Kerja online untuk pelajar

8 Rekomendasi Kerja Online untuk Pelajar atau Mahasiswa

Kerja online untuk pelajar atau mahasiswa merupakan hal yang banyak dicari pada zaman ini. Alasannya karena dunia teknologi khususnya yaitu internet sudah berkembang pesat, di mana saat ini hampir setiap orang sudah bisa mengaksesnya. Sehingga bagi pelajar maupun mahasiswa, kerja online bisa menjadi alternatif bagi mereka dalam mendapatkan penghasilan.

Selain itu sebagai pelajar atau mahasiswa, selalu dituntut agar tidak meninggalkan kewajiban belajar dan bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan. Akan tetapi, tidak jarang juga mereka membutuhkan kerja sampingan untuk jajan, menabung, dan membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu keuntungan dari pekerjaan online sendiri yaitu waktu fleksibel.

Baca juga: Jenis jenis pekerjaan part time

Rekomendasi Kerja Online untuk Pelajar

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa kerja online cukup membantu bagi pelajar atau mahasiswa. Beberapa hal tersebut seperti menambah penglihatan, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan tertentu.

1. Freelance Writer

Jika suka dan tertarik dengan menulis, rekomendasi kerja online untuk pelajar pertama adalah freelance writer. Dalam hal ini ada beberapa perlu dikuasai, yaitu skill content writer, research keywoard, SEO, dan sebagainya. Dalam mendapatkan pekerjaan ini bisa dengan mendaftar pada perusahaan agency penulisan atau menjadi kontributor website, seperti idntimes, yoursay.id, cangkeman.net, dan lain-lain.

2. Bisnis Jajanan Online

Jika memiliki hobi memasak, tidak ada salahnya jika mencoba menjual jajanan online lewat berbagai platform, seperti facebook, Instagram, maupun TikTok. Dalam hal ini bisa mencoba membuat jajanan yang lagi viral, unik, dan menariknya tidak perlu modal banyak, seperti cimol, basreng, dan lain-lain. Untuk mendapatkan penghasilan dari in bisa menggunakan sistem PO atau pre-order dan baru menjualnya.

3. Menjadi Gamer Pro

Terlalu banyak bermain game sampai lupa waktu memang tidak disarankan bagi pelajar atau mahasiswa. Akan tetapi bermain game bisa mendatangkan pundi-pundi uang, seperti gamer profesional maupun game streamer. Rekomendasi kerja online untuk pelajar ini cukup bermodalkan skill dan tentu juga internet yang bisa mendatangkan penghasilan.

Baca juga: Besaran gaji kerja part time



4. Penerjemah Online

Jika mempunyai kemampuan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dengan baik, bisa mencoba membuka jasa menerjemahkan jurnal, skripsi, abstrak, buku, dan tulisan lainnya. Untuk mendapatkan penghasilan dari ini, selain skill bahasa juga membutuhkan laptop dan kuota internet. Jika menjadi penerjemah bisa dengan belajar otodidak, gabung ke komunitas bahasa asing dan juga melengkapinya berbagai sertifikat pendukung, seperti TOEFL maupun TOEIC.

5. Freelance Graphic Designer

Graphic Designer merupakan rekomendasi kerja online untuk pelajar atau mahasiswa yang memiliki peran penting berbagai bidang, termasuk dunia bisnis. Jika ingin mendapatkan pekerjaan ini caranya yaitu dengan membuat portofolio bagus agar calon client bisa tertarik ketika ingin menggunakan jasa tersebut. Selanjutnya, juga bisa menawarkan jasa graphic designer melalui teman-teman terdekat maupun situs freelancer, seperti Freelancer, Sribulancer, Goban, dan sebagainya.

6. Tutor Privat Online

Pada masa sekarang, beragam kegiatan offline memang cukup dibatasi oleh ruang, termasuk bimbingan belajar. Oleh sebab itu, banyak orang tua lebih memilih privat online dalam belajar, les atau menemani anaknya mengerjakan tugas. Untuk bisa menjadi tutor privat perlu menguasai skill-skill tertentu seperti bahasa asing, matematika, maupun mata pelajaran lainnya.

7. Penginput Data Lepas

Suatu perusahaan memiliki banyak data yang perlu diinput dan mengharuskan mereka merekrut pekerja lepas dalam menginput data penting. Dalam kerja online untuk pelajar atau mahasiswa ini syaratnya harus suka dengan angka dan familiar sama Excel atau Spreadsheet. Alasannya sendiri karena pekerjaan input data akan selalu berurusan dengan data-data yang terdiri dari angka-angka.

8. Product Reviewer

Product reviewer merupakan seseorang yang bertugas memberikan ulasan mengenai produk tertentu yang dijual maupun diproduksi oleh client. Seorang product reviewer biasanya akan membuat konten pada media sosial atau website milik mereka. Meski terlihat sederhana, pekerjaan ini sangat membutuhkan strategi tertentu agar review yang ditulis bisa menarik perhatian penonton.

Dengan adanya kerja online seperti freelance writer, design graphic, product reviewer, dan lain-lain. Kerja online sangat memberi manfaat bagi pelajar maupun mahasiswa, yaitu jika ingin mendapat penghasilan sampingan. Kerja online untuk pelajar atau mahasiswa sendiri perlu diketahui juga bahwa memerlukan skill-skill tertentu dalam memulainya atau mendapatkan pekerjaan tersebut.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!