10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

hal yang mesti dilakukan saat hari pertama kerja

Hal yang Mesti Dilakukan Saat Hari Pertama Kerja Secara Mudah

Hal yang mesti dilakukan saat hari pertama kerja adalah memperkenalkan diri dengan benar kepada taman baru, dapat membantu memudahkan adaptasi ke lingkungan baru. Memungkinkan untuk membangun hubungan positif dan ramah dengan orang.

Panduan atau arahan penting selama beberapa hari pertama bekerja di tempat baru, dengan mengikuti beberapa strategi ini. Mudah memperkenalkan diri kepada rekan dan memberikan kesan baik akan membuat mudah diingat. 

Peluang untuk memperkenalkan diri secara berkesan untuk kehidupan menyenangkan dan bermanfaat. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memperkenalkan diri kepada teman baru.

Pentingnya Mempersiapkan Hal yang Mesti Dilakukan Saat Hari Pertama Kerja Secara Matang

Mempersiapkan diri secara matang sebelum memulai pekerjaan adalah suatu keharusan yang harus Anda lakukan. Meminimalkan risiko gagalnya beradaptasi dengan lingkungan baru bisa dicegah dan diberi solusinya. 

  1. Menyapa Rekan Kerja

Setiap hari Anda akan bertemu dengan rekan, hal yang mesti dilakukan saat hari pertama kerja adalah menyapa dengan ramah terlebih dahulu. Cobalah berlatih di depan kaca supaya lancar. Berhadapan dengan orang banyak untuk pertama kalinya sering menimbulkan kecemasan berlebihan. 

Latihan berbicara sambil memperkenalkan diri secara detail mulai dari pribadi, bicara tentang hobi. Apapun topik yang muncul dalam kepala Anda pada saat itu katakana saja secara percaya diri layaknya berbicara dengan orang kepercayaan. Ulangi terus menerus secara rutin.

  1. Mempersiapkan Mental Secara Matang dan Fisik yang Kuat 

Mempersiapkan mental dan fisik menjadi hal yang mesti dilakukan saat hari pertama kerja. Memikirkan tempat baru, beban agak berat atau rekan toxic, tentu bisa membuat Anda semakin khawatir.

Jangan biarkan pikiran ini membuat Anda sangat takut sehingga tidak bisa tidur di malam hari. Tidak tidur nyenyak secara alami melemahkan fisik, mental juga terganggu. Jadi hindari pikiran negatif menjadikan diri semakin khawatir. Pikirkan hal baik saja sebelum memulai.

  1. Datang Lebih Awal ke Kantor

Hal yang mesti dilakukan saat hari pertama kerja, usahakan datang ke kantor lebih awal dari jam kantor biasanya. Datang ke kantor lebih awal membuat suasana kantor pasti akan terasa sepi yang artinya tidak banyak orang.

Menjumpai beberapa rekan kantor mumpung suasana masih sepi, bisa memulai percakapan dengan orang tersebut atau sekedar mengobrol ringan. Jika datang pada jam kantor, kemungkinan ruangan sudah penuh sesak.

  1. Terlebih Dahulu Persiapkan Peralatan Kantor 

Perlengkapan kantor yang lengkap sebagai karyawan baru di hari pertama bekerja di kantor sudah mulai terasa pada malam hari. Mulai dari laptop, notebook, alat tulis hingga barang-barang pribadi seperti charger, power bank, parfum, handphone dan lainnya. 

Jadi tidak terburu-buru atau bahkan terlambat di pagi hari untuk datang ke kantor karena baru menyiapkan “barang kebutuhan kantor” di pagi hari. Pastikan semua rencana untuk dibawa ada di dalam tas. Bangun pagi, tinggal mandi, sarapan, lalu berangkat pagi-pagi agar tidak terlambat.

  1. Pahami Pekerjaan

Memahami bagaimana pekerjaan Anda adalah hal yang mesti dilakukan saat hari pertama kerja, mengurangi gugup juga. Jika gugup untuk mengambil pekerjaan cukup baru sebaiknya pahami kembali apa tugas nantinya sehingga bisa menjadi lebih percaya diri dan nyaman.

Coba baca kembali deskripsi pekerjaan, pahami setiap detailnya. Tentunya jika benar-benar memahami apa yang harus dilakukan, tidak akan terlalu gugup.

  1. Ikut Makan Siang Bersama Rekan Kerja

Jangan terlalu menutup diri dengan tidak bersosial di hari pertama bekerja. Menghindari rekan yang mengundang untuk makan siang Bersama, salah satunya. Hal satu ini bisa menjadi kesempatan untuk menyesuaikan diri.

Mungkin terasa sedikit aneh pada awalnya jika kita langsung pergi makan malam bersama. Namun, Anda dapat menggunakan masalah ini untuk mengenal rekan-rekan Anda lebih baik. Saat makan siang, Anda bisa mencairkan suasana dengan mencoba mengajukan pertanyaan mudah.

  1. Temukan Tempat Menyendiri yang Nyaman

Meskipun ditekankan agar bersosialisasi, menemukan tempat nyaman bisa membuat Anda keluar dari kebisingan. Anda mungkin cukup beruntung untuk bekerja di lingkungan positif dan perusahaan mendorong budaya kolaborasi. 

Beberapa orang harus menghadapi lingkungan kerja tidak nyaman setiap hari. Saat berada di posisi ini, bekerja pasti selalu terasa tidak nyaman dan janggal. 

Pekerjaan dulu menjadi passion tiba-tiba menjadi membosankan dan membencinya. Sepertinya tidak ada keinginan untuk pergi bekerja lagi. Untuk menyiasati itu hal yang mesti dilakukan saat hari pertama kerja adalah menemukan tempat menyendiri nyaman. 

Keyword : hal yang mesti dilakukan saat hari pertama kerja

Deskripsi : Mempersiapkan secara matang hal yang mesti dilakukan saat hari pertama kerja membantu kenyamanan dalam lingkungan kerja. 

Bagikan Artikel: