10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

hal yang mesti dipertimbangkan sebelum minta naik gaji

Hal yang Mesti Dipertimbangkan Sebelum Minta Naik Gaji? Ketahui

Menginginkan adanya kenaikan gaji memang bukan merupakan hal yang salah. Akan tetapi Anda juga harus memperhatikan hal yang mesti dipertimbangkan sebelum minta naik gaji. Hal tersebut merupakan hal wajar dilakukan guna diberikan kenaikan pendapatan. 

Namun jika melakukannya tidak pada waktu yang tepat, maka bisa jadi bukannya naik pendapatan justru malah citra diri menjadi buruk serta semakin sulit untuk berprogres di perusahaan. Oleh karena itu sebelum melakukannya perlu dipertimbangkan.

Ini Dia Hal yang Mesti Dipertimbangkan Sebelum Minta Naik Gaji

Anda tidak boleh tiba-tiba datang dan mengajukan kenaikan pendapatan kepada pemberi kerja. Bukan hanya akan mengalami penolakan, tetapi Anda bahkan bisa dianggap remeh. Jadi Anda perlu persiapkan diri untuk mendapatkan penerimaan atau penolakan usulan.

Terdapat beberapa hal yang mesti dipertimbangkan sebelum minta naik pendapatan. Berikut adalah ulasan singkat hal yang mesti dipertimbangkan sebelum minta naik gaji kepada atasan. Simak penjelasan dari kami di bawah ini.

1. Aturan Perusahaan Terkait Kenaikan Gaji

Perlu mengetahui kebijakan perusahaan saat pertama kali hari diterima kerja. Anda bisa menanyakan terkait dengan kenaikan gaji atau bisa dengan menanyakannya kepada senior dalam perusahaan. 

Tidak sedikit perusahaan yang menetapkan kebijakan spesifik terkait dengan penggajian dan kenaikan upah pekerja. Bahkan ada bebera pamemasukannya pada standar prosedur operasional perusahaan dimana harus ditaati oleh para karyawan.

Sebelum mengajukan kenaikan pendapatan, Anda harus pastikan dan pahami aturan ini. Jangan sampai, apa yang Anda minta tidak sesuai dengan aturan yang ada. Hal ini akan berdampak pada citra profesional yang dimiliki.

2. Kesepakatan Kontrak

Hal yang mesti dipertimbangkan sebelum minta naik gaji kedua adalah bagi karyawan magang dan kontrak, biasanya sudah ditentukan di awal serta melalui kesepakatan.Hal Ini berarti sedikit kemungkinannya bisa mengajukan kenaikan jika periode kontrak belum berakhir.

Terkecuali Anda mampu meyakinkan pemberi kerja dengan alasan yang valid untuk itu. Selain itu, tentu saja Anda bisa meminta jumlah atau nominal sebagai bahan pertimbangan kembali sesaat jika akan melakukan perpanjangan kontrak.

3. Evaluasi Diri

Mengajukan kenaikan gaji saat pekerjaan belum sesuai dengan harapan atau tidak bisa memenuhi target hanya akan membuat Anda tampak aneh. Oleh karena itu, evaluasi diri termasuk hal yang mesti dipertimbangkan sebelum minta naik gaji. 

Dengan adanya hal tersebut jika dirasa performa Anda sudah sesuai ekspektasi perusahaan, maka dapat menjadi alasan kuat mengapa meminta kenaikan gaji itu. Namun jika dirasa belum bisa memenuhi kebutuhan perusahaan, Anda bisa meningkatkan performa kinerja.

4. Membandingan dengan Kisaran Gaji

Hal yang mesti dipertimbangkan sebelum minta naik gaji selanjutnya adalah melakukan perbandingan dengan salary trend. Salary trend yaitu kisaran penggajian yang umum terhadap suatu posisi serta jenis pekerjaan tertentu. Baik itu orang berpengalaman atau fresh graduate.

Karena pada dasarnya setiap jenis pekerjaan pasti mempunyai kisaran penggajian tersendiri. Jadi Anda bisa mencari informasi dan bandingkan gaji tersebut. Jika nominalnya dirasa masih di bawah rata-rata, maka perusahaan harus memberikan kenaikan penggajian.

5. Range Gaji Perusahaan

Masing-masing perusahaan biasanya mempunyai kisaran anggaran sendiri untuk penggajian pada posisi tertentu karyawan bekerja. Hal Ini juga perlu Anda perhatikan sebelum mengharapkan kenaikan.

Misalkan gaji Anda sudah berada di kisaran tertinggi, maka sedikit peluangnya akan mendapat tambahan. Meski hal tersebut tetap boleh di lakukan, tetapi paling tidak Anda sudah paham peluang terkabulnya permintaan sangat sedikit, sehingga tidak menaruh harapan besar. 

6. Kondisi Keuangan Perusahaan

Hal yang mesti dipertimbangkan sebelum minta naik gaji terakhir adalah dengan memperhatikan kondisi keuangan perusahaan. Banyak perusahaan mungkin tidak akan memberikan kenaikan akan penggajian jika masih berada pada kondisi yang sulit. 

Namun sebaliknya, jika kondisi keuangan perusahaan baik maka peluang akan dikabulkan permintaan semakin besar. Perlu diingat bahwa meminta kenaikan gaji saat kondisi perusahaan buruk bisa membuat Anda terkesan tidak memahami situasi.

Mengajukan kenaikan penggajian bukan merupakan suatu hal yang bisa Anda lakukan setiap saat. Perlu dipahami juga hal yang mesti dipertimbangkan sebelum minta naik gaji agar tidak salah dalam pengajuannya.

Bagikan Artikel: