contoh surat pemberitahuan

10 Contoh Surat Pemberitahuan untuk Apa Saja

Anda pasti sudah pernah mendengar Contoh Surat Pemberitahuan dari sekolah ataupun tempat kerja. Sebuah lampiran kertas berisi mengenai suatu hal yang sifatnya darurat atau rencana masa depan berkepanjangan. Sehingga, memerlukan pemberitahuan khalayak banyak agar orang yang bersangkutan mengetahuinya. 

Jenis ini sering ditemui pada lingkungan masyarakat sekitar dari bersifat resmi formal sampai ada yang non formal. Sifatnya ini tentu tergantung pada jenis kebutuhan dan tujuan masing-masing untuk  kegunaannya. Maka dari itu pembuatannya juga tidak bisa secara asal-asalan tetap membutuhkan struktur jelas.

Pengetahuan mengenai hal tersebut sudah Anda kenal sejak sekolah menengah atau dari sekolah dasar. Hanya saja mungkin tidak terlalu mendalam sampai pada jenis lainnya dalam segi pembelajarannya. Untuk itu, agar menambah wawasan mengenai hal tersebut bisa menyimak ulasan berikut.

Pengertian Surat Pemberitahuan

Tentunya, sebelum membahas mengenai Contoh Surat Pemberitahuan, lebih baik mengenalnya secara dasar. Secara definisi bisa diartikan sebagai surat formal yang bertujuan memberitahukan suatu hal informasi penting. Tujuannya surat pemberitahuan adalah memberitahukan yang bersifat wajib, seperti pembayaran, kegiatan, dan lainnya. 

Pembuatannya juga bisa perseorangan, instansi, sekolah, lembaga atau lainnya secara bebas dan tergantung kebutuhan. Sehingga, mengartikan tidak ada aturan pasti tentang siapa saja yang harus membuatnya atau hanya lembaga saja. Mengenai penulisannya juga lebih baik jika memakai kata-kata yang bagus dan sesuai. 

Menurut Aplustopper, surat pemberitahuan adalah informasi penting yang diteruskan ke satu pihak oleh pihak lain. Kreditur dan perusahaan biasanya menggunakan surat pemberitahuan untuk menginformasikan kejadian seperti jika seseorang meninggal dunia atau memberi tahu otoritas imigrasi tentang pernikahan, yang memengaruhi aplikasi visa.

Terdapat aturan baku jelas sesuai kaidah agar informasi tersampaikan secara jelas dan utuh. Bahkan pemilihan bahasa juga akan mempengaruhi bagaimana audiens menangkap makna dari isinya. Formatnya juga harus sesuai mulai dari Kop Surat, Identitas penerima, isi, sampai pada tanda tangan sebagai bukti. 

Baca juga: Bentuk-bentuk Surat yang Bisa Anda Coba Buat

Cara Membuat Surat Pemberitahuan

1. Judul dan Tanggal

Letakkan judul surat di bagian atas, seperti “Surat Pemberitahuan” diikuti oleh tanggal penulisan surat. Pastikan tanggal tersebut jelas dan terbaca dengan baik.

2. Alamat Penerima

Tuliskan alamat lengkap penerima surat di bawah tanggal. Ini termasuk nama, jabatan (jika ada), nama perusahaan/organisasi, alamat, kota, dan kode pos.



3. Salam Pembuka

Gunakan salam pembuka yang sesuai seperti “Yth.” atau “Salam Sejahtera,” diikuti dengan nama lengkap penerima. Pastikan nama tersebut tertulis dengan benar.

4. Isi Pemberitahuan

Tulis isi pemberitahuan dengan jelas dan singkat. Jelaskan informasi yang perlu disampaikan secara tegas. Hindari penggunaan bahasa yang ambigu atau terlalu formal, kecuali jika situasi memang mengharuskan. Gunakan paragraf terpisah untuk setiap poin utama.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

5. Detail Informasi

Pastikan informasi yang diberikan lengkap dan akurat. Jika perlu, sertakan detail seperti tanggal, waktu, tempat, dan kontak yang bisa dihubungi untuk informasi lebih lanjut.

6. Penjelasan Tambahan

Jika diperlukan, tambahkan penjelasan lebih lanjut tentang konteks atau alasan di balik pemberitahuan tersebut. Tetap singkat namun informatif.

7. Instruksi Tindak Lanjut

Jika ada langkah yang harus diambil oleh penerima, jelaskan dengan jelas apa yang diharapkan dari mereka. Gunakan kalimat yang mudah dimengerti.



8. Salam Penutup

Gunakan salam penutup seperti “Hormat kami” atau “Terima Kasih” diikuti dengan tanda tangan dan nama Anda. Jika surat ini dikirim oleh perusahaan/organisasi, nama dan jabatan penandatangan juga perlu disertakan.

9. Lampiran

Jika Anda melampirkan dokumen atau informasi tambahan, sebutkan di bagian akhir surat dan pastikan lampiran tersebut benar-benar relevan.

10. Format dan Penyusunan

Pastikan surat memiliki format yang rapi dan mudah dibaca. Gunakan jenis font yang konsisten dan ukuran yang sesuai. Jaga paragraf agar tidak terlalu panjang.

11. Review dan Koreksi

Sebelum mengirimkan surat, pastikan untuk mereview dan mengoreksi tata bahasa, ejaan, dan kesalahan lainnya. Surat yang rapi dan bebas dari kesalahan memberikan kesan profesional.

Baca Juga : Contoh Surat Pengantar 

Macam-Macam Surat Pemberitahuan 

1. Surat Pemberitahuan Resmi

Jenis ini digunakan dalam konteks formal, seperti dalam dunia bisnis atau instansi pemerintah. Contohnya adalah surat pemberitahuan perubahan kebijakan perusahaan, pemberitahuan pemilihan pengurus organisasi, atau pemberitahuan perubahan alamat kantor.

2. Surat Pemberitahuan Tidak Resmi

Surat ini lebih santai dan biasanya ditujukan kepada teman, keluarga, atau rekan-rekan dalam lingkungan informal. Contohnya adalah surat pemberitahuan undangan acara ulang tahun atau pemberitahuan perubahan rencana pertemuan.

3. Surat Pemberitahuan Penundaan

Digunakan untuk memberitahu penerima bahwa suatu acara atau kegiatan ditunda. Misalnya, surat pemberitahuan penundaan konferensi atau acara konser.

4. Surat Pemberitahuan Penghentian

Jenis ini digunakan untuk memberitahu bahwa suatu layanan atau kegiatan akan dihentikan. Contohnya adalah surat pemberitahuan penghentian layanan langganan majalah atau layanan internet.

5. Surat Pemberitahuan Perubahan Jadwal

Digunakan untuk menginformasikan perubahan jadwal acara, pertemuan, atau aktivitas lainnya. Misalnya, surat pemberitahuan perubahan jadwal pelatihan karyawan.

6. Surat Pemberitahuan Pelunasan

Digunakan untuk memberitahu bahwa suatu tagihan atau pembayaran telah dilunasi. Contohnya adalah surat pemberitahuan pelunasan pinjaman atau tagihan pembayaran.

7. Surat Pemberitahuan Cuti

Jenis ini digunakan untuk memberitahu pihak yang berwenang tentang rencana cuti, baik itu cuti sakit, cuti liburan, atau cuti lainnya.

8. Surat Pemberitahuan Kenaikan Harga

Digunakan untuk memberitahu pelanggan atau konsumen tentang rencana kenaikan harga produk atau layanan.

9. Surat Pemberitahuan Penggantian

Digunakan untuk memberitahu tentang penggantian suatu barang atau layanan dengan yang baru atau yang lebih baik.

10. Surat Pemberitahuan Perubahan Personal

Jenis ini digunakan untuk memberitahu tentang perubahan personal seperti perubahan alamat, perubahan nomor telepon, atau perubahan informasi kontak lainnya.

11. Surat Pemberitahuan Promosi

Digunakan untuk memberitahu karyawan tentang promosi atau kenaikan jabatan dalam perusahaan.

12. Surat Pemberitahuan Pengunduran Diri

Digunakan saat seseorang ingin mengundurkan diri dari pekerjaan atau posisi tertentu. Surat ini berisi pemberitahuan formal kepada atasan atau perusahaan.

Baca juga: Beberapa Contoh Surat Pengantar Beserta Pemahamannya

Contoh Surat Pemberitahuan

1. Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan

[Nama Perusahaan/Organisasi]

[Alamat Perusahaan/Organisasi]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal]

Surat Pemberitahuan

Perihal: Pemberitahuan Kegiatan [Nama Kegiatan]

Yth. [Nama Penerima], Salam Sejahtera,

Kami dengan senang hati ingin memberitahukan Anda tentang kegiatan yang akan diadakan oleh [Nama Perusahaan/Organisasi]. Kegiatan ini diharapkan memberikan manfaat dan informasi berharga bagi semua peserta. Berikut ini adalah detail mengenai kegiatan tersebut:

1. Nama Kegiatan: [Nama Kegiatan]

2. Tanggal: [Tanggal Kegiatan]

3. Waktu: [Waktu Mulai] – [Waktu Selesai]

4. Tempat: [Tempat Kegiatan]

5. Tujuan Kegiatan: [Tujuan Kegiatan]

Agenda Kegiatan:

  • [Agenda 1]
  • [Agenda 2]
  • [Agenda 3]

Pembicara/Pemateri:

  • [Nama Pembicara 1] – [Topik]
  • [Nama Pembicara 2] – [Topik]
  • [Nama Pembicara 3] – [Topik]

Kami sangat mengharapkan kehadiran Anda dalam kegiatan ini. Peserta akan mendapatkan wawasan yang bermanfaat serta kesempatan untuk berinteraksi dengan para ahli di bidangnya. Harap konfirmasikan kehadiran Anda paling lambat pada tanggal [Batas Konfirmasi Kehadiran] melalui [Kontak Konfirmasi] atau melalui tautan [Tautan Konfirmasi Online].

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan informasi tambahan, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui [Kontak yang Disediakan].

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda dalam kegiatan ini. Kami berharap dapat bertemu dengan Anda di acara tersebut.

Hormat kami,

[Nama Penandatangan] [Jabatan Penandatangan] [Nama Perusahaan/Organisasi] [Kontak Penandatangan]


Catatan: Silakan menyesuaikan informasi di dalam kurung siku dengan detail sebenarnya mengenai kegiatan yang akan diadakan.

2. Contoh Surat Pemberitahuan Pembayaran Sekolah

[Nama Sekolah]

[Alamat Sekolah]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal]

Surat Pemberitahuan Pembayaran

Perihal: Pembayaran Biaya Pendidikan Tahun Ajaran [Tahun Ajaran]

Yth. Orang Tua/Wali Siswa,

Salam Sejahtera,

Kami harap Anda dalam keadaan baik-baik saja. Kami ingin memberitahukan mengenai jadwal dan rincian pembayaran biaya pendidikan untuk tahun ajaran [Tahun Ajaran]. Berikut adalah informasi penting terkait dengan pembayaran ini:

1. Jumlah Biaya: [Jumlah Biaya]

2. Tanggal Batas Pembayaran Pertama: [Tanggal Batas Pembayaran Pertama]

3. Tanggal Batas Pembayaran Kedua: [Tanggal Batas Pembayaran Kedua]

4. Rincian

Cara Pembayaran:

Anda dapat melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui salah satu dari cara berikut:

  1. Transfer Bank: Silakan transfer jumlah biaya ke rekening bank sekolah pada [Nomor Rekening] atas nama [Nama Pemilik Rekening]. Cantumkan [Nama Siswa] dan [Nomor Induk Siswa] pada catatan transfer.
  2. Pembayaran Tunai: Pembayaran tunai dapat dilakukan di kantor administrasi sekolah pada jam kerja.

Tentang Pembayaran Bertahap:

Apabila Anda memilih untuk melakukan pembayaran bertahap, mohon perhatikan tanggal batas pembayaran yang telah ditentukan. Pembayaran yang tidak dilakukan tepat waktu dapat berdampak pada status keaktifan siswa.

Konfirmasi Pembayaran:

Setelah pembayaran dilakukan, mohon segera konfirmasi pembayaran dengan mengirimkan bukti transfer ke [Alamat Email] atau melalui [Nomor Kontak]. Ini akan membantu kami dalam memverifikasi dan mencatat pembayaran dengan benar.

Kami sangat menghargai partisipasi dan dukungan Anda dalam menyediakan pendidikan berkualitas bagi siswa kami. Jika ada pertanyaan lebih lanjut atau butuh bantuan terkait pembayaran, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Anda.

Hormat kami,

[Nama Penandatangan] [Jabatan Penandatangan] [Nama Sekolah] [Kontak Penandatangan]


Catatan: Harap menyesuaikan informasi dalam kurung siku dengan detail sebenarnya yang berlaku di sekolah Anda.

3. Contoh Surat Pemberitahuan Acara

[Nama Organisasi/Perusahaan]

[Alamat Organisasi/Perusahaan]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal]

Surat Pemberitahuan Acara

Perihal: Undangan dan Rincian Acara [Nama Acara]

Yth. [Nama Penerima], Salam Sejahtera,

Kami berharap Anda dalam keadaan baik. Kami dengan senang hati ingin mengundang Anda untuk hadir dalam acara [Nama Acara] yang akan diadakan oleh [Nama Organisasi/Perusahaan]. Acara ini merupakan kesempatan untuk berbagi pengetahuan, ide, dan pengalaman yang bermanfaat. Berikut adalah detail acara:

1. Nama Acara: [Nama Acara]

2. Tanggal: [Tanggal Acara]

3. Waktu: [Waktu Mulai] – [Waktu Selesai]

4. Tempat: [Tempat Acara]

5. Tema Acara: [Tema Acara]

6. Tujuan Acara: [Tujuan Acara]

Agenda Acara:

  • [Agenda 1]
  • [Agenda 2]
  • [Agenda 3]

Pembicara/Pemateri:

  • [Nama Pembicara 1] – [Topik]
  • [Nama Pembicara 2] – [Topik]
  • [Nama Pembicara 3] – [Topik]

Konfirmasi Kehadiran:

Kami akan sangat menghargai kehadiran Anda dalam acara ini. Harap konfirmasikan kehadiran Anda paling lambat pada tanggal [Batas Konfirmasi Kehadiran] melalui [Kontak Konfirmasi] atau melalui tautan [Tautan Konfirmasi Online].

Kami yakin acara ini akan memberikan wawasan yang berharga dan kesempatan untuk menjalin hubungan yang bermanfaat dengan para profesional dari berbagai bidang. Mohon menginformasikan kepada kami jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan informasi tambahan.

Terima kasih atas perhatian Anda. Kami berharap dapat bertemu dengan Anda dalam acara tersebut.

Hormat kami,

[Nama Penandatangan] [Jabatan Penandatangan] [Nama Organisasi/Perusahaan] [Kontak Penandatangan]


Catatan: Mohon disesuaikan informasi dalam kurung siku dengan detail sebenarnya tentang acara yang akan diadakan.

4. Contoh Surat Pemberitahuan

Nama Perusahaan/Organisasi]

[Alamat Perusahaan/Organisasi]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal]

Surat Pemberitahuan

Perihal: Perubahan Jam Kerja Mulai [Tanggal Perubahan]

Yth. Seluruh Karyawan,

Salam Sejahtera,

Kami ingin memberitahukan kepada seluruh karyawan tentang perubahan jam kerja yang akan diterapkan mulai [Tanggal Perubahan]. Perubahan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan efisiensi operasional perusahaan dan memberikan manfaat yang lebih baik bagi semua pihak.

Detail Perubahan:

  1. Jam Masuk: [Jam Masuk Baru]
  2. Jam Istirahat: [Jam Istirahat Baru]
  3. Jam Pulang: [Jam Pulang Baru]
  4. Hari Kerja: [Hari Kerja yang Berlaku]

Perubahan ini akan berlaku efektif mulai [Tanggal Perubahan]. Kami memahami bahwa perubahan seperti ini dapat mempengaruhi jadwal pribadi Anda. Oleh karena itu, kami berupaya memberikan informasi dengan sebelumnya agar Anda dapat menyesuaikan diri dengan perubahan ini.

Kami berharap semuanya dapat memahami alasan di balik perubahan ini dan mendukungnya. Jika ada pertanyaan atau kekhawatiran mengenai perubahan ini, jangan ragu untuk menghubungi Departemen Sumber Daya Manusia di [Nomor Kontak HR] atau melalui [Alamat Email HR].

Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan pengertian Anda dalam hal ini.

Hormat kami,

[Nama Penandatangan] [Jabatan Penandatangan] [Nama Perusahaan/Organisasi] [Kontak Penandatangan]


Catatan: Mohon disesuaikan informasi dalam kurung siku dengan detail sebenarnya tentang perubahan yang akan diinformasikan.

5. Contoh Surat Pemberitahuan Bahasa Inggris

[Your Company/Organization Name]

[Company/Organization Address]

[City, Postal Code]

[Date]

Notification Letter

Subject: Change in Working Hours Starting [Change Date]

Dear All Employees,

Greetings,

We would like to inform all employees about a change in working hours that will be implemented starting [Change Date]. This change is being made to enhance operational efficiency and provide better benefits for all parties involved.

Change Details:

  1. Start Time: [New Start Time]
  2. Break Time: [New Break Time]
  3. End Time: [New End Time]
  4. Working Days: [Applicable Working Days]

This change will be effective from [Change Date]. We understand that changes like these can affect your personal schedules. Therefore, we are providing this information well in advance to allow you to adjust accordingly.

We hope that everyone can understand the reasons behind this change and support it. If you have any questions or concerns about this change, please feel free to contact the Human Resources Department at [HR Contact Number] or via [HR Email Address].

We appreciate your cooperation and understanding in this matter.

Best regards,

[Your Name] [Your Title] [Company/Organization Name] [Your Contact Information]


Note: Please adapt the information within square brackets to reflect the actual details of the notification being conveyed.

6. Contoh Surat Pemberitahuan Sekolah

[Nama Sekolah]

[Alamat Sekolah]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal]

Surat Pemberitahuan

Perihal: Jadwal Ujian Semester Genap

Yth. Orang Tua/Wali Siswa,

Salam Sejahtera,

Kami harap Anda dalam keadaan baik. Melalui surat ini, kami ingin memberitahukan mengenai jadwal ujian semester genap bagi siswa-siswa di [Nama Sekolah].

Detail Ujian:

  1. Tanggal Pelaksanaan: [Tanggal Mulai] – [Tanggal Selesai]
  2. Mata Pelajaran: [Daftar Mata Pelajaran yang Diujikan]
  3. Jam Pelaksanaan: [Jam Mulai] – [Jam Selesai]
  4. Tempat Pelaksanaan: [Ruangan Ujian]

Mohon kepada orang tua/wali siswa untuk memberitahukan anak-anak mereka mengenai pentingnya mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian ini. Adapun catatan penting terkait ujian ini:

  1. Semua siswa diharapkan hadir tepat waktu dan berpakaian rapi pada hari-hari ujian.
  2. Peserta ujian diharapkan membawa perlengkapan tulis yang diperlukan (pensil, penghapus, dan lain-lain).
  3. Larangan penggunaan ponsel atau alat elektronik lainnya selama ujian tetap berlaku.

Kami berharap agar para orang tua/wali siswa dapat memberikan dukungan dan dorongan kepada anak-anak dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian ini. Kehadiran dan partisipasi yang baik dalam ujian sangat penting dalam menilai perkembangan belajar siswa.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan klarifikasi, silakan hubungi kami melalui [Nomor Kontak] atau [Alamat Email Sekolah].

Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Anda.

Hormat kami,

[Nama Kepala Sekolah] [Jabatan Kepala Sekolah] [Nama Sekolah] [Kontak Sekolah]


Catatan: Mohon disesuaikan informasi dalam kurung siku dengan detail sebenarnya tentang jadwal ujian yang akan diinformasikan.

7. Contoh Surat Pemberitahuan Perusahaan

[Nama Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal]

Surat Pemberitahuan

Perihal: Pelatihan Karyawan – Pengembangan Profesional

Yth. Semua Karyawan,

Salam Sejahtera,

Kami berharap semuanya dalam keadaan baik. Kami ingin menginformasikan tentang sebuah pelatihan karyawan yang akan diadakan sebagai bagian dari program pengembangan profesional di [Nama Perusahaan].

Detail Pelatihan:

  1. Judul Pelatihan: [Judul Pelatihan]
  2. Tanggal Pelaksanaan: [Tanggal Mulai] – [Tanggal Selesai]
  3. Waktu Pelaksanaan: [Jam Mulai] – [Jam Selesai]
  4. Tempat Pelaksanaan: [Tempat Pelatihan]
  5. Pemateri: [Nama Pemateri]

Tujuan Pelatihan:

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan dalam [Bidang Pelatihan]. Kami percaya bahwa investasi dalam pengembangan profesional akan memberikan manfaat jangka panjang bagi kedua belah pihak, perusahaan, dan karyawan.

Isi Pelatihan:

  • [Topik 1]
  • [Topik 2]
  • [Topik 3]

Konfirmasi Kehadiran:

Kehadiran Anda dalam pelatihan ini sangat diharapkan. Harap konfirmasikan kehadiran Anda paling lambat pada tanggal [Batas Konfirmasi] melalui [Alamat Email HR] atau melalui [Nomor Kontak HR].

Kami yakin pelatihan ini akan memberikan wawasan yang berharga dan peluang untuk meningkatkan kompetensi. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi Departemen Sumber Daya Manusia di [Nomor Kontak HR] atau [Alamat Email HR].

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda dalam upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas tim kami.

Hormat kami,

[Nama Penandatangan] [Jabatan Penandatangan] [Nama Perusahaan] [Kontak Penandatangan]


Catatan: Mohon disesuaikan informasi dalam kurung siku dengan detail sebenarnya tentang pelatihan yang akan diadakan.

8. Contoh Surat Pemberitahuan Resmi

[Nama Perusahaan/Organisasi]

[Alamat Perusahaan/Organisasi]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal]

Surat Pemberitahuan Resmi

Perihal: Perubahan Kebijakan Penggajian

Yth. Seluruh Karyawan,

Salam Hormat,

Dengan ini kami ingin memberitahukan secara resmi tentang perubahan dalam kebijakan penggajian di [Nama Perusahaan/Organisasi]. Perubahan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan transparansi, efisiensi, dan kesejahteraan karyawan kami.

Detail Perubahan:

  1. Metode Pembayaran Gaji: Kami akan beralih menggunakan metode pembayaran gaji secara elektronik. Gaji akan ditransfer langsung ke rekening bank yang telah Anda daftarkan dalam sistem kami.
  2. Jadwal Pembayaran Gaji: Jadwal pembayaran gaji akan diubah menjadi setiap tanggal [Tanggal Pembayaran], dimulai dari bulan [Bulan Awal].
  3. Laporan Penggajian Elektronik: Slip gaji dan laporan penggajian akan tersedia dalam bentuk elektronik melalui sistem internal kami. Anda dapat mengaksesnya melalui akun pribadi.

Langkah-langkah untuk Menyesuaikan:

  1. Pastikan bahwa Anda telah memberikan informasi rekening bank yang benar dan lengkap kepada Departemen Keuangan. Jika Anda belum melakukannya, mohon segera menghubungi [Nama Kontak Keuangan] di [Nomor Kontak] atau [Alamat Email Keuangan].
  2. Periksa akun pribadi Anda di sistem kami secara berkala untuk mengakses slip gaji dan laporan penggajian.

Kami percaya bahwa perubahan ini akan membawa manfaat jangka panjang bagi semua pihak. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan klarifikasi, jangan ragu untuk menghubungi Departemen Keuangan di [Nomor Kontak] atau [Alamat Email Keuangan].

Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Anda dalam hal ini.

Hormat kami,

[Nama Penandatangan] [Jabatan Penandatangan] [Nama Perusahaan/Organisasi] [Kontak Penandatangan]


Catatan: Mohon disesuaikan informasi dalam kurung siku dengan detail sebenarnya tentang perubahan kebijakan penggajian yang akan diinformasikan.

9. Contoh Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang

[Nama Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal]

Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang

Perihal: Pengiriman Barang Pesanan Anda

Yth. [Nama Penerima], Salam Sejahtera,

Kami ingin memberitahukan bahwa pesanan Anda dengan nomor pesanan [Nomor Pesanan] telah dikemas dengan baik dan siap untuk dikirimkan. Berikut adalah detail pengiriman barang Anda:

Detail Pesanan:

  1. Nomor Pesanan: [Nomor Pesanan]
  2. Tanggal Pesanan: [Tanggal Pesanan]
  3. Jumlah Barang: [Jumlah Barang]
  4. Detail Barang: [Nama Barang] – [Jumlah], [Deskripsi Barang]

Detail Pengiriman:

  1. Metode Pengiriman: [Metode Pengiriman]
  2. Nomor Resi: [Nomor Resi Pengiriman]
  3. Estimasi Tiba: [Tanggal Estimasi Tiba]

Anda dapat melacak status pengiriman menggunakan nomor resi pengiriman di [Situs Pengiriman]. Mohon pastikan ada seseorang yang bisa menerima pengiriman di alamat yang telah Anda berikan pada saat pemesanan.

Apabila ada masalah atau pertanyaan mengenai pengiriman, jangan ragu untuk menghubungi tim layanan pelanggan kami di [Nomor Kontak Layanan Pelanggan] atau [Alamat Email Layanan Pelanggan]. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Terima kasih atas kepercayaan Anda kepada kami. Kami berharap barang pesanan Anda dapat tiba dengan aman dan memuaskan.

Hormat kami,

[Nama Penandatangan] [Jabatan Penandatangan] [Nama Perusahaan] [Kontak Penandatangan]


Catatan: Mohon disesuaikan informasi dalam kurung siku dengan detail sebenarnya tentang pengiriman barang yang akan diinformasikan.

10. Contoh Surat Pemberitahuan Pembayaran

[Nama Perusahaan/Organisasi]

[Alamat Perusahaan/Organisasi]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal]

Surat Pemberitahuan Pembayaran

Perihal: Tagihan Pembayaran [Nomor Tagihan]

Yth. [Nama Penerima],

Salam Sejahtera,

Kami ingin memberitahukan bahwa terdapat tagihan pembayaran atas layanan/jasa yang telah Anda gunakan dari [Nama Perusahaan/Organisasi]. Berikut adalah rincian tagihan:

Detail Tagihan:

  1. Nomor Tagihan: [Nomor Tagihan]
  2. Tanggal Tagihan: [Tanggal Tagihan]
  3. Jumlah Tagihan: [Jumlah Tagihan]
  4. Deskripsi Layanan/Jasa: [Deskripsi Layanan/Jasa]

Batas Pembayaran: [Tanggal Batas Pembayaran]

Mohon untuk segera melunasi jumlah tagihan tersebut sebelum tanggal batas pembayaran. Anda dapat melakukan pembayaran melalui:

  1. Transfer Bank: Silakan transfer jumlah tagihan ke rekening bank [Nama Bank] atas nama [Nama Pemilik Rekening] dengan nomor rekening [Nomor Rekening].
  2. Pembayaran Online: Anda juga dapat menggunakan layanan pembayaran online melalui [Sistem Pembayaran Online yang Digunakan].

Pastikan untuk mencantumkan nomor tagihan pada catatan transfer atau saat melakukan pembayaran online agar kami dapat mengidentifikasi pembayaran Anda dengan tepat.

Jika Anda sudah melakukan pembayaran, mohon abaikan pemberitahuan ini. Namun, jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut atau memiliki pertanyaan mengenai tagihan ini, silakan hubungi kami melalui [Nomor Kontak] atau [Alamat Email Layanan Pelanggan].

Kami sangat menghargai kerjasama Anda dalam pembayaran tepat waktu. Terima kasih atas perhatian dan pengertian Anda.

Hormat kami,

[Nama Penandatangan] [Jabatan Penandatangan] [Nama Perusahaan/Organisasi] [Kontak Penandatangan]


Catatan: Mohon disesuaikan informasi dalam kurung siku dengan detail sebenarnya tentang tagihan pembayaran yang akan diinformasikan.

Beberapa contoh di atas bisa Anda gunakan ketika membutuhkan salah satunya untuk keperluan sesuai jenisnya. Adanya informasi mengenai Contoh Surat Pemberitahuan membantu siapa saja yang belum memahaminya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!