indikator penilaian promosi jabatan

Indikator Penilaian Promosi Jabatan Ini Harus Dipahami

Seorang karyawan harus tahu indikator penilaian promosi jabatan agar bisa memenuhi kriterianya dengan baik. Siapapun pasti memimpikan untuk naik jabatan menjadi lebih baik lagi ketika bekerja disebuah perusahaan.

Mendapat promosi memang jadi suatu hal menyenangkan serta cukup bergengsi ketika bekerja. Kenaikkan pangkat ini juga dianggap lebih bagus dibandingkan bonus apapun yang diberikan perusahaan untuk karyawannya.

Sebab promosi tersebut sifatnya permanen, baik dalam hal fasilitas atau gaji yang diberikan perusahaan. Sebab status karyawan yang mendapat kenaikkan jabatan itu beda dengan posisi sebelum menerima promosi

Umumnya pihak perusahaan akan memberikannya kepada pegawai yang punya skill mumpuni dan kinerja baik. Ini juga mampu membuat karyawan semakin semangat bekerja sebab mendapat tantangan baru selama bekerja

Ketahui Indikator Penilaian Promosi Jabatan

Namun ada hal yang penting untuk diperhatikan ketika memberikan promosi kepada karyawan. Beberapa indikator ini harus dipahami agar pemberikan kenaikkan tersebut bisa benar dan adil, seperti berikut

  1. Loyalitas

Jika punya sikap ini, maka karyawan pasti bisa selesaikan pekerjaan dengan baik. Walaupun berat, tapi Mereka berusaha menyelesaikannya dengan teliti dan sabar, jadi Anda berhak menerima kenaikkan posisi.

  1. Kreatif

Persaingan ketat dalam dunia kerja, memang akan terus diperlukan inisiatif dan kreativitas tinggi untuk tiap karyawannya. Sehingga mereka dapat lebih produktif serta beda dengan lainnya.

  1. Solutif

Untuk indikator penilaian promosi jabatan ini berkaitan dengan tanggung jawab yang dipunyai pegawai. Jadi perusahaan butuh orang solutif dan bisa tangani semua masalah serta kendala di kantor tersebut.

  1. Profesional

Sifat ini dibuktikan dari pekerja datang tepat waktu dan mematuhi semua aturan sesuai ketentuan perusahaan. Pekerjaan yang diberikan juga akan diselesaikan tepat waktu, jadi tidak memberikan masalah baru.

  1. Komunikasi baik

Karena akan berinteraksi dengan orang banyak dan karakternya berbeda-beda, pastinya tidak mudah. Jadi Anda berpeluang naik jabatan jika punya soft skill ini, sebab nanti akan berhubungan dengan beragam orang.

  1. Self control dan time management bagus

Sebelum bisa atur orang lain, tentunya Anda harus bisa mengatur diri sendiri. Apalagi tanggung jawabnya semakin besar, jadi ini wajib dipunyai supaya pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

  1. Durasi kerja

Lama tidaknya masa kerja seseorang juga jadi indikator penilaian promosi jabatan. Tapi tetap saja disesuaikan berdasarkan kontribusi dan kinerja karyawan, jadi tidak semata karena sudah lama berkerja saja.

  1. Jenjang pendidikan

Beberapa perusahaan juga memperhatikan tingkat pendidikan untuk mengisi sebuah posisi. Ini wajar sebab semua punya kebijakannya sendiri, jadi ada yang melihat latar belakang pendidikan sebelum menaikkan jabatan seorang karyawan.

Alasan Tidak Ada Kenaikkan Pangkat

Namun sayangnya tidak semua karyawan akan mendapat promosi tersebut walaupun sudah bekerja lama. Jadi Anda juga harus tahu apa saja alasan yang membuat promosi jabatan ini tidak kunjung datang.

Selain mengetahui indikator penilaian promosi jabatan, Anda juga wajib paham apa alasan tidak terjadi. Pertama biasanya karena kemampuan karyawan tersebut masih sangat kurang, sehingga tidak diberikan kesempatan naik.

Meskipun Anda sudah bekerja dalam waktu cukup lama di perusahan itu, tapi kemampuannya masih belum memenuhi syarat. Tentu saja itu akan berpengaruh pada peluang kenaikkan jabatan sesuai keinginannya.

Selain itu alasan lain karena Anda tidak menonjol atau kurang terlihat istimewa, jadi kerap dilupakan. Sangat penting memerlihatkan bagaimana hasil kinerja yang dilakukan untuk perusahaan di depan atasan langsung.

Tapi itu juga tidak mengartikan jika Anda harus menyombongkan diri, sebab itu jauh dari indikator penilaian promosi jabatan. Karyawan bisa menunjukkan kemampuan yang dipunyai agar pemimpin merasa terkesan.

Sangat disayangkan jika skill Anda tinggi dibanding pekerja lainnya, tapi justu pasif. Itu malah membuat perusahaan tidak bisa melihat bagaimana kemampuannya dan kehilangan peluang mendapat promosi kenaikkan pangkat.

Selama bekerja disebuah perusahaan, sering kali karyawan mempunyai perasaan sudah selesaikan tugas dengan tepat waktu. Tapi disisi lain justru Anda lebih pasif dan kurang punya kemampuan mempimpin.

Jangan berkecil hati jika belum mendapat kenaikkan pangkat meskipun semua syarat penilaian sudah terpenuhi. Mungkin perusahaan masih belum membuka peluang promosi untuk mengisi posisi orang baru, jadi Anda bisa menunggu.

Jika ingin naik pangkat, maka kepribadian ketika bekerja juga mempengaruhi. Karena naik jabatan merupakan pencapaian terbaik bagi karyawan, maka Anda harus tahu indikator penilaian promosi jabatan supaya bisa mempersiapkannya juga.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.