contoh press release

Contoh Press Release yang Sering Dijumpai di Media

Apabila Anda baru bergabung dengan tim Humas ataupun Public Relation, maka contoh press release sangat Anda perlukan untuk menunjang pekerjaan. Hal ini karena bagian Humas atau PR ini akan berguna sebagai penghubung perusahaan dan masyarakat.

Pada umumnya informasi dari perusahaan tersebut akan disampaikan dalam bentuk tulisan, agar lebih banyak masyarakat umum yang tahu.

Untuk mengetahui penjelasan hingga contoh press release tersebut, silakan simak rangkuman penjelasan yang telah kami persiapkan pada artikel di bawah ini!

Konsep Dasar Mengenai Press Release

Sebelum mengenali struktur hingga contoh press release, maka silakan simak penjelasan mengenai press release di bawah ini terlebih dahulu.

1. Pengertian

Press release merupakan suatu informasi dari perusahaan yang berbentuk tulisan dan ditujukan untuk masyarakat umum, perusahaan serta Lembaga lainnya. Tujuannya adalah untuk mempromosikan citra dari perusahaan Anda.

Media publikasi dari informasi tersebut berbentuk surat kabar offline dan online, serta media social resmi bisnis.

Meskipun bisa dibuat sendiri, beberapa perusahaan juga memilih untuk menyerahkan urussan pembuatannya kepada pihak ketiga, karena dianggap lebih kompeten di dalam membuatnya.

Jika melihat contoh press release maka akan terlihat bentuknya seperti sebuah berita biasa saja, namun jika diamati di dalamnya terdapat sisipan mengenai promosi dan branding dari perusahaan tersebut.

Bukan hanya perusahaan yang telah lama berdiri, pembuatannya juga cocok untuk perusahaan baru sebagai sarana memperkenalkan usaha kepada lebih banyak kalangan. Di sana Anda juga bisa menjelaskan mengenai produk-produk bisnis.

Bahkan pada tren sekarang, lebih banyak lembaga menggunakan press release untuk perantara atau media memperkenalkan produk baru kepada masyarakat supaya potensi larisnya lebih tinggi.

2. Pentingnya Press Release

Berdasarkan penjelasan pada pengertiannya di atas, Anda mungkin sudah mendapatkan gambaran mengenai pentingnya kehadiran dari media ini. Lalu sebenarnya, kenapa hal ini dibutuhkan oleh lembaga atau perusahaan?

Sebenarnya tidak ada jawaban pasti, namun jika ditarik garis besarnya, maka ada tiga alasan mengapa pentingnya dari tulisan tersebut, yaitu:

  • Dapat membantu bisnis untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat
  • Menyampaikan informasi mengenai kegiatan yang akan diadakan oleh perusahaan.
  • Menyampaikan informasi khusus mengenai perusahaan tersebut.

Berdasarkan tiga alasan tersebut, maka dapat dipastikan bahwa diperlukan kemampuan berpikir tinggi untuk menciptakan press release yang berkualitas.

Baca juga: Memahami Contoh Surat Niaga untuk Keperluan Bisnis

Jenis, Struktur, dan Contoh Press Release yang Umum Ditemui

Selanjutnya Anda akan mulai memahami mengenai teknis dari press release, yaitu:



1. Jenis-Jenis Press Release

Secara umum terdapat tiga jenis dari media publikasi ini, di antaranya:

  1. Basic Publicity Release

Pada tipe basic ini, isinya hanya berupa informasi dari sebuah lembaga atau perusahaan, di mana informasi tersebut mempunyai nilai berita yang dapat diterima media massa.

  1. Product Release

Fokus dari tipe ini adalah untuk promosi atau soft selling atas produk dan perusahaan baru, di mana fokusnya adalah mengenalkan produk baru saja. Penerbitannya juga menggunakan media bisnis dan ekonomi.

  1. Financial Release

Tujuan pembuatannya adalah menyampaikan informasi mengenai kondisi keuangan bisnis kepada masyarakat umum.

2. Struktur Press Release

Sedangkan struktur dari publikasi ini antara lain:

  1. Judul/Head

Pembuatan judul perlu diperhatikan dengan seksama karena harus menarik supaya dapat memikat lebih banyak pihak untuk mampir membaca isi rilisan tersebut. Pastikan bahwa judulnya menggambarkan isi rilisan dan perbanyak menggunakan kalimat aktif.

  1. Teras/Pembuka/Lead

Merupakan bagian yang berperan sebagai pembuka, sehingga posisinya berada di bagian awal setelah judul. Ketika menulisnya, usahakan  masukkan unsur 5W+1H dan ditulis dengan padat dan jelas agar lebih mudah dipahami.

  1. Isi/Body

Pada pembuatannya banyak orang menggunakan metode piramida terbalik, di mana bagian informasi penting diletakkan pada bagian awal atau atas berita. Setelah itu barulah berisikan penjelasan umum, lalu informasi yang tidak terlalu diperlukan.

Guna meletakkan informasi penting pada bagian awal ini adalah demi menarik minat para calon pembaca.

Selain memperhatikan ketiga struktur di atas, Anda juga perlu memperhatikan beberapa aspek penting lainnya. Beberapa di antaranya adalah tanggal pembuatan, waktu rilis, memasukkan kontak bisnis, menghindari istilah khusus, serta memasukkan 5W+1H

Baca juga: Mengenal Contoh Surat Pemberitahuan untuk Apa Saja

3. Contoh Press Release

Beberapa contoh press release dapat Anda lihat di bawah ini:

  1. Kerja Sama Dua Perusahaan

Jika ingin menginformasikan mengenai kerja sama antara perusahaan Anda dengan pihak lain, maka bisa ikuti format ini.

  1. Pengenalan Produk

Anda bisa meniru ini jika ingin mengenalkan produk baru kepada masyarakat.

  1. Aksi Sosial Perusahaan

Menyampaikan hal ini dapat membantu meningkatkan citra di masyarakat.

Jika Anda dihadapkan untuk membuat sendiri, maka contoh press release serta penjelasannya akan membantu agar lebih mudah.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!