hal yang perlu di pertimbangkan sebelum memutuskan pindah karir

Hal yang Perlu di Pertimbangkan Sebelum Memutuskan Pindah Karir

Ada beberapa hal yang perlu di pertimbangkan sebelum memutuskan pindah karir. Karena sebelum benar-benar akan memutuskan melakukan pindah karir ini pastinya ada banyak risiko yang harus ditanggung.

Dengan banyaknya risiko yang mungkin saja bisa terjadi, maka dari itu sangat penting mempertimbangkan segala sesuatunya. Dengan pertimbangan yang matang dan tepat, tentunya hal itu akan membantu Anda dalam memutuskan.

Jadi pada saat pemindahan karir sudah dilakukan, tidak akan timbul penyesalan atua berbagai hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu melakukan pertimbangan menjadi sesuatu yang harus dipersiapkan dengan baik.

Beberapa Hal yang Perlu di Pertimbangkan Sebelum Memutuskan Pindah Karir

Sebelum lebih jauh memikirkan hal yang perlu di pertimbangkan sebelum memutuskan pindah karir. Perpindahan karir pastinya dilakukan tanpa sebab, semuanya terjadi pasti memiliki alasannya masing-masing.

Bisa jadi karena sudah bosan dengan pekerjaan yang itu-itu saja, terlalu lelah dan masih banyak alasan lainnya. Namun yang paling banyak dijadikan alasan karena rasa tidak nyaman, memang benar ketika bekerja harus bekerja secara professional namun kenyamanan sangat penting.

Rasa tidak nyaman itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Bisa jadi karena lingkungannya yang tidak ramah, atau bisa juga karena upah atau gajinya yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang dikerjakan.

Berdasarkan hal tersebut akhirnya banyak orang lebih memilih pindah karir dan mencoba peruntungan di dunia kerja yang baru. Namun sebelum itu simak beberapa pertimbangan ini.

  1. Miliki Alasan yang Kuat

Hal yang perlu di pertimbangkan sebelum memutuskan pindah karir yang pertama adalah Anda harus memiliki alasan yang kuat. Jangan sesekali memutuskan pemindahan karir hanya karena alasan-alasan sepele, karena membangun karir bukan perkara mudah.

Maka dari itu langkah awal ketika ada keinginan untuk melakukan pindah karir, pastikan bahwa Anda sudah memiliki alasan yang kuat. Dengan alasan yang kuat ini bisa dijadikan pertimbangan utama dalam memutuskan pindah karir.

  1. Memiliki Skill yang Dibutuhkan

Selain mempertimbangkan hal tersebut, hal yang harus dipertimbangkan lainnya adalah soal skill. Setiap orang pastinya memiliki skill yang berbeda-beda, maka dari itu sebelum memutuskan pindah karir pastikan skill atau keterampilan yang Anda miliki cocok.

Jangan sampai melakukan pemindahan karir tanpa memiliki skill yang dibutuhkan. Karena itu sama saja menghancurkan diri sendiri, tidak akan ada orang yang mampu bertahan tanpa skill yang dibutuhkan.

  1. Bertanggung Jawab 

Selain itu hal yang perlu di pertimbangkan sebelum memutuskan pindah karir adalah tanggung jawab. Sebagai orang yang sudah memutuskan akan pindah karir maka sebaiknya juga bisa bertanggung jawab.

Bertanggung jawab mengenai segala konsekuensi yang akan terjadi kedepannya. Alasannya adalah tidak ada jaminan karir baru yang dilakukan akan berhasil dan tidak ada jaminan bahwa Anda akan bahagia di karir selanjutnya. 

  1. Pastikan Keuangan Tidak Bermasalah

Sebagai orang yang memutuskan akan melakukan pindah karir, hal lainnya yang harus diketahui juga mengenai keuangan. Masalah keuangan pastinya bukan perkara yang sepele, karena setiap orang pastinya akan membutuhkan uang. 

Maka dari hal yang perlu di pertimbangkan sebelum memutuskan pindah karir adalah memastikan bahwa keuangan tetap stabil. Hal ini sangat penting untuk dilakukan terutama bagi Anda yang ingin pindah karir.

Alasan mengapa hal ini menjadi sesuatu yang penting karena tidak ada jaminan bahwa karir yang akan dilakukan bisa berhasil. Itulah kenapa memastikan ada simpanan dana harus dilakukan supaya kedepannya apapun yang terjadi Anda bisa menyelesaikan masalahnya.

  1. Pertimbangkan Pendapat Keluarga 

Sebenarnya masih ada banyak hal yang perlu di pertimbangkan sebelum memutuskan pindah karir lainnya. Semua pertimbangan tetap harus dilakukan karena meminimalisir rasa penyesalan ketika hal tersebut telah terjadi.

Karena terkadang yang membuat seseorang akhirnya menyesal setelah melakukan pindah karir karena tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Maka dari itu pertimbangan pendapat keluarga atau orang terdekat sangat penting dilakukan.

Sebagai orang yang mungkin ingin pindah karir karena emosi sesaat, bisa saja merugikan diri sendiri. Namun jika berkonsultasi dengan keluarga atau orang terdekat, mungkin bisa mendapatkan solusi yang lebih baik lagi kedepannya.

Berdasarkan hal tersebut maka sudah jelas kalau ingin melakukan pemindahan karir itu harus dilakukan pertimbangan yang matang. Maka dari itu segala hal yang perlu di pertimbangkan sebelum memutuskan pindah karir ini jadi lebih penting untuk diketahui.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!