10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

hal yang perlu di tanya saat hari pertama masuk kerja

Hal yang Perlu di Tanya Saat Hari Pertama Masuk Kerja

Menjadi karyawan baru harus memiliki beberapa hal yang perlu di tanya saat hari pertama masuk kerja. Ditambah lagi jika pengalaman kerja ini merupakan pertama kalinya. Mengingat setiap perusahaan memiliki peraturan masing-masing, tentunya sangat penting untuk bertanya.

Agar tetap sesuai aturan, Anda perlu menyiapkan hal penting apa saja untuk perlu ditanyakan. Berikut adalah referensi agar bisa masuk ke dalam daftar pertanyaan untuk diajukan saat hari pertama bergabung di perusahaan impian.

5 Hal yang Perlu di Tanya Saat Hari Pertama Masuk Kerja

Meskipun setiap perusahaan memiliki peraturan masing-masing, namun secara umum Anda bisa membuat list pertanyaan-pertanyaan untuk akan diajukan. Tujuannya adalah agar pekerjaan untuk dikerjakan lebih terarah dan teratur. Berikut adalah pertanyaan untuk diajukan.

  1. Fokus Kegiatan yang Akan Dikerjakan Hari Ini

Hal yang perlu di tanya saat hari pertama masuk kerja pertama kali adalah fokus kegiatan di hari tersebut. Biasanya beberapa perusahaan memberikan orientasi dalam beberapa hari. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menanyakan kegiatan apa saja nantinya pada hari tersebut.

Selanjutnya, bisa juga menanyakan waktu orientasi yang akan diterima. Hal ini bertujuan jika terdapat kegiatan tidak sesuai atau belum diterima, maka Anda bisa menanyakannya ke bagian bersangkutan. 

  1. Tugas-Tugas yang Perlu Diselesaikan dalam Minggu Pertama

Selain menanyakan kegiatan di hari pertama, Anda juga perlu menanyakan tugas-tugas harus perlu diselesaikan dalam waktu 1 minggu ke depan. Hal yang perlu di tanya saat hari pertama masuk kerja ini termasuk bagian-bagian pekerjaan ke depannya.

Untuk minggu pertama atau periode awal, biasanya karyawan baru masih dalam tahap pengenalan. Dalam periode tersebut, seorang karyawan akan diberikan limitasi atau deadline tertentu sebagai penilaian ke depannya.

  1. Supervisor atau Atasan sebagai Penanggung Jawab

Dalam sebuah divisi, terdapat seseorang dengan fungsi sebagai penanggung jawab dalam pekerjaan. Dalam hal ini, sangat perlu ditanyakan kepada siapa Anda menyerahkan pekerjaan. Supervisor atau penanggung jawab ini juga berperan untuk mengawasi kerja.

Dengan mengetahui supervisor atau penanggung jawab, Anda akan lebih mudah mencari bantuan jika terjadi sesuatu dalam pekerjaan yang dipegang. Bahkan dengan mempertanyakan hal ini, Anda lebih mempermudah dalam mengenal struktur perusahaan. 

  1. Metode Komunikasi yang Paling Sering Digunakan

Hal yang perlu di tanya saat hari pertama masuk kerja lainnya adalah metode komunikasi dalam perusahaan. Setiap perusahaan memiliki budaya dan metode komunikasi yang berbeda-beda. Agar tidak timbul kesalahpahaman, sangat penting untuk menanyakan hal ini.

Bertanyalah jenis komunikasi dan perangkat untuk biasa digunakan. Lalu, sampaikan juga pertanyaan mengenai struktural yang ada pada perusahaan tersebut. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam menjalankan sistem pekerjaan.

  1. Parameter Kesuksesan dalam Pekerjaan Tersebut

Hal yang perlu di tanya saat hari pertama masuk kerja selanjutnya adalah mengenai parameter kesuksesan. Tentunya setiap perusahaan di setiap divisi memiliki parameter berbeda-beda mengenai kesuksesan pekerjaan.

Untuk itu, perlu diketahui seberapa jauh parameter dibuat oleh perusahaan untuk dikatakan bahwa pekerjaan sudah sesuai dan sukses. Selain itu, parameter ini bisa digunakan sebagai acuan Anda dalam mengerjakan pekerjaan.

  1. Aspek-Aspek untuk Mempengaruhi Penilaian Performa

Tidak hanya parameter kesuksesan, hal yang perlu di tanya saat hari pertama masuk kerja lainnya adalah aspek-aspek yang akan mempengaruhi penilaian dalam performa seorang karyawan. Dari aspek ini, Anda bisa mengenali pekerjaan lebih detail.

Selain itu, Anda akan dipermudah dengan menemukan aspek apa saja untuk perlu dikembangkan dalam diri sebagai karyawan. Bahkan dengan aspek-aspek tersebut, beberapa hal bisa dihindari agar memiliki performa untuk lebih baik lagi.

  1. Jenis Tools untuk Digunakan

Mengingat setiap bidang pekerjaan memiliki alatnya masing-masing. Untuk itu, tanyakan dan mintalah penjelasan setiap tools yang akan digunakan selama bekerja. 

Beberapa jenis tools mungkin sudah familiar, tetapi ada beberapa yang mungkin belum dikenalkan. Jika selama masa orientasi tersebut tidak ada menjelaskan tools yang digunakan, maka Anda perlu menanyakannya. 

Dari ketujuh pertanyaan di atas, akan lebih mudah bagi karyawan baru untuk mengenali pekerjaan yang dimiliki. Beberapa hal yang perlu di tanya saat hari pertama masuk kerja tersebut di atas juga bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Bagikan Artikel: