10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

keuntungan bekerja dari rumah (WFH)

6 Keuntungan Bekerja dari Rumah (WFH) yang Harus Anda Ketahui

Ada banyak sekali keuntungan bekerja dari rumah (WFH) yang mungkin tidak Anda rasakan. Beberapa tahun belakangan ini, dunia dilanda pandemi dan perusahaan kemudian menerapkan sistem WFH atau work from home. 

Tujuannya agar penyebaran virus covid-19 bisa diminimalisir semaksimal mungkin sehingga karyawan tetap bisa beraktifitas sekaligus menjaga kesehatannya. Kita semua tahu kalau tempat kerja merupakan salah satu poin yang bisa meningkatkan motivasi pada karyawan.

Lantas bagaimana jika tempat kerja tersebut diganti dengan rumah masing-masing? Apakah hal ini tetap bisa dikatakan efektif? Apa sebenarnya sisi positif dari penerapan Work From Home bagi para karyawan perusahaan?

Beberapa Keuntungan Bekerja dari Rumah (WFH)

Setelah kami rangkum dari banyak sumber, ternyata ada 6 keuntungan utama yang bisa Anda dapatkan dari work from home ini. Apa saja keuntungan keuntungan tersebut? Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Lebih fleksibel 

Keuntungan bekerja dari rumah (WFH) yang pertama adalah karyawan mendapatkan fleksibilitas yang lebih tinggi dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Ketika bekerja di kantor, pada karyawan pasti memiliki meja dan kursi khusus untuk menyelesaikan pekerjaan.

Tapi ada kalanya mereka merasa bosan dan membutuhkan suasana baru. Sebagai bukti, bahkan ada perusahaan yang menyediakan fasilitas ruang kerja terbuka atau coworking space. Tapi sepertinya rumah juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk suasana baru tersebut.

Para karyawan bisa bekerja di titik manapun di rumah masing-masing. Baik itu di kamar, ruang tamu, teras, balkon dan lain sebagainya. Yang terpenting karyawan tetap bertanggung jawab terhadap pekerjaan mereka masing-masing. 

2. Mengurangi biaya transportasi

Keuntungan bekerja dari rumah (WFH) lainnya adalah meminimalisir biaya transportasi yang dibutuhkan untuk berangkat dan pulang kerja. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan sendiri ataupun kendaraan umum pasti membutuhkan ongkos untuk berangkat dan pulang kerja.

Tapi ketika WFH diaktifkan, biaya transportasi tersebut bisa kita minimalisir. Tentunya ini akan memaksimalkan peluang penghasilan Anda pada bulan-bulan tersebut. Paling tidak, Anda hanya memerlukan biaya untuk membeli kuota selama WFH.

3. Produktivitas meningkat

Keuntungan bekerja dari rumah (WFH) selanjutnya adalah produktivitas yang meningkat. Penting untuk dipahami kalau produktivitas kerja sangat dipengaruhi oleh kenyamanan dan relaksasi yang dimiliki oleh para karyawan. Ada banyak hal yang bisa memicu penurunan produktivitas tersebut.

Salah satunya adalah kemacetan yang dialami ketika berangkat ke tempat kerja. Ketika WFH diaktifkan maka tingkat kemacetan yang ada di jalanan bisa dihindari 100%. Hal ini dikarenakan para pekerja tidak perlu pergi kemanapun dan bisa memulai aktivitas di rumahnya masing-masing.

Ketika hal ini diterapkan produktivitas mereka akan meningkat dengan sangat signifikan. Syaratnya hanya satu, para pekerja ini harus tahu bagaimana pengelolaan waktu yang tepat ketika tidak bekerja di kantor. Banyak karyawan yang justru mampu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat setelah WFH ditetapkan.

4. Memperoleh kepuasan kerja

Keuntungan bekerja dari rumah lainnya adalah memperoleh kepuasan kerja. Ketika seorang karyawan melakukan aktivitas wfh di rumah masing-masing dan mampu menyelesaikan pekerjaan, kepuasan mereka akan jauh berbeda dengan di kantor. 

Percaya atau tidak kondisi ini akan membuat kepercayaan diri mereka meningkat. Ini akan membuat para pekerja lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugas-tugas lainnya di keesokan hari. Jika dilakukan dalam jangka panjang kondisi ini akan meningkatkan loyalitas dan produktivitas karyawan.

5. Work-life balance

Di era modern ini tidak sedikit pekerja yang kehilangan keseimbangan antara waktu bekerja dan waktu pribadi mereka. Sebenarnya hal ini bisa dikatakan positif karena loyalitas karyawan terhadap perusahaan sangatlah tinggi. Namun di sisi lain, ada hal negatif yang mungkin muncul.

Salah satunya adalah ketidak harmonisan yang terjadi pada kehidupan pribadi pada karyawan masing-masing. Ketika wfh diaktifkan semua karyawan akan mengalami Work-Life Balance yang tidak mereka dapatkan selama beberapa tahun belakangan ini. 

6. Terhindar dari distraksi di tempat kerja

Keuntungan bekerja dari rumah (WFH) selanjutnya adalah terhindar dari distraksi yang sangat umum terjadi di dunia kerja. Distraksi di tempat kerja seringkali memberikan pengaruh besar kepada daya fokus karyawan. 

Contoh difraksi yang sering terjadi adalah suara orang-orang yang sedang menelpon, rekan kerja yang berbincang, meeting, bunyi mesin fotocopy, bunyi printer dan lain sebagainya. Ketika para karyawan bekerja di rumah semua di stasi tersebut akan hilang sepenuhnya.

Pada dasarnya work from home atau bekerja dari rumah memberikan benefit yang besar jika masing-masing karyawan mampu bertanggung jawab. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan bekerja dari rumah (WFH) diatas maka lakukanlah pekerjaan secara profesional. 

Bagikan Artikel: