kompensasi langsung dan tidak langsung

Mengenal Kompensasi Langsung dan Tidak Langsung

Kompensasi Langsung dan Tidak Langsung adalah salah satu aspek penting dalam manajemen sumber daya manusia. Dalam pengelolaan sumber daya manusia, kompensasi dikenal dengan istilah penggajian atau pemberian imbalan.  Untuk menambah pengetahuan Anda, berikut ini perbedaan kompensasi langsung dan tidak langsung, yuk simak!!!

Apa Itu Kompensasi Langsung?

Menurut Canadian Professional Sales Association, kompensasi langsung merupakan uang yang dibayarkan langsung kepada karyawan sebagai imbalan atas kerja mereka. Kompensasi langsung memiliki beberapa keuntungan, termasuk kemudahan dalam administrasi dan pengelolaan. Karyawan dapat dengan jelas melihat jumlah uang yang mereka terima sebagai imbalan atas pekerjaan mereka.

Apa Itu Kompensasi Tidak Langsung?

Menurut Canadian Professional Sales Association, kompensasi tidak langsung merupakan uang yang dibayarkan tidak langsung kepada karyawan sebagai imbalan atas kerja mereka. Kompensasi tidak langsung terdiri dari berbagai manfaat dan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan kepada karyawan sebagai bagian dari paket kompensasi mereka.

Baca juga: Jenis Serta Bentuk Kompensasi Karyawan yang Perlu Diketahui

Perbedaan Kompensasi Langsung dan Tidak Langsung

1. Kompensasi Langsung (Direct compensation)



1.   Gaji

Gaji adalah jumlah uang yang dibayarkan kepada karyawan sebagai upah dasar mereka untuk melakukan pekerjaan mereka. Ini adalah bentuk penghasilan tetap yang karyawan terima secara rutin, biasanya setiap bulan atau setiap minggu.

2.   Insentif

Insentif adalah pembayaran tambahan yang diberikan kepada karyawan berdasarkan kinerja mereka atau pencapaian tertentu. Insentif ini dapat bervariasi tergantung pada hasil kerja yang dicapai dan seringkali bersifat variabel.

3.   Bonus

Bonus adalah pembayaran tambahan yang diberikan kepada karyawan sebagai penghargaan atas kinerja yang luar biasa atau pencapaian tertentu. Bonus seringkali bersifat diskret dan dapat diberikan secara tahunan, kuartalan, atau sesuai dengan periode tertentu.

2. Kompensasi Tidak Langsung (Indirect compensation)

 1.   Cuti

Cuti adalah manfaat yang memberikan karyawan waktu luang dari pekerjaan mereka dengan tetap menerima penghasilan. Ini dapat mencakup cuti tahunan, cuti sakit berbayar, cuti hamil, dan cuti orang tua.



 2.  Tunjangan

Tunjangan adalah pembayaran tambahan dalam bentuk uang yang diberikan kepada karyawan untuk menutupi biaya tertentu, seperti tunjangan makan, tunjangan transportasi, atau tunjangan perumahan. Tunjangan ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan karyawan.

3.   Asuransi

Asuransi adalah manfaat yang mencakup berbagai jenis perlindungan, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi cacat. Asuransi ini membantu karyawan dan keluarga mereka mendapatkan perlindungan finansial dalam situasi darurat.

4.   Fasilitas

Fasilitas mencakup berbagai manfaat berupa fasilitas fisik atau layanan yang disediakan oleh perusahaan kepada karyawan. Contohnya adalah fasilitas kesejahteraan, seperti pusat kebugaran di tempat kerja, kantin, atau tempat penitipan anak.

Baca juga: Berikut Cara Menghitung Gaji Rapel untuk Kenaikan Gaji


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!