rekomendasi pasang paket wifi murah

10 Rekomendasi Pasang Paket Wifi Murah Buat di Rumah

Mengetahui rekomendasi pasang paket wifi murah menjadi langkah terbaik sebelum menentukan paket wifi mana akan digunakan di rumah. Selain memilih harga murah, kualitasnya juga harus terbaik karena digunakan untuk kebutuhan keluarga di rumah.

Internet sendiri sudah menjadi kebutuhan bagi manusia saat ini. Hampir seluruh kegiatan mulai dari bisnis, pekerjaan, interaksi, kini menggunakan internet. Tidak heran mulai banyak yang menggunakan WIFI untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Penggunaan Wifi dianggap lebih hemat jika dibandingkan harus membeli paket internet setiap minggunya. Apalagi saat ini banyak rekomendasi pasang paket wifi murah yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan.

Menurut Watech, wifi merupakan teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan akses Internet nirkabel berkecepatan tinggi. Wifi dapat Anda gunakan dalam dunia digital sesuai dengan berbagai kebutuhan.

Rekomendasi Pasang Paket Wifi Murah

rekomendasi pasang paket wifi murah
Rekomendasi Pasang Paket Wifi Murah. Sumber: Pixabay.com

1. Iconnect

Penyedia jasa pemasangan Wifi ini merupakan anak perusahaan PLN persero dan memberikan layanan broadband stromnet pada masyarakat Indonesia. Paket yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal, serta bundling dengan layanan listrik.

Untuk program Iconnect ini masih terbilang baru sekali diperkenalkan pada masyarakat. Tapi sudah cukup banyak yang memasang atau menggunakannya. Untuk saat ini juga sedang ada promo menarik sekali.

Pilihan paketnya juga beragam, mulai dari Rp 185.000-679.000 sudah bisa memasangnya. Harga tersebut tergantung jenis paket apa yang Anda pilih.

2. IndiHome

Untuk rekomendasi pasang paket wifi murah satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Merupakan layanan berasal dari perusahaan PT. Telkomsel Indonesia, paling populer dikalangan masyarakat.

Menariknya dari provider ini menawarkan koneksi internet yang berkualitas juga cepat. Jangkauannya juga luas bahkan bisa sampai ke lokasi-lokasi pelosok. Pilihan layanan, harga, serta fiturnya terbilang beragam sekali.

Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan atau budget yang Anda miliki, untuk tahun ini bisa mulai dari Rp 75.000-965.000 per bulan.  

3. Biznet Home

Rekomendasi pasang paket wifi murah selanjutnya adalah Biznet Home, yakni merupakan provider jangkauannya sudah cukup luas saat ini. Setidaknya kurang lebih 100 koa di Indonesia sudah terjangkau jaringan Biznet Home dan terus bertambah.

Paketan yang ditawarkan juga terbilang murah, Anda bisa mendapatkannya mulai dari Rp 300.000 perbulannya. Kecepatannya juga stabil dan cepat, meski dalam keadaan cuaca buruk sekalipun. 

Namun sayangnya, untuk biaya pemasangan dan perangkatnya yang mahal. Bisa dikenakan biaya mulai dari Rp 750.000-900.000.



4. MNC Play

Selain beberapa rekomendasi sudah kami sebutkan sebelumnya ada MNC Play bisa dijadikan sebagai salah satu pertimbangan. Anda pastinya sudah kenal dengan perusahaan MNC, dan iklan untuk produk MNC Play ini cukup sering ditayangkan.

Provider internet ini terkenal karena jaringannya yang berkualitas juga cepat. Sebagai informasi tambahan, MNC Play sudah mengadopsi teknologi FTTH juga kabel fiber optik. Namun sayangnya saat ini penggunaannya masih terbatas di kota-kota besar saja. Bagi Anda yang berada di Jakarta dan Surabaya, bisa mempertimbangkan untuk menggunakan MNC Play.

5. Groovy

Rekomendasi pasang paket wifi murah untuk Anda pasang di rumah adalah Groovy. Jika berbagai layanan sebelumnya membatasi kecepatan internetnya, berbeda dengan Groovy yang memiliki format beda.

Di sini menyediakan paketan unlimited speed atau tidak ada batasan sama sekali pada kecepatan internet yang digunakan. Harganya juga tidak terlalu mahal, yakni mulai dari Rp 249.000 perbulannya.

Tapi untuk harga tersebut, bukan layanan unlimited speed. Melainkan untuk kecepatan 100 Mbps dan ada kelebihan lainnya yakni TV kabel. Sayangnya, tidak semua daerah bisa menikmati layanan dari Groovy.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

6. First Media

Menyediakan layanan internet cukup andal berikut juga dengan TV kabel yang bisa diperhitungkan keberadaannya di pasaran. Untuk paketnya sendiri mulai dari Rp 299.000/bulan. 

Hal menarik dari perusahaan ini jangkauannya sudah terbilang luas. Kekurangannya paket di First Media ini sering mengalami error dan jaringannya juga bisa lambat dalam keadaan tertentu seperti hujan atau mendung.

Anda bisa mulai mempertimbangkan memilih layanan mana paling terbaik, dengan sejumlah rekomendasi pasang paket wifi murah sudah kami sarankan di atas.

7. MyRepublic

MyRepublic adalah salah satu penyedia layanan internet yang menawarkan berbagai paket WiFi atau layanan internet nirkabel di berbagai negara, terutama di wilayah Asia Pasifik. Mereka dikenal karena menawarkan layanan internet yang cepat dengan fokus pada kecepatan dan kualitas koneksi.

Paket WiFi dari MyRepublic biasanya mencakup berbagai pilihan kecepatan internet, alokasi data, dan fitur tambahan seperti layanan panggilan telepon atau TV kabel, tergantung pada paket yang Anda pilih. Beberapa paket mungkin ditargetkan untuk rumah tangga, sedangkan yang lain mungkin lebih ditujukan untuk bisnis. Harga paket wifi dari MyRepublic adalah mulai dari Rp 307.000/bulan

8. ICONNet

ICONNet merupakan layanan yang ditawarkan oleh sebuah penyedia layanan internet atau teknologi informasi. Perusahaan ini menyediakan layanan paket Wifi mulai Rp 135.000bulan.



9. CBN Fiber

CBN Fiber adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh CBN Fiber. Biasanya, paket WiFi dari penyedia serat optik seperti CBN Fiber mencakup perangkat WiFi dan akses ke jaringan internet melalui koneksi serat optik yang cepat. Pelanggan dapat memilih berbagai kecepatan dan kapasitas data sesuai dengan kebutuhan mereka. Harga paket dari CBN Fiber mulai Rp 299.000/bulan.

10. XL Fiber

XL Fiber merupakan paket WiFi yang disediakan oleh XL Axiata bisa mencakup perangkat WiFi dan akses internet melalui jaringan fiber optic mereka. Layanan semacam ini umumnya memungkinkan pelanggan untuk menghubungkan berbagai perangkat ke jaringan internet dengan kecepatan tinggi dan kualitas koneksi yang baik. Harga dari layanan ini yaitu mulai Rp 349.000/bulan.

Baca juga: rekomendasi pasang paket wifi murah

Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Pasang Paket WiFi di Rumah

1. Kecepatan Internet

Tentukan berapa kecepatan internet yang Anda butuhkan. Pertimbangkan jumlah perangkat yang akan terhubung ke jaringan, serta jenis aktivitas online yang akan Anda lakukan (misalnya, streaming video, bermain game, bekerja dari rumah, atau hanya berselancar). Pilih paket dengan kecepatan yang sesuai agar koneksi tetap lancar.

2. Ketersediaan Penyedia

Teliti penyedia layanan internet yang tersedia di daerah Anda. Bandingkan paket dan harga dari berbagai penyedia untuk memastikan Anda mendapatkan pilihan yang terbaik.

3. Teknologi Jaringan

Pastikan Anda memahami teknologi jaringan yang digunakan oleh penyedia. Fiber optik biasanya menawarkan kecepatan dan stabilitas yang lebih baik daripada teknologi lain seperti DSL atau kabel.

4. Batasan Data

Periksa apakah paket memiliki batasan data atau tidak. Beberapa paket mungkin memiliki kuota data bulanan, dan Anda perlu memastikan bahwa kuota tersebut mencukupi untuk aktivitas online Anda.

5. Kontrak dan Biaya

Perhatikan apakah ada persyaratan kontrak berlangganan dan biaya tambahan yang perlu Anda bayar. Baca dengan seksama semua detail tentang biaya bulanan, biaya pemasangan, dan biaya lain yang mungkin timbul.

6. Peralatan dan Instalasi

Tanyakan apakah penyedia akan memberikan perangkat WiFi atau apakah Anda perlu membeli sendiri. Pastikan Anda memahami proses instalasi dan apakah teknisi akan datang ke rumah Anda.

7. Stabilitas Koneksi

Pertimbangkan stabilitas koneksi yang ditawarkan oleh penyedia. Baca ulasan pelanggan atau tanyakan kepada orang yang sudah menggunakan layanan dari penyedia yang sama.

8. Layanan Pelanggan

Pastikan penyedia memiliki layanan pelanggan yang responsif dan mudah dihubungi jika Anda mengalami masalah atau pertanyaan.

9. Rencana Peningkatan Masa Depan

 Pertimbangkan kebutuhan Anda di masa depan. Apakah Anda berencana untuk menambah perangkat atau meningkatkan kecepatan? Pilihlah paket yang dapat dengan mudah diupgrade jika diperlukan.

10. Keamanan Jaringan

Perhatikan opsi keamanan jaringan yang ditawarkan, seperti perlindungan dari ancaman siber dan enkripsi data.

Baca juga: Keunggulan Jurusan dan Prospek Pekerjaan Jurusan TKJ

Cara Cek Cakupan Wilayah Jaringan Wifi Rumah

1. Pergi ke Tempat yang Berbeda di Rumah Anda

Untuk memeriksa cakupan jaringan Wi-Fi, pergilah ke berbagai area di rumah Anda, termasuk area yang lebih jauh dari router atau titik akses Wi-Fi Anda.

2. Perhatikan Sinyal Wi-Fi

Di perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, perhatikan ikon atau indikator sinyal Wi-Fi. Ketika Anda berada di berbagai area rumah, amati apakah sinyal Wi-Fi melemah atau hilang sepenuhnya.

3. Uji Kecepatan Internet

Di setiap area, Anda juga dapat menguji kecepatan internet dengan menggunakan layanan pengukuran kecepatan internet seperti Speedtest. Ini akan membantu Anda mengetahui seberapa baik kualitas sinyal Wi-Fi di setiap lokasi.

4. Gunakan Aplikasi Mobile

Ada beberapa aplikasi di pasar yang dapat membantu Anda memetakan cakupan jaringan Wi-Fi di rumah. Aplikasi-aplikasi tersebut memungkinkan Anda untuk mengukur kekuatan sinyal dan mengidentifikasi area dengan sinyal yang lebih lemah. Beberapa aplikasi yang populer termasuk WiFi Analyzer (untuk Android) atau Network Analyzer (untuk iOS).

5. Gunakan Peralatan Tambahan

Jika Anda ingin melakukan pemetaan yang lebih mendetail, Anda dapat menggunakan perangkat tambahan seperti pemindai spektrum Wi-Fi atau alat pemetaan cakupan. Peralatan semacam ini memungkinkan Anda untuk melihat distribusi sinyal Wi-Fi secara visual di seluruh rumah.

6. Pertimbangkan Posisi Router atau Titik Akses

Jika Anda menemukan bahwa cakupan Wi-Fi tidak cukup baik di beberapa area, pertimbangkan untuk memindahkan router atau titik akses ke lokasi yang lebih strategis. Hindari menghalangi jalan sinyal dengan dinding tebal atau perangkat elektronik besar.

7. Pertimbangkan Ekstender Wi-Fi

Jika Anda memiliki area yang sangat sulit dijangkau oleh jaringan Wi-Fi utama, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan ekstender Wi-Fi atau mesh network. Alat-alat ini membantu memperluas cakupan jaringan Wi-Fi dengan menambahkan titik akses tambahan di area yang membutuhkan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!