contoh pekerjaan yang menghasilkan barang

Contoh Pekerjaan yang Menghasilkan Barang, Perlu Diketahui!

Ada banyak contoh pekerjaan yang menghasilkan barang perlu Anda tahu sebelum terjun ke dunia kerja. Manusia harus melakukan suatu pekerjaan untuk mendapatkan imbalan atau memenuhi kebutuhannya.

Hal ini selaras dengan kegiatan ekonomi yaitu suatu aktivitas yang dilakukan manusia guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Berdasarkan hasil pekerjaan, jenis pekerjaannya dibagi menjadi dua yaitu menghasilkan barang atau produk dan menghasilkan jasa.

Baran adalah semua hal termasuk dalam benda umum, sedangkan jasa ialah perbuatan atau aktivitas berguna dan memberikan nilai untuk orang lain.

Perbedaan Antara Barang dan Jasa

Barang ialah produk fisik dapat dibeli oleh pelanggan dengan harga tertentu. Sementara jasa adalah fasilitas atau layanan diberikan kepada para konsumen.

Contoh pekerjaan yang menghasilkan barang adalah produk mempunyai bentuk fisik (terlihat dan berwujud. Sedangkan jasa ialah pelayanan atau fasilitas tidak terlihat wujud fisiknya.

Saat Anda membeli suatu produk, kepemilikan barang tersebut pindah dari penjual ke pembeli. Sebaliknya, jasa tidak dapat dialihkan.

Perbedaan selanjutnya ialah barang dapat dikembalikan atau ditukar, sedangkan jasa tidak dapat dikembalikan setelah dinikmati oleh penggunanya.

Barang juga dapat disimpan di masa mendatang. Sementara itu, layanan atau jasa terikat dengan waktu, sehingga tidak bisa disimpan dalam waktu lama dan hanya dinikmati jika dipesan di waktu bersamaan.

Perbedaan terakhir yaitu produk dapat dikonsumsi setelah melewati proses produksi dan penjualan. Sedangkan jasa diproduksi serta dinikmati pada saat yang bersamaan.

Baca juga: Berikut Perbedaan Barang dan Jasa yang Penting untuk Diketahui

Berbagai Contoh Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

Orang bekerja untuk menghasilkan suatu barang memiliki tugas masing-masing. Misalnya, nelayan mencari ikan sebagai bentuk barang dari pekerjaannya, berikut contoh lainnya.

1. Petani Garam

Petani garam merupakan sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya mengambil garam dari air laut. Penguapan air laut kemudian menghasilkan garam lalu bisa dipanen.

Petani garam kemudian mengumpulkan hasil panen dan menjualnya ke pasar. petani garam juga bisa mengalihkan tambak mereka menjadi tambak udang guna memenuhi kebutuhan hidup.

Contoh pekerjaan yang menghasilkan barang yaitu petani garam juga melakukan adaptasi budaya untuk menghadapi masalah lingkungan.

2. Tukang kayu

Pengrajin kayu menggunakan sumber daya alam tersedia berupa kayu kemudian diolah menjadi barang siap untuk digunakan. Seorang tukang kayu memulai pekerjaannya dengan mencari serta mendapatkan kayu dengan berkualitas terbaik.

Hal ini untuk membuat berbagai furniture dan barang berguna. Mereka bisa menghasilkan banyak karya serta produk kerajinan kayu kostum.



3. Pengrajin Cinderamata

Pengrajin cinderamata adalah seseorang dimana tugasnya membuat kerajinan dari barang bekas atau biasa ditemukan di alam. Kerajinan tangan ini bisa dalam bentuk apa saja.

Contoh pekerjaan yang menghasilkan barang mulai dari hiasan dinding, perhiasan hingga produk pakaian dan lain sebagainya. Pengrajin cinderamata kebanyakan dari daerah sekitar tempat wisata, khususnya tempat menjual oleh-oleh.

4. Petani

Bertani bukan lagi kata asing dan jenis pekerjaan yang paling dikenal masyarakat Indonesia. Petani bertanggung jawab atas ladang dan tanaman sudah mereka tanam.

Pekerjaan utamanya dengan cara melakukan pengelolaan tanah yang bertujuan menumbuhkan serta memelihara tanaman seperti jagung, padi, buah, dan sebagainya.

Baca juga: Mengenal Contoh Surat Penawaran Perusahaan: Barang dan Jasa

Petani bisa mengolah lahannya atau mempekerjakan orang lain seperti petani monokultur yang hanya menanam satu jenis tanaman saja.

6. Penjahit

Seorang penjahit bertanggung jawab mengubah kain menjadi pakaian untuk dikenakan setiap hari. Artinya, seorang penjahit adalah contoh pekerjaan yang menghasilkan barang.

Penjahit bisa membuat baju atau pakaian dari bahan yang berbeda seperti kain atau bahan sintetis. Penjahit juga dapat menerima pesanan untuk membuat pakaian sesuai dengan pesanan pelanggan.

7. Tukang Roti

Seorang tukang roti mengolah bahan baku menjadi bahan yang matang dan siap santap seperti kue dan roti. Artinya, tukang roti memproduksi barang.

Contoh pekerjaan yang menghasilkan barang termasuk tukang roti menghasilkan roti, kue kering, kue kering, donat, dan produk lain dibuat oleh pembuat roti. Ada berbagai macam resep roti bisa Anda coba.

Membuat roti sendiri di rumah memungkinkan Anda menggunakan bahan-bahan berkualitas dan bebas bahan kimia. Di Indonesia berbagai jenis sering dikonsumsi oleh masyarakat seperti roti gandum, roti sobek dan lainnya.

8. Pelukis

Pekerjaan pelukis adalah seseorang yang menciptakan karya seni visual dengan menggunakan berbagai media, seperti cat minyak, akrilik, air, atau media digital.

Baca juga: Contoh Surat Pesanan Barang dan Pengertian dan Fungsinya

Pelukis dapat menciptakan karya seni dalam berbagai gaya, seperti realisme, impresionisme, ekspresionisme, atau abstrak dan pelukis adalah contoh pekerjaan yang menghasilkan barang.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.