identitas karyawan dan perusahaan.
  • Tanggal berakhirnya kontrak awal.
  • Tanggal perpanjangan yang diusulkan.
  • Syarat-syarat baru jika ada perubahan.
  • Gaji dan tunjangan (jika berlaku).
  • Tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang diperbarui (jika ada).

3. Diskusikan Bersama: Jelaskan perubahan kepada karyawan dan berikan kesempatan bagi mereka untuk mengajukan pertanyaan atau menyatakan kekhawatiran mereka.

4. Tandatangan: Setelah kedua belah pihak sepakat, tandatangani surat perpanjangan kontrak kerja dengan baik oleh karyawan dan perusahaan.

5. Arsipkan Salinan: Pastikan kedua belah pihak memiliki salinan surat perpanjangan kontrak kerja untuk referensi di masa mendatang.

Contoh Surat Perpanjangan Kontrak Kerja



1. Contoh surat perpanjangan kontrak kerja karyawan swasta

2. Contoh surat perpanjangan kontrak kerja pegawai dinas

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

3. Contoh surat perpanjangan kontrak kerja pegawai honorer 

Baca juga: Cara Menolak Tawaran Kerja Karena Sudah Bekerja

Pastikan untuk menyesuaikan surat perpanjangan kontrak kerja dengan informasi yang sesuai, seperti nama pekerja, tanggal, gaji, dan ketentuan lainnya. Selalu pastikan bahwa surat perpanjangan kontrak kerja disusun dengan jelas dan transparan untuk menghindari kebingungan di masa depan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!