kapan waktu yang tepat untuk pindah kerja

Kapan Waktu yang Tepat untuk Pindah Kerja Demi Ketenangan Batin?

Mungkin Anda sedang bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk pindah kerja. Perubahan pekerjaan sering dianggap negatif. Alasannya, Anda dianggap wajib loyal terhadap perusahaan. 

Namun, hal ini tergantung pada situasi dan keadaan. Generasi tenaga kerja saat ini lebih terbuka terhadap pengembangan. Anda memiliki visi karir yang ingin dikejar. 

Hal ini tentunya berbeda dengan tenaga kerja baby boomer dan generasi sebelumnya. Kebanyakan dari generasi sebelumnya menganggap tinggal di satu tempat hingga pensiun dengan menunjukkan loyalitasnya.

Menentukan Kapan Waktu yang Tepat untuk Pindah Kerja

Setiap pekerjaan memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Namun, sebagai manusia ingin terus berkembang, sebuah tujuan harus ditentukan. Berikut adalah beberapa pertimbangan apakah karyawan harus tetap di perusahaan atau pindah kerja.

  1. Tidak Ada Lagi yang Bisa Dipelajari dan Dikembangkan

Jika Anda merasa perlu ada cara untuk mengembangkan potensi dan ide karyawan, sekarang adalah waktu yang tepat dengan berganti pekerjaan. Bahkan, ada orang yang menyukai zona nyaman. Mereka juga suka melakukannya. 

Namun, itu menjadi masalah bagi karyawan yang mendambakan pengalaman baru. Anda pasti ingin mempelajari hal dan tantangan baru. Tentunya potensi diri harus terus dikembangkan.

Anda juga dapat mempengaruhi perusahaan dengan mempresentasikan ide-ide dimiliki. Namun, ketika tidak ada lagi yang perlu dipelajari, potensi karyawan akan terhambat atau stagnan. 

Ini biasanya terkait dengan kurangnya karir. Lebih baik mencari pekerjaan baru lebih mendukung pengembangan potensi dan keterampilan karyawan. Inilah jawaban pertama dari kapan waktu yang tepat untuk pindah kerja.

  1. Tidak Ada Semangat Lagi untuk Melakukan Pekerjaan

Berganti pekerjaan adalah yang terbaik ketika diri merasa tidak ingin pergi ke kantor lagi. Lebih dari itu, melakukan pekerjaan bukan lagi menjadi sebuah tantangan tersendiri. 

Masalahnya adalah Anda tidak menikmati pekerjaan seperti dulu. Maka inilah saat tepat untuk berganti pekerjaan. Kondisi ini juga terbilang sebagai rasa jenuh. Inilah salah satu jawaban dari kapan waktu yang tepat untuk pindah kerja.

  1. Tidak Adanya Kenaikan Gaji

Sebelum memutuskan dengan berganti pekerjaan, Anda perlu memastikan bahwa tunjangan yang didapatkan sesuai dengan gaji. Jika tidak, saatnya mencari pekerjaan lain lebih menghargai usaha Anda.

Tidak dapat dipungkiri bahwa permintaan dan harga barang terus meningkat. Jika tidak ada kenaikan gaji tahunan, tindak lanjuti, perlu dipertanyakan apakah perusahaan sudah memberikan dengan maksimal.

Jika Anda sudah dimaksimalkan untuk perusahaan, tetapi gaji Anda masih terlalu tinggi untuk dinaikkan, maka inilah waktu dari kapan waktu yang tepat untuk pindah kerja. Kenaikan gaji merupakan peran penting dalam melakukan pekerjaan.

  1. Masih Memiliki Tabungan yang Sangat Cukup

Jika Anda tidak memiliki cukup tabungan, jangan pergi bekerja. Jika Anda sudah memiliki pekerjaan cadangan, itu lebih aman. 

Masalahnya adalah jika Anda belum memiliki pekerjaan cadangan. Situasi inilah harus dihindari untuk keluar dari pekerjaan secara tergesa-gesa. Ketika meninggalkan pekerjaan, karyawan perlu waktu mencari pekerjaan baru. 

Jika Anda merasa inilah waktu tepat untuk keluar dari pekerjaan sekarang, maka pastikan Anda memiliki tabungan cukup untuk saat-saat itu. Jumlahnya bervariasi antara 4 dan 12 bulan biaya bulanan.

  1. Tidak Adanya Apresiasi yang Sesuai

Anda bekerja keras dan mencapai tujuan perusahaan. Jika berlaku, karyawan tidak akan menolak lembur. Dalam beberapa kasus, banyak karyawan rela tidak beristirahat selama liburan.

Pada dasarnya, orang tersebut mengorbankan waktu dan tenaganya untuk perusahaan. Namun, tidak ada imbalan yang layak. Prestasi seolah-olah perusahaan tidak mengenalinya. 

Bahkan, bisnis akan dianggap bisnis seperti biasa. Atasan bahkan tidak akan memperjuangkan usaha karyawan untuk mendapatkan hadiah layak. Jadi, kapan waktu yang tepat untuk pindah kerja? Inilah waktunya.

Jika seorang karyawan berada dalam situasi ini atas waktu lama, karyawan tersebut akan menjadi depresi dan tidak dihargai. Namun, karyawan tersebut harus diakui atas kontribusinya. Oleh karena itu, inilah saatnya untuk pindah ke perusahaan lain dengan lebih menghargai usaha dan pencapaian.

  1. Tingkat Stres Sudah Meningkat Tajam

Tekanan pekerjaan tidak bisa dihindari. Namun, jika itu telah merampas kewarasan Anda, itulah saatnya harus pergi dan mencari perusahaan lain yang tidak membebani mental. 

Tingkat stres tinggi dapat memengaruhi hubungan internal dan interpersonal. Seseorang sering kehilangan kendali atas emosinya. Singkirkan stres sesering mungkin dengan keluarga dan teman. 

Jika Anda sudah merasakan keenam hal di atas, maka inilah waktu tepat untuk berpindah perusahaan. Akan lebih baik lagi jika semuanya telah disiapkan sebelum kapan waktu yang tepat untuk pindah kerja agar bukan salah langkah.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.