10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

hal yang mesti dihindari saat hari pertama kerja

Hal yang Mesti Dihindari Saat Hari Pertama Kerja

Memperhatikan hal yang mesti dihindari saat hari pertama kerja salah satunya menjaga sikap. Bertemu banyak teman dengan perilaku buruk akan mempertaruhkan reputasi dan status selama bekerja. Perilaku negatif dilakukan membahayakan karier Anda.

Kebiasaan buruk bisa menjadi boomerang dalam karir. Salah satunya adalah suka penundaan tugas. Mulai menghilangkan kebiasaan buruk dengan bekerja secara produktif. Awalnya sulit, tapi jika punya prinsip dan terus berubah untuk karir lebih baik, pasti akan berhasil.

Yang terpenting adalah mendisiplinkan diri dengan hal kecil. Sudah saatnya berhenti mengulangi kesalahan bisa merugikan karir. Memaksimalkan pekerjaan untuk mempertahankan produktivitas, berikut adalah beberapa hal harus dihindari saat bekerja.

Catat Hal yang Mesti Dihindari Saat Hari Pertama Kerja

Beberapa cara penting harus Anda catat untuk bekerja secara profesional, nyatanya masih banyak pekerja tidak profesional karena masih menganggap dunia kerja remeh dan tidak terlalu penting. Padahal pekerjaan tersebut merupakan penghasilan seumur hidup.

  1. Berbohong 

Saat pertama kerja, hindari berkata bohong. Berbohong salah satu penyebab utama dari semua kekacauan dalam kehidupan sehari-hari. Konsekuensi berbohong tidak hanya mempengaruhi pelakunya, tetapi juga taman lain.

Ketika kebohongan ada di mana-mana, itu bisa menciptakan kebencian timbal balik di antara orang-orang. Ketika hal ini terjadi, prinsip kebersamaan dan gotong royong hilang dengan sendirinya. Tidak hanya itu, berbohong juga dapat menyebabkan hilangnya keakraban. 

Berbohong dapat membuat seseorang melakukan hal-hal serius seperti saling memukul atau menyebarkan fitnah yang tidak dilakukan oleh orang. Ini hal yang mesti dihindari saat hari pertama kerja saja tapi juga selama-lamanya. 

  1. Mengeluh Saat Bercerita 

Baru pertama masuk kerja sudah mengeluh bukan perilaku terpuji. Mengeluh tentang sesuatu hal wajar bagi banyak orang, terutama ketika mereka merasa kelelahan tapi tidak semua bisa memaklumi itu. 

Terlalu banyak mengeluh dapat menyebabkan relan menjauh. Mengeluh adalah hal negatif sama sekali tidak membangkitkan semangat. Rekan akan merasa terganggu jika terus mendengarkan Anda mengeluh tentang semua hal kecil. 

  1. Tidak Mengakui kesalahan Bahkan Menyalahkan Orang Lain

Hal yang mesti dihindari saat hari pertama kerja adalah tidak ada seorang pun di dunia ini sempurna, termasuk Anda yang baru mulai bekerja. Sangat mungkin melakukan kesalahan, sejak kecil diajari untuk bertanggung jawab atas diri kita sendiri. Jika melakukan kesalahan, dapat bertanggung jawab dan memperbaikinya.

Tidak semua memiliki sikap tanggung jawab yang disebutkan sebelumnya. Alih mengakui kesalahannya, malah menyalahkan orang lain. Anda harus berhati-hati karena sikap ini bisa menjadi salah satu penyebab mengapa banyak orang tidak menyukai Anda.

  1. Rendah Hati yang Salah

Kerendahan hati adalah salah satu kebiasaan harus diadopsi setiap orang. Namun jika Anda sengaja rendah hati untuk tujuan tertentu, seperti membuat orang memuji Anda, itu salah. Orang merasa kesal ketika melihatnya, karena secara sadar mencari perhatian.

  1. Penyebar berita bohong

Baik di tempat kerja atau dimana saja, pasti ada orang yang tidak menyukai Anda, meskipun tidak melakukan kesalahan. Biasanya karena orang tersebut iri atau tidak terima dengan kehadiran Anda jadi hal yang mesti dihindari saat hari pertama kerja.

Jangan menjadi seperti itu, kebiasaan mencoba untuk mempermalukan diri sendiri sehingga banyak orang tidak menyukai dengan cara menyebarkan kabar buruk. Ini biasanya menyebar melalui gosip saat bergaul dengan teman lain. 

  1. Jangan Egois dan Memaksakan Kehendak Pada Teman

Punya ide itu tidak salah, apalagi baru pertama bekerja. Tapi harus dipikirkan apakah itu baik untuk kebaikan bersama atau tidak. Bekerja sebagai tim, harus mengutamakan kepentingan bersama hal yang mesti dihindari saat hari pertama kerja. 

Menjadi egois dan memiliki cara berpikir sendiri tanpa mendengarkan pendapat teman lain dapat merusak hubungan antar teman dilingkungan baru. Tidak menghargai orang lain dengan kemungkinan berpikir bahwa hanya pendapat Anda yang terbaik. 

Tapi apa pemikiran baik menurut Anda belum tentu baik menurut orang lain. Sama seperti mengatur tanpa kepentingan bersama akan membuat orang membenci untuk waktu lama. Ingat, beberapa melihat Anda berdasarkan cara memperlakukan orang lain. 

Jika Anda ramah, rekan lain akan menghargai Anda dan hubungan sosial positif mudah terbentuk. Sikap buruk hal yang mesti dihindari saat hari pertama kerja.

Bagikan Artikel: