10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Kekurangan bekerja dari rumah (WFH)

Kekurangan Bekerja dari Rumah (WFH) yang Harus Anda Ketahui

Ada kelebihan dan kekurangan bekerja dari rumah (WFH) yang di rasakan oleh banyak orang. Seperti yang Anda ketahui bahwa di era pandemi seperti beberapa waktu yang lalu, banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan Work From Home atau WFH.

Kebijakan ini mengharuskan para pekerja untuk melakukan pekerjaan normal mereka dari rumah masing-masing. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 yang sedang melanda dunia beberapa waktu yang lalu.

Kebijakan WFH ini tidak hanya di berlakukan untuk para pekerja kantoran saja, melainkan institusi pendidikan juga menerapkan kebijakan ini untuk para siswa ataupun mahasiswa belajar dari rumah dengan menggunakan platform seperti zoom dan lainnya.

Kekurangan Bekerja dari Rumah (WFH) Bagi Para Pekerja

Namun pekerjaan ini menuai pro dan kontra karena ada beberapa pihak yang menyatakan lebih baik bekerja secara Work From Office atau WFO daripada harus bekerja dari rumah karena ada beberapa hal yang membuat tidak nyaman.

Karena memang berbeda ketika seseorang bekerja secara normal di kantor atau di lapangan dengan bekerja secara mandiri di rumah. Selain karena virus Covid-19, kebijakan WFO juga di terapkan ketika sedang mengalami bencana alam seperti banjir.

Wilayah perkotaan seperti ibu kota Jakarta memang dikenal sangat akrab dengan fenomena banjir. Apabila sedang dilanda banjir maka banyak karyawan yang di rumahkan untuk bekerja di rumah. Berikut ini adalah kekurangan bekerja dari rumah (WFH).

1. Lingkungan yang Tidak Kondusif

Bekerja di rumah memiliki nuansa yang berbeda ketika bekerja tidak di rumah. Ada beberapa hal yang mempengaruhi seseorang kesulitan untuk produktif ketika bekerja di rumah yakni salah satunya adalah lingkungan yang tidak kondusif untuk bekerja.

Karena ketika seseorang melakukan pekerjaan di rumah, akan ada banyak gangguan di lingkungan mereka bekerja seperti suara bising atau yang lainnya. Sehingga menjadi salah satu kekurangan bekerja dari rumah (WFH) yang sangat besar pengaruhnya.

2. Kurang Motivasi Bekerja

Bekerja di rumah juga bisa membuat seseorang kehilangan motivasi untuk bekerja. Hal ini dikarenakan lingkungan rumah dan lingkungan kantor yang sangat berbeda. Jika di kantor seseorang akan semangat bekerja karena lingkungan yang kompetitif.

Di tambah dengan rekan kerja yang selalu saling memberi semangat untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Berbeda jika bekerja di rumah secara mandiri tanpa lingkungan yang kompetitif sehingga akan mengganggu konsentrasi dalam bekerja.

3. Jam Kerja yang Tidak Teratur

Kekurangan bekerja dari rumah (WFH) selanjutnya adalah jam kerja yang tidak teratur. Hal ini di karenakan jika bekerja secara Work From Office telah memiliki ketetapan mengenai jam mulai bekerja hingga jam selesai bekerja setiap harinya.

Namun ketika bekerja di rumah maka jam kerja menjadi sangat berantakan. Hal ini dikarenakan ketika seseorang bekerja di rumah akan merasa malas untuk melakukan pekerjaan sehingga sering untuk menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya dilakukan.

4. Sering Terjadi Miskomunikasi

Komunikasi adalah hal yang sangat penting bagi seseorang yang bekerja di rumah. Karena tidak seperti bekerja di kantor yang segala hal bisa langsung di diskusikan secara tatap muka sehingga jarang terjadi miskomunikasi antar rekan kerja.

Bekerja di rumah mengharuskan seseorang untuk selalu online setiap saat ketika sedang bekerja. Selain itu segala hal harus di diskusikan secara bersama agar tidak terjadi miskomunikasi yang mengakibatkan kelalaian seseorang dalam bekerja.

5. Tidak Semua Pekerjaan Bisa Dilakukan Secara WFH

Kekurangan bekerja dari rumah (WFH) yang terakhir adalah tidak semua jenis pekerjaan bisa dilakukan dengan sistem Work From Home. Biasanya pekerjaan yang bisa dilakukan dengan sistem ini adalah pekerjaan yang berhubungan dengan kantor.

Tidak mungkin bagi seseorang yang misalnya memiliki usaha rumah makan untuk memberlakukan kebijakan WFH. Karena bisa mengurangi pendapatan orang tersebut setiap harinya. Jadi kekurangan bekerja di rumah inilah yang menjadi kendala terbesar.

Tentunya tidak semua pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah atau WFH memiliki kelebihan. Karena ada kekurangan yang bisa di rasakan oleh seseorang yang sedang di terapkan kebijakan ini oleh perusahaan mengenai kekurangan bekerja dari rumah (WFH).

Bagikan Artikel: