10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Pekerjaan yang tidak boleh bertato

Pekerjaan yang Tidak Boleh Bertato Secara Moralitas

Pekerjaan yang tidak boleh bertato menjadi salah satu kata kunci pencarian yang terutama di dunia maya. Timbulnya mayoritas netizen yang melakukan pencarian tersebut adalah mereka yang memiliki tato di mananya. 

Jika dilihat dari segi kinerja, sebenarnya tato ini tidak memberikan pengaruh apapun kepada seseorang. Tapi jika kita melihatnya dari sisi moralitas dan representative, tentu saja ada banyak resiko yang mungkin muncul karena keberadaan tato pada tubuh seseorang.

Di Indonesia sendiri memang masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Tidak bisa disangkal memang ada beberapa profesi yang melakukan penolakan terhadap para pelamar dengan tato di badannya. Apakah ada juga pernah merasakan penolakan seperti ini?

Pekerjaan yang Tidak Boleh Bertato di Indonesia 

Setelah kami rangkum dari banyak sumber, ternyata ada 5 profesi utama yang kecil peluangnya untuk dilamar oleh mereka yang memiliki tato. Apa saja profesi tersebut? langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini pekerjaan yang tidak boleh bertato.

  1. PNS

PNS merupakan salah satu profesi yang paling sering menjadi kontroversi akibat keberadaan pelamar yang bertato. Sebenarnya ada alasan khusus kenapa pelarangan tato kerap muncul pada seleksi penerimaan PNS. Salah satunya adalah peranan PNS sebagai representasi dari pemerintah.

Di Indonesia sendiri, tidak semua orang bisa menerima tato dengan baik. Mereka masih memiliki stigma kalau tato sangat erat kaitannya dengan sesuatu yang tidak baik. Tentu saja pemerintah tidak mau cap tersebut dibebankan kepada mereka. 

  1. Guru

Pekerjaan yang tidak boleh bertato selanjutnya adalah guru. Tidak semua guru adalah PNS. Namun secara moralitas, guru adalah contoh bagi murid muridnya. Tidak hanya di Indonesia saja, ada banyak negara yang melakukan larangan tato bagi para guru. 

Ketika seorang guru memiliki tato di badannya, bagaimana mungkin mereka bisa memberikan contoh yang baik kepada murid-muridnya? Guru adalah representasi ilmu yang diterima oleh seorang murid. Semua orang pasti menginginkan guru yang sempurna dari segi keilmuan, penampilan dan moralnya.

  1. TNI

Pekerjaan yang tidak boleh bertato lainnya adalah TNI atau Tentara Nasional Indonesia. Semua calon anggota TNI harus terbebas dari yang namanya tato dan tindikan. Bagaimana tidak, TNI merupakan representasi penjaga keamanan negara. 

Mereka membutuhkan sosok yang benar-benar disiplin dan memiliki ideologi sesuai dengan kebutuhan negara. Hanya sosok-sosok berkualitas saja bisa mengisi posisi tersebut. Karenanya sangat kecil peluang mereka yang bertato untuk bergabung ke institusi satu ini.

  1. Polisi

Sama seperti TNI, Kepolisian juga menjadi salah satu profesi yang melarang anggotanya memiliki tato. Kita semua tahu kalau Tato sangat identik dengan mereka yang tidak disiplin dan memiliki gaya hidup bebas. Sedangkan kepolisian itu sangat erat dengan kedisiplinan dan kepatuhan pada hukum.

Ini merupakan dua sisi yang sangat berlawanan dan tidak mungkin disatukan. Hingga saat ini peluang mereka yang bertato untuk bergabung ke institusi Polri masih sangat kecil. Tentunya selain ketiadaan tato, masih ada syarat ketat lain yang harus dipenuhi.

  1. BUMN

Selain beberapa profesi yang sudah kami jelaskan di atas, pekerjaan yang tidak boleh bertato selanjutnya adalah BUMN. Sebagai usaha yang dikelola oleh negara, tentu saja aturan yang dibebankan terhadap BUMN juga dipantau ketat oleh negara.

Salah satunya adalah dalam seleksi penerimaan karyawan baru. Salah satu proses seleksi yang paling ketat adalah seleksi fisik. Pada proses tersebut, para penguji akan melihat dengan detail apakah terdapat tato pada bagian tubuh para pelamar.

Mengapa Tato Menjadi Masalah di Indonesia?

Indonesia merupakan negara dengan adat ketimuran yang sangat kuat. Tatakrama menjadi salah satu nilai yang paling dijaga di negeri ini. Karenanya hal hal yang berbau negatif sangat sulit untuk diterima oleh masyarakat. Salah satunya adalah tato.

Stigma masyarakat terhadap tato masih sangat negatif. Karenanya sangat kecil kemungkinan kalau tato bisa diterima dengan mudah di negara ini. Namun ada banyak solusi yang bisa ditempuh untuk menghilangkan tato dengan rapi dan permanen.

Salah satunya adalah melakukan operasi khusus untuk menghilangkan tato secara permanen yang banyak tersedia saat ini. Langkah tersebut bisa menjadi solusi terbaik jika Anda menginginkan pekerjaan yang tidak boleh bertato tersebut di atas. 

Bagikan Artikel: